Tanggal:21 April 2024

Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Kesehatan mulut adalah faktor yang sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Mulut adalah pintu masuk ke tubuh dan kesehatan mulut yang baik dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang lebih serius.

Terutama pada ketika berpuasa walaupun telah sikat gig idan menggunakan obat kumur ketika saur bau mulut tetap muncul ketika kita kelurangan cairan karna keton akan bercampur dengan sisa bakteri yang belum hilang dalam mulut,bakteri seperti ini biasanya bersarang di lidah karena lidah memiliki struktur yang kasar sehingga makanan biasanya menumpuk di lidah. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas penyakit penyakit yang terdapat pada mulut dan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mulut. Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit yang dapat mempengaruhi mulut. 

1. Karies Gigi Karies gigi 

atau gigi berlubang adalah masalah umum yang mempengaruhi banyak orang. Ini disebabkan oleh asam yang terbentuk oleh bakteri dalam plak gigi yang mengikis lapisan luar gigi dan menyebabkan kerusakan. Jika tidak diobati, kerusakan dapat menyebar ke bagian dalam gigi dan menyebabkan sakit gigi dan bahkan abses.

2. Gingivitis

Gingivitis adalah peradangan gusi yang disebabkan oleh plak gigi dan bakteri yang menumpuk di sekitar gusi. Gejala termasuk gusi merah, bengkak, berdarah, dan sensitif. Jika tidak diobati, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis yang lebih serius, yang dapat menyebabkan kehilangan gigi.

3. Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi serius yang mempengaruhi gusi dan tulang yang mendukung gigi. Ini terjadi ketika bakteri dan plak gigi menumpuk dan mengiritasi gusi, menyebabkan pembengkakan dan peradangan. Jika tidak diobati, periodontitis dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gusi dan tulang, dan akhirnya menyebabkan kehilangan gigi.

4. Sariawan

Sariawan adalah luka kecil atau borok yang terbentuk di dalam mulut, termasuk di bibir, pipi, atau lidah. Mereka dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat makan dan berbicara. Sariawan seringkali disebabkan oleh stres, kekurangan nutrisi, atau infeksi virus.

5. Kanker Mulut

Kanker mulut adalah jenis kanker yang mempengaruhi bibir, lidah, tenggorokan, dan bagian lain dari mulut. Gejalanya termasuk sariawan yang tidak sembuh, benjolan atau bintil di dalam mulut, kesulitan makan atau menelan, dan perubahan suara. Kanker mulut seringkali disebabkan oleh kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

6. Kandidiasis Oral

Kandidiasis oral, atau sariawan putih, adalah infeksi jamur di mulut yang disebabkan oleh jamur candida. Ini dapat terjadi pada orang yang menggunakan obat-obatan tertentu, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, atau bayi yang baru lahir. Gejala termasuk plak putih di lidah, gusi, dan bagian dalam pipi, serta rasa sakit dan ketidaknyamanan saat makan dan minum.

Untuk menghindari penyakit tersebut berikut tips menjaga mulut agar tetap sehat

1. Sikat Gigi Secara Teratur 

Menjaga kesehatan mulut dimulai dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi. Sikat gigi dua kali sehari, setiap pagi dan malam sebelum tidur, dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang dan mengurangi risiko terjadinya radang gusi. Sikat gigi dengan gerakan melingkar dan jangan terlalu keras agar tidak merusak gusi. Ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau saat bulu sikat sudah mulai halus.

2. Gunakan Benang Gigi atau Sikat Interdental 

Sikat gigi tidak bisa membersihkan semua sela-sela gigi, sehingga penting untuk menggunakan benang gigi atau sikat interdental untuk membersihkan sela-sela tersebut. Membersihkan selasela gigi dapat membantu mencegah terjadinya plak dan radang gusi.

3. Periksa Kesehatan Gigi Secara Teratur 

Periksa kesehatan gigi secara teratur sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan mulut yang serius. Pemeriksaan gigi dan pembersihan gigi profesional setidaknya sekali setiap 6 bulan dapat membantu mencegah gigi berlubang, mengurangi risiko terjadinya radang gusi, dan mencegah terjadinya masalah kesehatan mulut lainnya.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Hindari makanan manis dan lengket yang dapat menempel pada gigi dan memicu terjadinya kerusakan gigi. Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu dan keju, dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang. Konsumsi buah dan sayuran segar juga penting untuk kesehatan mulut, karena dapat membantu membersihkan gigi dan gusi.

5. Hindari Merokok

Merokok dapat merusak kesehatan mulut dan meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan mulut seperti gigi berlubang, radang gusi, dan kanker mulut. Hindari merokok atau berhenti merokok jika sudah terbiasa merokok.

6. Kurangi Konsumsi 

Alkohol Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan mulut seperti radang gusi .

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *