Tanggal:06 May 2024

Menjadi seorang model adalah salah satu pekerjaan dalam bidang fashion. Menjadi model kerap diidentikan dengan sosok yang cantik/tampan, Meski demikian menjadi seorang model banyak kriteria yang harus diperhatikan.

Penasaran dengan kriteria apa saja yang menjadi persyaratan untuk menjadi seorang model? Ulasan dibawah akan memberikan informasi penting untuk Kalian yang ingin tahu seputar dunia fashion.

Tapi, sebelum membahas lebih dalam mengenai kriteria apa saja yang menjadi persyaratan untuk menjadi seorang model, Ada baiknya Kalian mengetahui definisi model catwalk dan perkembangan yang ada di Indonesia.

Definisi Model Catwalk

Model fashion dapat didefinisikan sebagai orang yang dituntut untuk memperkenalkan suatu rancangan busana, aksesoris fashion, tas dan lain sebagainya. Dengan tujuan untuk iklan atau promosi kepada calon konsumen.

Dalam sebuah acara fashion show, Model adalah orang yang berperan penting untuk memberikan keindahan pada sebuah baju yang sedang di tampilkan.

Bagaiamana Perkembangan di Indonesia

Bila dilihat dari sejarah dunia fashion yang ada di Indonesia, Model pada jaman itu tidak seramai sekarang. Karena pada kala itu desainer fashion tidak sebanyak sekarang.

1. Pada Tahun 50-an

Pada tahun itu rancangan desainer sangat sedikit. Dampaknya acara fashion show pada kala itu jarang sekali digelar dikarenakan kebutuhan akan model fashion tidak terlalu banyak.

2. Pada Tahun 70-an

Jika pada tahun sebelumnya kemajuannya tidak meningkat, Pada tahun 70-an perkembangan dunia fashion di Indonesia justru mulai meningkat secara signifikan dikarenakan banyaknya peserta yang ingin mengikuti lomba pemilihan model.

Meskipun pada kala itu pemilihan model tidak hanya dilihat dari segi fisik tetapi dilihat juga dari segi kecerdasan dan prestasi.

3. Pada Tahun 90-an

Tahun 90-an jumlah desainer baju dan pengusaha mode makin banyak. Dari sini akhirnya mereka memutuskan untuk membentuk wadah asosiasi atau perkumpulan agar usahanya di bidang mode dan fashion lebih berkembang.

Kriteria untuk menjadi seorang Model yang perlu diperhatikan

Jika Kalian memang sungguh berminat ingin terjun kedunia modeling, tentu Kalian juga harus memperhatikan apa saja kriteria yang harus dimiliki seorang model. Sebagai bahan pertimbangan berikut adalah kriteria yang harus dimiliki seorang model.

1. Tinggi Badan

Tentu saja hal pertama ini sangat menjadi bahan pertimbangan, tinggi adalah salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh para model.

Standar untuk tinggi badan Model Cat Walk / Runway untuk wanita sendiri adalah 175 cm, terkadang juga 173 cm masih ditolerir sedangkan untuk pria adalah 185 cm.

2. Struktur Wajah

Untuk wajah memang tidak mutlak sih karena wajah itu relatif dan selalu ada banyak variasi. Namun dunia fashioan dan modelling itu mengikuti sebuah trend yang sulit dihindari.

Misalnya saja pada tahun 90-an, di Indonesia sedang trend model berwajah Indo dengan kulit kuning langsat.

Generasi berikutnya malah justru banyak berwajah orientalis di Cat walk seperti Dominique dan Maria Agnes karena tren film Korea dan Taiwan yang sedang booming.

3. Rentang Usia

Usia juga termasuk dalam kriteria untuk bisa terjun ke dunia permodelan, Karena rata-rata seorang model berumur paling muda 12 tahun dan biasanya berakhir pada usia 30 tahun ke atas tetapi ada juga model yang bertahan dalam karirnya di usia 40 tahun tapi itu juga tergantung mereka merawat tubuhnya.

Para Agency Model biasanya sudah mulai hunting mode dari usia remaja sehingga ada waktu yang cukup untuk melatih mereka menjadi seorang model profesional.

4. Kulit, Rambut, Gigi dan Kuku

Dari segi kulit biasanya para model dilihat dari kulit yang segar dan sehat, tidak keriput dan tidak kusam. Maka dari itu dianjurkan untuk selalu merawat kulit dengan baik bisa dengan menggunakan lotion dan lain-lain.

Jika dari kulit saja diperhatikan, dari segi rambut juga sangat menjadi nilai plus untuk seorang model. Rambut harus tetap dijaga tidak boleh lepek, bercabang apalagi berketombe.

Gigi juga para model harus bersih dan rapih, usahakan rutin untuk pergi ke dokter untuk perawatan gigi jika Kalian memang sungguh-sungguh ingin terjun ke dunia permodelan.

Terakhir adalah kuku. Syarat fisik terakhir adalah Kuku yang dianggap salah satu indikator kecantikan seorang wanita. Kuku sebaiknya dipotong pendek atau tidak terlalu panjang. Jika dibutuhkan kuku yang panjang, maka akan diaplikasikan kuku palsu di jari Kalian jadi bukan kuku asli. Jadi rajin-rajinlah merawat kesehatan kuku.

Nah, itulah beberapa kriteria yang harus diperhatikan jika Kalian berminat menjadi seorang model di dunia fashion.

Semoga ulasan diatas dapat membantu, jangan lupa komentar dan share ke teman-teman Kalian ya!

Sukses karir profesional - personal development
Kursus menjadi youtuber pro vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *