Tanggal:17 June 2024

6 Tips Menulis Kreatif yang Benar Bikin Tulisan Jadi Lebih Unik!

Kita bisa melihat banyak orang sangat mengagumi gaya bahasa Andrea Hirata sebagai penulis yang menghasilkan cerita kreatif. Andrea Hirata dengan energi seni yang dimilikinya mampu merangkai kata yang dapat menimbulkan rasa senang dan rasa nikmat pada diri pembacanya.

Tidak hanya Andrea Hirata, deretan penulis populer lainnya di Indonesia juga berlomba-lomba dalam menghasilkan tulisan yang kreatif. Contoh lainnya kita bisa melihat rintik sedu yang tidak henti menuangkan tulisannya menjadi suatu karya.

Apa kamu juga terinspirasi oleh mereka yang piawai dalam merangkai kata? Mungkin kamu bisa segera melatih diri dengan menulis kreatif ala penulis populer di Indonesia. Penasaran bagaimana tips dan triknya? Simak artikel ini sampai akhir! 

Baca juga: Tips agar Lolos Seleksi Polisi

Cara Menulis Kreatif yang Benar

Menulis Kreatif yang Tepat. Sumber: unsplash.com

Jenis tulisan bisa kamu coba mulai dari puisi, novel, komik, cerpen, dan lain-lain. Ini dia beberapa tips menulis kreatif yang benar bisa kamu lakukan untuk berlatih menulis kreatif. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

1. Lakukan Riset Tulisan

Cara utama untuk menjadi penulis kreatif adalah menjadi pembaca kreatif. Membaca bisa menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh penulis-penulis kreatif. Membaca jadi kunci utama penulis untuk menghasilkan tulisan yang kreatif. Ciri pembaca kreatif di antaranya: (1) Mampu membuat ringkasan, kerangka bacaan, resensi, dsb dari hasil bacaan, (2) Mampu menganalisis bacaan dan menerapkan hasil baca dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan membaca, kamu juga sekaligus melakukan proses riset yang dilakukan sebagai salah satu proses pengamatan yang dilakukan dengan tekun dan sistematis. Riset tulisan bertujuan untuk melihat ga,baran secara nyata sebelum memulai menulis cerita fiksi maupun non fiksi.

Meskipun menulis kreatif banyak menekankan imajinasi di dalamnya, penulis tetap membutuhkan riset. Riset berguna untuk memberikan referensi dan secara tidak langsung membantu penulis menentukan dan mengembangkan ide, lho!

2. Gali Ide secara Mendalam

Konsep yang mendasari menulis kreatif juga dengan berpikir kreatif. Menulis kreatif sering disangkutkan dengan sastra, padahal baik sastra maupun nonsastra sama-sama butuh upaya kreatif untuk menarik pembacanya karena tidak semua pembaca merupakan pembaca yang kreatif.

Ide sebagai gagasan yang dihasilkan dari sebuah pemikiran, pengalaman atau pengamatan penulis. Jika penulis sampai kekurangan ide untuk membuat tulisan, cari inspirasi lainnya dengan banyak mengumpulkan segala bacaan untuk referensi. 

Selain itu, inspirasi juga bisa didapatkan ketika melakukan hal yang menyenangkan seperti jalan-jalan, pergi liburan, mengikuti acara komunitas, konser atau lainnya yang bisa membangun imajinasi Anda.

Baca juga: Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

3. Pikirkan Judul yang Menarik

Judul adalah rangkaian kata yang dipakai untuk melabeli suatu tulisan. Judul bisa merepresentasikan apa yang ada di dalam tulisan. Selain itu, judul juga termasuk kunci dari sebuah karya sastra, seperti cerita, drama, novel atau lainnya.

Jangan sesekali menganggap remeh karena peran judul menjadi sangat penting dalam proses menulis kreatif. Penulis harus bisa menentukan atau memilih judul yang menarik untuk memancing pembaca sejak awal melihat judulnya. 

4. Pilih Gaya Bahasa Perumpamaan atau Metafora

Perumpamaan atau metafora adalah pemakaian kata atau kelompok kata yang bukan arti sebenarnya. Gaya bahasa metafora digunakan dengan melihat persamaan atau perbandingan dari kata yang sebelumnya akan digunakan. 

Metafora adalah majas yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu secara langsung berupa perbandingan analogis dan menghilangkan kata layaknya, bagaikan dan semacamnya.

Metafora menjadi cara terbaik untuk mulai menulis kreatif. Namun, hindari penggunaan gaya bahasa metafora yang berlebihan karena akan terkesan klise.

Teknis menulis kreatif menggunakan metafora biasanya ditemukan pada karya sastra puisi. Karena, penulis menggambarkan setiap imajinasinya dalam tulisan menggunakan perumpamaan.

Baca juga: Tanda Rekan Kerja Tidak dapat Dipercaya

5. Hindari Hal yang Melebih-lebihkan

Buatlah tulisan dengan spesifik, tetapi hindari untuk membuat cerita yang terlalu berlebihan. Penulisan yang menceritakan alurnya terlalu banyak dapat membuat pembaca mudah bosan.

Di sisi lain, hanya sekadar menyuguhkan cerita yang tidak detail juga tidak proporsional. Jadi, penulis perlu mengetahui apa yang pembaca ingin baca. Tempatkan penulis sebagai pembaca juga.

Sebaiknya, penulis melibatkan pembaca dengan prosa yang berbeda dan menarik. Menggabungkan teknik penulisan deskripsi dan dialog bisa menghasilkan tulisan yang kreatif.

6. Koreksi Hasil Tulisan

Seorang penulis jarang bisa membuahkan tulisan yang benar-benar bagus di draf pertama. Setelah selesai menulis, pastikan kamu melakukan pemeriksaan dan membaca ulang tulisanmu, apakah sudah tepat alur, sudut pandang, dan sebagainya. Jangan khawatir untuk mengganti atau membuang kata atau kalimat yang sekiranya kurang tepat. 

Tulisan kreatif yang baik adalah tulisan yang setelah selesai dibuat draf pertama, dibaca berulang-ulang dan diperbaiki hingga menghasilkan tulisan yang sempurna. Dibandingkan tulisanmu kurang menarik setelah dibaca oleh pembaca, lebih baik koreksi sebelum sampai ke tangan pembaya ya!

Baca juga: Ungkapan Sindiran dalam Bahasa Inggris

Demikian penjelasan mengenai tips menulis kreatif yang bisa kamu terapkan agar tulisan yang kamu hasilkan lebih tersusun dan tentunya menarik pembaca. Jangan takut untuk mulai berlatih menulis!

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki!

Vocasia adalah salah satu platform edukasi secara online yang bersertifikat dengan menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dan tentunya kamu berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor berpengalaman!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Franchise Bubur Bayi Mazaya

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *