Tanggal:22 July 2024
Medium.com

CodeIgniter vs Laravel: Memilih Framework Pengembangan Web Terbaik

PHP adalah pilihan yang sangat populer untuk pengembang backend, untuk membangun solusi yang disesuaikan. Hal ini dapat diketahui dari statistik penggunaan PHP.

Menggunakan kerangka kerja PHP sangat penting untuk mempercepat proses pengembangan web. Saat ini, ada banyak jenis kerangka kerja aplikasi web PHP yang ada di web dan di antara banyak pilihan, dua kerangka kerja PHP yang terkenal adalah Laravel dan CodeIgniter.

Di blog ini, kita akan melihat perbandingan detail CodeIgniter vs Laravel untuk menentukan framework mana yang lebih unggul. Mari kita periksa konsep dan perbedaan mendasar antara framework Laravel dan CodeIgniter secara mendalam. Tapi pertama-tama, kita akan membahas secara singkat beberapa fitur dari kedua kerangka kerja.

Apa itu Laravel?

Laravel adalah kerangka kerja PHP open-source, dibentuk oleh Taylor Otwell dan direncanakan untuk pengembangan aplikasi web berfitur lengkap. Ini mengikuti arsitektur model-view-controller (MVC), terinspirasi oleh kerangka kerja berbasis PHP populer lainnya, Symfony.

Kode sumbernya di-host di GitHub dan dilisensikan di bawah ketentuan Lisensi MIT. Ini adalah kerangka kerja PHP yang dapat dipercaya karena mengikuti pedoman bahasa yang akurat dan ekspresif.

Banyak tugas yang terlibat dalam pengembangan aplikasi web, seperti perutean, otentikasi, caching, dan sesi dirasionalisasikan dengan pengembangan Laravel untuk menghemat banyak sumber daya dan waktu pengembangan.

Fitur-fitur tertentu Laravel adalah beragam cara untuk mengambil database relasional, sistem pengemasan terintegrasi dengan manajer ketergantungan khusus, kepraktisan yang membantu dalam pemeliharaan dan penerapan aplikasi.

Baca Juga: 9 Framework Web Populer untuk Pengembangan Aplikasi Web

Mengapa menggunakan Laravel?

  • Laravel menawarkan sistem kontrol versi yang membantu manajemen migrasi yang disederhanakan
  • Kemasan modular dengan manajer ketergantungan berbasis komposer
  • Dukungan untuk Eloquent ORM, implementasi ActiveRecord lanjutan untuk bekerja pada DB
  • Mendukung platform DBMS seperti MySQL, PostgreSQL, dan SQLServer
  • Menawarkan fitur seperti mesin templating blade
  • Dukungan untuk perintah artisan bersama dengan antarmuka baris kode sampel
  • Memiliki dokumentasi yang bagus
  • Laravel memungkinkan Anda untuk menerapkan batasan antara beberapa objek DBM dengan menggunakan mekanisme pembuat kueri tingkat lanjut
  • Kerangka kerja ini memiliki fitur pemuatan otomatis, sehingga Anda tidak melakukan perawatan manual dan jalur penyertaan
  • Kerangka kerja membantu Anda menghasilkan alat baru dengan bantuan wadah LOC

Baca Juga: Mengenal Database Server

Apa itu Codelgniter?

CodeIgniter adalah kerangka kerja PHP yang kuat. Ini telah dirancang untuk pengembang yang menyukai toolkit sederhana dan elegan untuk membuat aplikasi web berfitur lengkap. CodeIgniter adalah salah satu framework terbaik yang ada di pasaran untuk membuat situs web dinamis menggunakan PHP.

Codeigniter memungkinkan pemangku kepentingan dengan dokumentasi yang jelas dan terstruktur. Ini menawarkan stabilitas dan dukungan yang unggul. Ini memfasilitasi metode perutean sederhana. Selanjutnya, ini membantu Anda ke situs web yang di-cache untuk meningkatkan kinerja dan waktu pemuatan.

Ini memberikan kebebasan penuh bagi pengguna sehingga mereka tidak perlu bergantung pada pola pengembangan MVC. Hal terbaik tentang CodeIgniter adalah memungkinkan plugin pihak ketiga yang membantu dalam mengimplementasikan fungsionalitas yang rumit. Fitur terpuji lainnya dari CodeIgniter adalah prosedur keamanan dan enkripsi yang hebat.

Mengapa menggunakan CodeIgniter?

  • Dukungan dan jawaban langsung diberikan oleh dukungan komunitas CodeIgniter yang sangat aktif
  • Dokumentasi yang jelas dan terstruktur
  • Menawarkan stabilitas & dukungan yang ditingkatkan
  • Ini menawarkan metode perutean sederhana
  • Ini memungkinkan Anda untuk meng-cache situs web untuk meningkatkan kinerja dan waktu pemuatan

Baca Juga: Cara Menggunakan DOMPDF pada PHP di Framework Codeigniter

Laravel vs CodeIgniter mana yang terbaik?

Untuk menyimpulkan ini, kita dapat mengatakan kedua kerangka kerja PHP ini memiliki relevansi dan manfaatnya. Namun, itu sepenuhnya tergantung pada project Anda yang mana yang harus Anda pilih. Laravel, dibandingkan dengan CodeIgniter, tampaknya sedikit sulit bagi pemula dalam hal mempelajarinya, tetapi pada akhirnya, ia menawarkan kepada Anda fitur lanjutan tambahan tertentu yang terbukti sesuai untuk situs web Anda.

Sebaliknya, CodeIgniter adalah kerangka kerja PHP yang kuat yang mudah dipelajari dan bagus untuk proyek web yang sepele dan tidak memerlukan fitur otentikasi tambahan.

Dalam Laravel vs CodeIgniter di atas, Anda dapat dengan mudah mengukur bahwa CodeIgniter mungkin tidak memfasilitasi fitur yang tepat untuk merampingkan migrasi skema database sedangkan Laravel cenderung membuatnya mudah dengan sifat migrasi agnostik database yang disediakan.

Baca Juga: Panduan Lengkap PhpMyAdmin

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *