Tanggal:29 April 2024
mampu bekerja sama

5 Skill yang Harus Dimiliki Barista

Melihat banyaknya kedai kopi yang dibuka di Indonesia, profesi barista atau pembuat kopi sedang banyak dibutuhkan di berbagai wilayah di Indonesia. Barista adalah profesi yang bertanggung jawab untuk meracik dan menyuguhkan kopi buatannya kepada konsumen.

Walaupun banyak barista yang bisa dnegan mudah kita temukan namun nyatanya untuk bisa jadi seorang barista yang baik tidaklah mudah. Banyak skill dan kemampuan yang wajib kamu kuasai agar bisa menjadi pembuat kopi handal.

Buat kamu yang memang memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang barista, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel berikut ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu skill apa saja yang harus dimiliki oleh seorang barista.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel Vocasia di bawah ini sampai tuntas!

Berikut adalah skillnya:

1.Teliti

teliti dalam meracik kopi

teliti dalam meracik kopi – @rawpixel.com

Sebagai seorang barista memang kamu akan membuat kopi yang sesuai dengan resep yang sudah tentukan oleh kedai dan hanya membuat kopi yang sudah tersedia pada menu. Namun kenyataannya, seorang barista akan sering dimintai permintaan khusus dari berbagai konsumen dalam menyajikan kopi tersebut. Maka dari itu skill yang selalu memperhatikan pada detail sangatlah penting bagi para barista agar bisa membuat kopi yang enak dan tetap bisa memenuhi permintaan pelanggan.

Barista yang tidak teliti bisa dipastikan akan sering merasa kesusahan ketika meracik kopi buatannya. DItambah lagi, berista merupakan profesi yang sering melakukan perhitungan dalam mengatur komposisi bahan pada secangkir kopi.

2. Multitasking

Skill yang dibutuhkan barista yang kedua yaitu skill multitasking, dengan menguasai skill ini kamu bisa melakukan bberapa tugas secara sekaligus tanpa mengurangi performa kerja. Selain meracik kopi, barista juga bertugas untuk melayani pelanggan dan mencatat pesanan dalam waktu yang bersamaan.

Skill multitasking yang baik juga akan menjauhkan barista dari rasa stress yang berlebihan ketika pengunjung ramai berdatangan.

3. Pelayanan

Melayani permintaan pelanggan

Melayani permintaan pelanggan – @rawpixel.com

Berkomunikasi dnegan pelanggan merupakan kegiatan sehari-hari seorang barista. Dimana kamu harus berkomunikasi untuk memastikan pesanan mereka atau hanya untuk mengakrabkan diri.

Sangat disarankan kamu memiliki jiwa sosial dan humoris yang tinggi sehingga pelanggan akan semakin senang untuk datang dan memesan kopi. Hal ini merupakan modal penting agar pelanggan bisa datang secara berulang-ulang.

4. Teknis membuat kopi

Profesi barista adalah orang yang membuat kopi, tentu saja skill yang harus kamu miliki yaitu membuat kopi dengan baik. Dalam pembuatan kopi, barista wajib mengusai cara penggunaan mesin penggiling kopi, membuat minuman dasar dan beberapa hal lain. Maka dari itu tak jarang kedai kopi melakukan pelatihan kepada baristanya.

Buat kamu yang masih sangat pemula dalam membuat kopi, jangan berkecil hati karena kamu juga bisa mengikuti kursus menjadi barista yang tersedia cukup banyak di pasaran. Setelah itu kamu akan dengan mudah untuk diterima sebagai barista di salah satu kedai kopi.

5. Kerja sama tim

mampu bekerja sama

mampu bekerja sama – @rawpixel.com

Menjadi barista memanglah berat, tetapi kamu tidak akan kerja sendirian karena kedai kopi akan memiliki tim kerja yang akan membantumu selama proses membuat kopi. Maka dari itu kemampuan untuk bisa bekerja sama dnegan baik sangat dibutuhkan bagi seorang barista. Tidak hanya itu, dengan memiliki tim yang suportif kamu bisa terhindar dari rasa stress ketika bekerja.

Demikian 5 skill yang harus dimiliki seorang barista, semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *