Tanggal:06 May 2024

Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Baik dan Tipsnya

Di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, kamu tidak harus datang ke kantor untuk melamar kerja. Sudah banyak perusahaan yang melakukan proses perekrutan pegawai secara daring. Pelamar hanya perlu mengirim surat lamaran melalui surat elektronik (email). Oleh sebab itu, kamu wajib memahami tata penulisan body email lamaran kerja yang baik dan tepat agar pihak perusahaan tertarik untuk merekrut kamu.

Pada dasarnya, email lamaran kerja yang baik berisikan subjek email dan body email yang jelas. Subjek email merupakan judul dari email yang dikirim, sementara body email merupakan isi dari email yang dikirim. Tidak hanya judul email yang sesuai, kamu juga harus memperhatikan isi atau body email dengan susunan yang baik.

Email lamaran kerja yang disukai oleh HRD perusahaan umumnya adalah email yang bersifat singkat padat dan jelas. Selain itu, penggunaan bahasa baku dan sopan menjadi faktor pendukung.

Pada artikel ini Vocasia akan membahas bagaimana membuat body email untuk lamaran kerja beserta contohnya. Yuk simak pembahasan tips membuat body email lamaran kerja berikut ini!

Baca juga: 5 Cara Follow Up Lamaran Kerja, Beserta Contoh Lengkapnya!

Susun Struktur Body Email Lamaran Kerja dengan Rapi

Proses penulisan body email. (Sumber: Pixabay)

Body email lamaran kerja memiliki format dan struktur penulisan yang terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka email lamaran kerja biasanya berisikan alamat email tujuan, nama kamu serta posisi yang kamu lamar.

Bagian isi terdiri dari beberapa poin, yaitu:

  • Alasan mengirimkan lamaran.
  • Posisi yang dilamar.
  • Kualifikasi diri yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.
  • Apa yang pelamar bisa tawarkan ke perusahaan.
  • Kontak yang dapat dihubungi oleh perekrut.

Sedangkan bagian penutup merupakan ucapan terima kasih atas kesediaan HR membuka dan membaca e-mail lamaran kamu. Input kontak aktif seperti nomor telepon dan sosial media atau surel alternatif, agar perekrut bisa menghubungi kamu mengenai kelanjutan proses perekrutan.

Tips menulis body email lamaran kerja

Pengaplikasian langkah-langkah membuat body email. (Sumber: Pixabay)

Berikut merupakan beberapa tips dalam menulis body email lamaran kerja:

1. Tulis dengan jelas dan tidak bertele-tele

Pertama-tama yang paling utama adalah tidak mengosongkan body email. Masih banyak pelamar kerja yang sering mengirim lamaran kerja secara asal dan hanya melampirkan dokumen CV saja di email. Meskipun subjek emailnya sesuai dengan apa yang perekrut cari, tetapi body email hanya salam tidak akan membuat perekrut tertarik.

Email lamaran kerja yang diterima dan perlu diperiksa oleh HRD tidak sedikit. Hal ini membuat HRD membaca lamaran kerja dengan sangat cepat. Maka dari itu, buatlah body email dengan jelas dan ringkas. Gunakan kalimat yang efektif dan tidak berulang. Jadi, tulis poin penting yang ingin disampaikan dengan jelas ya.

2. Gunakan bahasa yang baku dan sopan

Tidak bertele-tele dan langsung to the point, sebab isi body email yang terlalu panjang akan terkesan membosankan. Jadi, tuliskan hal-hal penting saja tanpa basa-basi yang hanya memperpanjang tulisan tanpa nilai yang relevan. Buatlah isi body email yang memberikan kesan positif bagi perekrut.

Lamaran kerja merupakan situasi yang formal, karena itu, gunakan bahasa yang baku dan sopan ya. Hindari menggunakan singkatan, atau bahasa yang tidak sopan. Penulisan email menggunakan bahasa baku juga bisa menunjukkan sisi profesional kamu.

Baca juga: Tips Mengenali Lowongan Kerja Palsu

3. Review dan baca kembali

Bahasa baku menunjukkan formalitas surat tersebut. Ketika kamu menggunakan bahasa baku saat melamar kerja tentu akan menciptakan kesan bahwa kamu adalah orang yang profesional. Hindari menggunakan kata atau kalimat yang tidak baku. Untuk bahasa Indonesia, kamu bisa mengeceknya melalui KBBI ataupun PUEBI.

4. Kirimkan email lamaran di waktu yang tepat

Setelah menulis isi body email dengan lengkap, jangan terburu-buru mengirimnya. Pastikan kamu memeriksa kembali isinya, mulai dari subjek email, terdapat salah ketik, atau lupa melampirkan dokumen yang diperlukan seperti CV dan portofolio.

Setelah semuanya sudah ditulis dengan baik, jangan lupa untuk melampirkan dokumen yang diperlukan. Karena, mengirim email tapi lampirannya ketinggalan sepertinya sering terjadi dan dialami banyak orang. Waktu pengiriman email juga perlu diperhatikan. Pastikan mengirim pada hari dan jam kerja. Kamu bisa menggunakan fitur schedule time di Gmail agar pesan dapat otomatis terkirim sesuai waktu yang telah diatur.

Contoh Body Email Lamaran Kerja Sederhana

Setelah tahu struktur penulisan badan surel yang benar, berikut ini adalah salah satu contoh body email lamaran kerja sederhana dari fresh graduate. Jadikan sebagai referensi untuk ditiru dan modifikasi.

Yth bapak/ibu HRD

PT Adiguna Mediatama

Perkenalkan saya Namira Wardatul. Saya menemukan informasi lowongan kerja sebagai content writer dari sosial media PT Adiguna Mediatama. Melalui e-mail ini saya bermaksud untuk melamar di posisi tersebut.

Saya merupakan lulusan dari Universitas Brahmajaya jurusan Ilmu Komunikasi dengan pengalaman magang, sebagai penulis konten di Ruang Cerita selama 3 bulan.

Selama menjalani magang, saya bertanggung jawab meriset topik tulisan yang sesuai dengan niches dan target audience perusahaan. Saya juga mengembangkan kata kunci menjadi artikel yang mudah dibaca dan SEO friendly, sehingga mampu mengundang traffic organic ke website perusahaan.

Selain itu, saya aktif mengikuti organisasi pers mahasiswa dan berpartisipasi mengembangkan konten sosial media universitas. Dengan bekal ilmu dan pengalaman tersebut, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik melalui produksi konten harian website dan sosial media pada perusahaan.

Bersamaan dengan e-mail ini, saya lampirkan CV dan portofolio sesuai dengan persyaratan yang diminta. Saya siap meluangkan waktu untuk berdiskusi mengenai kesempatan ini dengan bapak/ibu HRD melalui nomor telepon di 0819223878.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Hormat saya

Namira Wardatul

Baca juga: Cara Mencari Kerja Di LinkedIn Sesuai Dengan Preferensi Minat 

Itulah cara menulis dan contoh body e-mail lamaran kerja yang efektif. Ingat, bahwa ketika menulis dan melamar pekerjaan Anda harus bersikap profesional.

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *