Tanggal:14 June 2024

7 Cara untuk Kalian yang Ingin Menjadi Barista

Dilansir dari laman Kumparan.com

Profesi barista atau pembuat kopi profesional tengah menjadi salah satu pekerjaan impian anak muda. Menjadi barista harus memiliki skill khusus dalam meracik kopi agar menghasilkan minuman menjadi istimewa dan memiliki cita rasa yang nikmat.

Menjadi barista tidak hanya membuat kopi saja, tetapi harus menguasai dan memahami berbagai jenis kopi dan juga harus menguasai teknik dalam proses meracik. Ulasan dibawah ini akan membahas mengenai cara menjadi barista yang benar, Mari simak.

Beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menjadi Barista

1. Belajar Tentang Kopi

Hal yang terpenting ialah Kalian harus mempelajari berbagai jenis kopi. Kalian bisa mencari tahu di Internet bahkan di media sosial juga sudah banyak informasi seputar Kopi dan Barista. Tak hanya mempelajari kopi, Kalian dapat mengakses Internet untuk mencari tahu informasi tentang sikap-sikap yang harus dimiliki seorang barista.

Baca Juga : Cara Menjadi Wanita Mandiri

2. Aktif Mengikuti Workshop

Menghadiri Workshop serta Pameran Kopi juga sangat membantu Kalian untuk menambah wawasan mengenai dunia Barista, disana Kalian akan bertemu juga dengan Barista profesional bahkan bisa mendapatkan relasi baru jika Kalian ingin membuka usaha coffee shop.

Disana juga Kalian dapat mencoba racikan kopi yang telah dibuatkan oleh Barista Profesional, akan sangat membantu pastinya bagi Kalian agar mengetahui racikan yang baik dan benar itu seperti apa.

3. Membaca Buku tentang Kopi

Selain sering berselancar di internet, membaca buku mengenai kopi dapat membantu menambah pengetahuan Kalian mengenai jenis-jenis kopi.

Tanpa mengeluarkan biaya besar, pengetahuan yang didapat dari beberapa jenis buku tentang dunia kopi akan menjadi dasar yang bagus ketika memasuki karier menjadi barista yang sebenarnya.

Baca Juga : Cara Menjadi Model Catwalk

4. Latihan di Rumah

Selain belajar dari Internet, mengikuti Workshop. Kalian juga bisa banget praktek dirumah, Cara ini berguna agar Kalian dapat memperdalam skill dalam meracik kopi.

Tetapi, setidaknya Kalian dirumah mempunyai alat untuk praktek meracik kopi. Karena membuat kopi dengan sempurna tidak seperti membuat kopi yang siap saji atau kopi kemasan tentunya Kalian juga harus me-roasting dahulu dan beberapa langkah lainnya untuk akhirnya bisa dinikmati.

Tertarik menjadi barista? Baca juga :

5 Skill Yang Harus Dimiliki Barista

Barista Dan Bartender? Apa Aja Sih Bedanya?

6 Tips Menjadi Seorang Barista

5. Bekerja di Coffee Shop

Bekerja di gerai kopi dapat menjadi media latihan yang murah. Coffe Shop biasanya memiliki alat-alat kopi yang lengkap, sehingga dapat digunakan untuk belajar. Selain itu Kalian juga harus sering-sering bertanya mengenai kopi kepada yang sudah mahir dibidangnya, Jangan pernah malas untuk bertanya.

6. Mau Cari Pengalaman Banyak 

Pengalaman adalah guru terbaik. Kamu bisa mencoba melamar dan berlatih menjadi barista di kafe lokal di kota tempatmu tinggal. Bahkan kesempatan ini terbuka lebar untuk mahasiswa dan lulusan SMA yang memiliki ketertarikan khusus dan minat belajar tinggi di bidang tersebut.

Dengan begitu, kamu pun bisa belajar dari barista yang lebih berpengalaman dan mengenal lebih banyak orang dari komunitas penggemar kopi misalnya. Setelah mendapatkan pengalaman, kesempatan melompat ke franchise yang lebih besar akan terbuka lebar. Bisa juga menginspirasimu untuk membuka kafe sendiri nantinya. 

7. Diskusi dengan Sesama Barista Salah Satu Cara Menjadi Barista yang Baik

Setelah kamu memiliki pengalaman menjadi barista, kamubisa saling berdiskusi dengan sesama barista. Temanya bisa tentang teknik pembuatan kopi, kualitas biji kopi, mana biji kopi yang sedang naik daun, dan bagaimana tren kedai kopi ke depannya. Diskusi tentu bisa membuka ide-ide baru tentang apa yang harusnya Anda sajikan ke pelanggan. Inilah salah satu cara menjadi barista yang baik.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk Kalian. Semoga menjadi referensi Kalian agar menambah wawasan mengenai dunia Kopi. Terima kasih.

Edit By: Andjani Shika Fadhilah

Baca Juga : Cara Menjadi Sales Pemula

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *