Tanggal:02 May 2024

10 Pertanyaan Interview User Yang Harus Kamu Ketahui!

Apa Itu Interview User?

Interview user adalah wawancara dengan orang-orang yang secara langsung mengawasi pekerjaan sehari-hari seorang kandidat. Pengguna yang kamu wawancarai biasanya berada di level supervisor atau manajer.

Selama proses interview, pengguna akan menilai apakah kandidat dapat menjadi orang yang tepat untuk bergabung dan bekerja di timnya serta berkontribusi pada perusahaan. Saat ini, banyak perusahaan melibatkan proses interview user selangkah demi selangkah lebih dari sekali.

Interview user merupakan tahap yang paling penting dan akan menjadi penentu utama keberhasilan pemilihan kandidat yang sesuai, sehingga biasanya dilakukan setelah tahap rekrutmen berakhir atau interview tahap kedua setelah interview HRD.

Baca juga | Hindari Logical Fallacy Dalam Berargumen! Inilah Penjelasan Dan Jenisnya

Pertanyaan Interview User dan Contoh Jawabannya

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara dengan user, di antaranya:

1. “Apakah kamu memahami deskripsi pekerjaan yang dilamar?”

Seorang user wajar saja jika ingin tahu apakah pelamar di tahap interview sebelumnya sudah paham job description dari pekerjaan yang dilamar. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa melakukan beberapa cara. Jika kamu sudah benar benar paham, jelaskan dan paparkan pemahaman kamu kepada user dengan yakin.

Jika kamu belum terlalu yakin dengan jobdesk tersebut, kamu bisa menjelaskan apa yang kamu pahami terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mengakhiri jawaban dengan bertanya dan mengkonfirmasi apakah ada hal yang tidak kamu ketahui. Dengan begitu, user pasti dengan senang hati akan menjelaskan jobdesk yang belum kamu tahu.

Baca Juga | 7 Cara Efektif Mengatasi Grogi Saat Interview Kerja, Yuk Coba!

2. “Bagaimana cara kamu menyelesaikan pekerjaan dengan waktu terbatas?”

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamu bisa bekerja dalam tekanan atau multitasking serta bagaimana cara kamu bekerja secara profesional. Untuk menjawab pertanyaan ini, pertimbangkan kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

Baca juga | 8 Cara Manajemen Waktu Yang Baik, Terbukti Ampuh!

3. “Saya memprioritaskan pekerjaan dengan deadline yang paling dekat dahulu, lalu menyelesaikan yang lainnya sesuai deadline.”

Saya akan mengerjakan pekerjaan yang ringan terlebih dahulu, sambil mencicil pekerjaan yang berskala besar tanpa kehilangan fokus akan pekerjaan ringan tersebut.”

4. “Apakah kemampuan kamu terbatas pada yang sekarang kamu miliki?”

Seorang user pastinya mengharapkan calon pekerjanya yang selalu haus akan hal-hal baru mengingat banyak pekerjaan memaksa kamu untuk menguasai kemampuan yang belum kamu miliki. Jawablah dengan yakin bahwa kamu adalah seseorang yang cepat beradaptasi dan selalu mau belajar hal baru. Kamu bisa menyisipkan pengalaman pekerjaan kamu sebelumnya yang relevan.

5. “Apa contoh masalah yang bisa kamu selesaikan di posisi ini?”

Penting bagi kamu melakukan riset terdalam terkait kasus dan masalah yang sering terjadi di pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya, kamu melamar posisi digital marketing. Contoh kasus yang dapat kamu berikan adalah bagaimana caranya menyusun marketing campaign yang efektif.

Baca Juga | Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving!

6. “Apakah kamu memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja?”

Alternatif jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan ini adalah:

“Saya pikir memiliki hubungan baik dengan rekan kerja sangat penting. Namun, saat terjadi masalah terkait pekerjaan, kami menyelesaikannya berdiskusi dan penuh tanggung jawab.”

Baca Juga | Terapkan 6 Cara Ini Untuk Membangun Hubungan Kerja Yang Baik

7. “Apakah kamu lebih senang bekerja sendiri atau dalam tim?”

Jawaban yang setidaknya tepat adalah dengan mengatakan bahwa kamu adalah orang yang fleksibel dalam beradaptasi dan menyelesaikan pekerjaan sendiri dan secara tim tergantung dengan pekerjaannya.

8. “Jika kamu diharuskan bekerja dalam tim, posisi apa yang akan kamu pilih?”

Referensi jawaban pertanyaan ini adalah dengan mengatakan bahwa kamu lebih memilih menjadi seorang konseptor. Dengan begitu, kamu bisa merencanakan langkah-langkah yang harus diambil di samping membuat daftar tenaga yang diperlukan, mengidentifikasi hambatan, dan membuat ukuran kesuksesan.

9. “Selain pendidikan formal, apakah kamu memiliki keterampilan lain?”

Kamu bisa menjawabnya dengan menjawab apa saja yang pernah kamu ikuti selain kuliah seperti mengikuti kursus bahasa asing atau kursus keterampilan lainnya. Selain itu, kamu bisa menjawab pernah mengikuti pelatihan kepemimpinan selama seminggu yang dilaksanakan himpunan mahasiswa universitas jika kamu memang pernah mengikutinya.

Baca Juga | Berikut Skill Yang Harus Dikuasai Sebelum Memulai Karir, Apa Saja Ya?

10. “Kenapa saya harus menerima kamu?”

Jawablah dengan menjelaskan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat. Jangan lupa tunjukan bahwa kamu dan perusahaan memiliki tujuan yang selaras dan dapat saling memberikan manfaat. Tambahkan juga kalau kamu akan berkontribusi pada perusahaan melalui kemampuan dan kerja keras yang kamu miliki.

Baca juga | 6 Tips Memiliki Rasa Percaya Diri Berani Mengambil Keputusan

Itu dia 10 pertanyaan interview user yang harus kamu ketahui. Jangan lupa untuk berpakaian rapih dan datang tepat waktu, ya. Semoga berhasil!

Baca juga | Ingin Gaji Besar Tapi Kerja Santai? Ini Beberapa Pekerjaannya!

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *