Tanggal:23 July 2024
Katarsa.id

Proses Pengembangan Situs Web Dalam 5 Langkah, Dari Perencanaan Hingga Peluncuran

Tahap ini sebagai prasyarat yang sangat penting. Jika detail proyek tidak jelas pada tahap awal ini, maka tidak akan ada perencanaan yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya tujuan akhir situs web atau menyebabkan perubahan yang dapat mengakibatkan perpanjangan waktu dan anggaran.

Pada tahap proses pengembangan web ini, upaya penelitian awal dalam definisi proyek dan beberapa konsultasi umum sangat penting untuk kejelasan. Ini bisa dalam bentuk sesi penemuan proyek di mana banyak pertanyaan dan klarifikasi dibuat. Kebutuhan Anda sebagai klien harus dipahami dengan baik oleh tim pengembangan.

cara paling tepat untuk mengembangkan situs web? Di bawah ini adalah langkah-langkah paling penting dari proses pengembangan web yang dapat memastikan tingkat profesional pembuatan situs web.

Velvetech.com

Velvetech.com

Baca Juga: Perbedaan Situs Web dan Aplikasi Web

Perencanaan

Tim pengembangan Anda tidak akan pernah sampai ke langkah ini jika mereka tidak memahami tujuan dan kebutuhan proyek Anda. Hasil dari sesi penemuan Anda yang didukung oleh analisis dan penelitian akan membawa Anda pada peta jalan menuju pengembangan web yang sukses.

Perencanaan adalah tahap memilih tumpukan teknologi dan metodologi pengembangan perangkat lunak, mendefinisikan kiriman, dan memperkirakan garis waktu dan sumber daya untuk menyelesaikan proyek.

Keputusan sensitif lainnya termasuk membuat struktur konten dan peta situs, wireframing, perencanaan tata letak, termasuk desain UI dan UX.

Anda harus mempertimbangkan bahwa memutuskan peta situs selama tahap perencanaan merupakan hal mendasar untuk keseluruhan proyek. Ini melibatkan pengorganisasian struktur situs web, berapa banyak halaman dan fungsi yang akan dihubungkan berdasarkan kepentingannya, dan konten dan fungsionalitas apa yang harus diluncurkan dengan rilis pertama.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Wirefrime Website

Desain

Setelah pembuatan peta situs, pengembangan gambar rangka, dan perencanaan peta jalan, saatnya untuk meletakkan tangan pada desain situs web. Di sinilah desainer UI kreatif masuk, bekerja dengan persetujuan klien dan kebutuhan proyek. Gambar rangka diubah menjadi tipografi, grafik warna, animasi, tombol, menu, dan banyak lagi.

Target audiens adalah salah satu faktor kunci yang dipertimbangkan untuk desain. Desainnya menjelaskan betapa uniknya sebuah situs web, dan itu merupakan faktor untuk pengalaman pengguna yang menyenangkan. Untuk menciptakan kesan yang baik pada pengguna, desain web harus menarik.

Harus ada bentuk branding yang berhubungan dengan tujuan situs. Perpaduan warna yang dipilih untuk sebuah situs web pasti mendorong pengalaman pengguna. Warna dapat memicu emosi yang berbeda, maka cara kreatif untuk menggabungkannya bisa sangat efektif dalam desain.

Baca Juga:

Buat Konten

Buat konten Anda berdasarkan audiens target Anda. Teliti di mana mereka menghabiskan waktu dan tentukan jenis konten apa yang kemungkinan besar akan berinteraksi dan terhubung dengan mereka.

Gunakan pengoptimalan kata kunci strategis di seluruh konten Anda untuk menjawab maksud pencarian pelanggan potensial Anda dan mendorong keputusan pembelian.

Pengujian dan Penerapan

Sebelum Anda menyebarkan situs web ke server setelah pengembangan, harus ada urutan pengujian yang ketat, teliti, dan berulang untuk membuktikan penghapusan bug. Tim jaminan kualitas menguji fungsionalitas, kegunaan, kompatibilitas, kinerja, dan sebagainya. Anda harus memiliki situs yang berfungsi dengan baik.

Semuanya harus berjalan lancar tanpa kesalahan. Tim pengembangan harus menguji semua skrip, memastikan bahwa situs dimuat dan ditampilkan dengan sempurna di semua perangkat dan platform. Pentingnya di sini adalah untuk membuktikan bahwa situs web siap pasar dan dapat dirilis. Pengujian komprehensif mengungkapkan perbaikan di masa mendatang yang dapat dilakukan untuk meningkatkan situs web.

Terakhir, tergantung pada penggunaan situs web, tim pengembangan mungkin perlu menyertakan beberapa detail penyesuaian. Hal ini untuk mengoptimalkan fungsi dan kinerjanya. Terakhir ini mungkin termasuk pemasangan plugin, Pengoptimalan Mesin Pencari di halaman, dan pengoptimalan kecepatan halaman.

Pasca-Penerapan dan Pemeliharaan

Masih banyak yang harus dilakukan setelah menyebarkan situs web. Pemeliharaan situs web, pembaruan umum, atau bahkan penambahan fitur baru tidak dapat dihindari dan mungkin diperlukan. Ini dapat difasilitasi dengan mengumpulkan umpan balik dari pengguna akhir situs web.

Inti dari pemeliharaan sebagai tahap akhir adalah untuk terus mendukung dan meningkatkan proyek Anda. Pada saat yang sama, akan membuat pikiran Anda tenang bahwa Anda tidak ditinggalkan sendirian bahkan setelah proyek telah diserahkan.

Baca Juga: 6 Tools Website Traffic Monitoring Terbaik

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *