Tanggal:18 May 2024

Cara Menjadi CEO di Usia Muda, Terapkan Mulai Sekarang!

ilustrasi CEO di usia muda (pixabay.com)

CEO atau Chief Executive Officer merupakan pimpinan teratas yang melaksanakan tanggung jawab untuk membuat keputusan, pengelolaan operasional peeusahaan hingga semua sumber daya yang ada di perusahaan, nih. Atas dasar beban tangggung jawab tersebut, tentunya menjadi seorang CEO bukanlah hal yang mudah, ya. Dimana seorang CEO selalu dituntut untuk bisa mengatur perusahaan dengan baik dalam keadaan stabil hingga sedang terpuruk sekalipun.

Yang mana ketika ada suatu masalah yang menimpa perusahaan, tentu saja kemampuan dari CEO ialah penentu selamat atau tidaknya sebuah perusahaan. Sehingga menjadi seorang CEO bukan hanya harus pandai melihat peluang untuk kemajuan perusahaan tapi juga harus bisa mengelola ancaman yang ada dan mengatasinya secara solutif dalam situasi dan kondisi yang terdesak sekali pun.

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi seorang CEO di usia muda, tentu saja banyak hal yang harus kamu persiapakan sejak dini, ya. Mulai dari kemampuan internal dan eksternal hingga kemampuan yang material maupun non materi harus kamu pelajari hingga kuasa agar di usia yang masih muda kamu bisa layak menjadi SEO yang handal. Simak cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk menjadi CEO di usia muda lewat penjelasan di bawah ini, ya.

1. Miliki latar belakang pendidikan yang dibutuhkan

Hal pertama dan utama untuk menjadi CEO di usia muda yakni sedari dini kamu harus mengambil pendidikan yang linear dengan apa yang akan menjadi fokusmu di masa depan, ya. Tentunya illmu yang kamu dapatkan di dunia akademis akan berkontribusi dalam memberikanmu strategi untuk bisa mempertahankan bisnis yang kamu pimpin hingga membuatnya semakin berkembang lagi, ya. Maka dari itu, sejatinya untuk seorang CEO bisa berlatarbelakang pendidikan jurusan administrasi bisnis, ilmu ekonomi, digital marketing, public relation, administrasi, teknologi informasi, dan sejenisnya, ya.

2. Carilah kesempatan untuk mengembangkan skills

Ibarat sebuah pisau yang tak pernah terasah, tentu lama-lama akan menjadi tumpul, begitu juga sebaliknya ketika pisau itu selalu terasah dengan baik tentu akan dengan tajamnya ia brkerja sesuai perannya, ya. Hal serupa juga harus kamu lakukan dengan beragam skill yang kamu miliki. Bahkan kamu perlu mengembangkan hal-hal baru yang mana di sana berpeluang untuk kamu menemukan kemampuan baru yang berguna dalam peran sebagai seorang CEO.

Yang mana pengembangan skills ini bisa kamu dapatkan dari mana saja, tak terbatas dilingkup akademis seperti sekolah atau kampus, tapi kamu juga bisa mengikuti beragam organisasi, pelatihan, seminar, dan sejenisnya yang menduking kamu untuk menjadi mengupgrade skills yang kamu miliki. Hingga pada akhirnya semua itu pada waktunya akan menjadi bekal atau senjata perang saat sudah memiliki posisi sebagai CEO.

3. Melangkah lebih jauh

Posisi CEO ini berada di tingkatan yang paling atas, ya. Ibarat sebuah anak tangga yang terdiri dari anak tangga 1 hingga 10, maka CEO berada di anak tangga ke 10. Tentunya untuk mencapai anak tangga ke 10 dalam waktu yang secepat mungkin ialah dengan berani melangkah lebih jauh agar lekas sampai ditujuan, nih. Maka dari itu, untuk melatih jiwa kepemimpinanmu coba tantang diri untuk mengerjakan proyek-proyek yang baru dan mengharuskan kamu untuk belajar dari nol.

Lihatlah betapa keras usahamu untuk menaklukannya dalam waktu yang seefisien mungkin. Yang mana dalam proyek pada bidang yang asing darimu itu sebagai latihan untuk kamu berani melangkah lebih jauh dari zona nyamanmu, dimana saat itu kamu akan belajar banyak hal mulai dari pengambilan keputusan, menyelesaikan masalah, mengahadapi risiko, dan sejenisnya. Tentu saja hal itu adalah bekal berharga saat kamu menjadi CEO dan perusahaan yang kamu pimpin tengah menghadapi masalah.

4. Bergabung dengan dewan direksi 

 Cara menjadi CEO selanjutnya adalah dengan mencoba menjadi anggota dari dewan direksi lembaga non-profit. Cara ini akan membuatmu memperoleh pengalaman dalam menyusun strategi, mengawasi jalannya perusahaan, hingga mengembangkan perusahaan, nih.

5. Perluas networking 

Membangun networking baik di dalam maupun di luar bisnis sangat penting untuk kesukesan karier kamu secara keseluruhan. Karena itu fokuslah membangun jaringan dan hubungan yang baik mulai dari pelanggan, pemasok, orang-orang berpengaruh pada industri kamu, regulator, CEO dan orang-orang yang telah terbiasa menduduki kursi pimpinan.lainnya.

Hadiri juga konferensi terkait industri dalam pekerjaanmu untuk memperluas jaringan. Memiliki networking yang luas bisa jadi akan membantumu mencapai posisi puncak dalam karier seperti yang kamu idam-idamkan yakni posisi seorang CEO bahkan di usia muda sekalipun.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan dibawah ini!.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *