Tanggal:17 May 2024

5 Contoh Meningkatkan Produktivitas Kerja

Salah satu faktor utama yang mendukung kesuksesan suatu perusahaan adalah produktivitas kerja dari setiap karyawannya. Salah satu tanggung jawab perusahaan adalah meningkatkan produktivitas dari setiap karyawannya. Maka dari itu perusahaan dituntut untuk bisa selalu mendukung setiap karyawan terus meningkatkan produktivitasnya.

Banyak strategi-strategi atau cara-cara yang bisa diterapkan oleh perusahaan untuk bisa meningkatkan produktivitas karyawannya. Pada dasarnya perusahaan harus bisa setiap karyawannya terus terpacu untuk menjadi lebih produktivitas setiap saatnya.

Buat kamu yang berkeinginan untuk membuat ekosistem yang membangun produktivitas kerja karyawan tetapi masih bingung bagaimana caranya, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel yang tepat.

Artikel Vocasia di bawah ini akan membahas tentang cara-cara meningkatkan produktivitas kerja. Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel Vocasia di bawah ini sampai tuntas!

1. Insentif

Dengan kamu memberikan insentif pada karyawan maka karyawan akan terpacu untuk meningkatkan produktivitas kerjannya. Bisa dikatakan, memberi insentif merupakan cara terampuh untuk meningkatkan  kinerja karyawan secara signifikan.

Insentif yang dimaksud di sini tidak selalu berbentuk uang, gaji atau bonus dengan nominal yang tinggi. Tetapi insentif ini juga bisa berupa kuota internet, makan siang gratis, atau hanya sekedar memberikan hari libur kepada karyawan yang pantas atas apresiasi tersebut.

Kamu juga bisa memberikan hadiah kecil yang bisa meningkatkan produktivitas kerja karyawan di kala sore hari ketika saat banyak karyawan akan merasa letih saat bekerja. Hal yang bisa kamu berikan bisa berupa makanan kecil atau minuman segar. Hal ini akan membuat karyawan lebih bersemangat saat bekerja. Tidak hanya itu, karyawan juga akan merasa dihargai sehingga kamu akan mendapat rasa respect yang lebih dari para karyawan.

2. Evaluasi berkala

evaluasi kinerja karyawan secara berkala

evaluasi kinerja karyawan secara berkala – @rawpixel.com

Cara yang selanjutnya adalah melakukan evaluasi kerja, hal ini bertujuan untuk mengukut, mengetahui, dan menilai dari performa setiap karyawan. Evaluasi kerja sangat penting karena akan karyawan akan mengetahui apa yang sudah dia capai dan apa saja hal yang harus diperbaiki lagi kedepannya.

Hasil dari evaluasi kerja yang bagus akan membuat karyawan akan terus termotivasi untuk mempertahankan kinerjanya. Sedangkan hasil evaluasi yang kurang baik akan membuat para karyawan menginstropeksi dirinya agar bekerja lebih baik, sehingga untuk evaluasi kedepannya ia akan mendapat hasil kinerja yang lebih baik. Ditambah lagi, mengevaluasi hasil kerja karyawan juga akan memudahkan kamu untuk menentukan pembagian gaji, bonus dan insentif yang sesuai.

3. Pelatihan gratis

berikan pelatihan gratis apada karyawan

berikan pelatihan gratis apada karyawan – @rawpixel.com

Banyak training atau pelatihan di luar sana yang gunanya untuk meningkatkan skill dan keterampilan seseorang agar bisa membantuk dalam berkarir tetapi mengikuti traning atau pelatihan memerlukan biaya yang tidak murah. Maka dari itu sangat disarankan buat kamu untuk memberikan pelatihan gratis kepada setiap karyawan.

Hal ini bertujuan untuk membuat karyawan semakin kompeten, memahami pelajaran yang tepat untuk pekerjaannya, sekaligus karyawan akan merasa sangat diperhatikan dan dipedulikan oleh pihak perusahaan.

4. Fasilitas yang lengkap

Pastikan fasilitas lengkap dan berfungsi dengan baik

Pastikan fasilitas lengkap dan berfungsi dengan baik – @rawpixel.com

Semakin lengkap fasilitas kerja yang diberikan oleh perusahaan, maka kemungkinan besar semakin besar juga produktivitas kerja para karyawan. Perusahaan harus sering memperhatikan fasilitas yang sudah tersedia. Lakukan pengecekan secara berkala, apakah fasilitas kerja sudah lengkap dan masih berfungsi dengan baik.

Jika ada fasilitas yang dirasa penting dan sedang dibutuhkan, perusahaan wajib menyiapkannya dan jika terdapat fasilitas yang kelihatannya fungsinya tidak lagi berjalan dengan baik, misalnya seperti meja yang patah, komputer yang terkena virus maka perusahaan wajib bertanggung jawab untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas tersebut.

5. Sistem WFH

Peneliti di Amerika Serikat menyatakan bahwa WFH atau Work From Home sehari dalam seminggu berhasil memeberikan dampak positif meningkatkan produktivitas kerja dari karyawan.

Di luar dugaan, WFH membuat para karyawan merasa diuntungkan karena karyawan bekerja dengan lebih giat di kantor. Hal ini juga bisa dipercaya mampu menurunkan tingkat stress karyawan secara drastis

Sistem kerja dari rumah secara berkala akan membuat pikiran karyawan jauh lebih fresh ketika kembali bekerja di lingkungan kantor.

Demikian adalah 5 contoh cara meningkatkan produktivitas kerja. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sumber : smartpresence.id

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *