Tanggal:30 May 2024

Tips dan Contoh Copywriting Iklan Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis online. Salah satu fitur Facebook yang dapat menunjang aktivitas pemasaran adalah Facebook Ads. Jika dimanfaatkan dengan maksimal, fitur ini bisa mengarahkan trafik dan meningkatkan penjualan. Copywriting bisa menjadi cara ampuh meningkatkan penjualan. Copywriting adalah salah satu cara ampuh untuk memaksimalkan aktivitas pemasaran pada Facebook. Teknik ini dapat dijadikan sebagai strategi untuk menarik minat pembaca menjadi calon pelanggan melalui status Facebook. Nah, berikut adalah beberapa tips dan contoh copywriting iklan Facebook yang mungkin bisa menginspirasi.

Tips dan Contoh Copywriting Iklan Facebook

Copywriting adalah teknik penulisan yang merupakan salah satu bagian dari creative advertising. Membuat copywriting membutuhkan keterampilan menulis dengan kata dan kalimat yang kreatif, intelektual, dan bernilai seni agar mencapai tujuan penjualan yang disampaikan dengan baik kepada calon pelanggan.

Teknik ini bisa dijadikan sebagai strategi untuk menarik minat pembaca menjadi calon pelanggan melalui status Facebook. Copywriting dapat dikatakan berhasil jika telah memenuhi beberapa kriteria. Tulisan tersebut harus mampu menarik perhatian klien, menarik minat mereka, dan memengaruhi kebutuhan dan keinginan mereka. Copywriting juga harus meyakinkan mereka untuk melakukan seperti pada pesan iklan yang disampaikan.

Nah, lalu bagaimana cara membuat copywriting iklan Facebook yang bagus dan menarik? Kamu harus mengetahui beberapa karakter dasar dalam membuat copywriting pada situs Facebook agar berhasil dalam beriklan. Karakter tersebut antara lain pengulangan, bersifat menjual, mengefektifkan kata-kata, dan mudah dipahami. Kamu harus menerapkan prinsip-prinsip copywriting iklan Facebook agar berhasil.

1. Berikan Sugesti

Ketika kamu membuat copywriting usahakan memberikan sugesti kepada pembaca. Sugesti tersebut bisa berupa pertanyaan yang tidak langsung disetujui atau diabaikan oleh pembaca. Meski demikian, kamu harus memastikan jawaban pembaca secara umum setuju terhadap pernyataan tersebut. Jika sugesti tersebut berhasil kamu buat, selanjutnya adalah memberi pesan utama dari produk yang dijual.

Contoh Copywring Iklan Facebook

  • Apakah kamu bisa…?
  • Tidakkah kamu ingin…?

2. Prinsip Fokus dan Manfaat

Fokus dan Manfaat adalah salah satu prinsip copywriting yang tidak boleh dilupakan. Kebanyakan orang ketika beriklan hanya mementingkan spesifikasi produknya saja, padahal manfaat produk juga penting. Menonjolkan manfaat produk sebagai sebuah solusi akan menarik minat pembaca untuk mengetahui lebih lanjut dari produk yang dijual. Kamu bisa memulai mengenalkan produk kepada calon pelanggan dan apa manfaat produk tersebut.

Contoh iklan yang hanya mendeskripsikan fitur adalah sebagai berikut: Dapatkan layanan internet dengan kecepatan hingga 100 mbps. Kalimat tersebut tampak biasa dan sangat umum. Penggunaan kalimat tersebut tentu tidak cocok untuk iklan karena tidak tepat sasaran. Mengapa demikian? Karena tidak banyak orang yang memahami manfaat kecepatan internet dan apa yang membedakan kecepatan 100 mbps dibanding 200 mbps.

Contoh Copywriting Iklan Facebook

  • Bermain game terasa menyebalkan karena internet lambat? Gunakan provider ini! Internet cepat, main game terasa lebih nikmat!
  • Hanya 6 jam, kamu langsung mahir copywriting!

Image: Freepik

3. Double Binding

Teknik penulisan Double Binding merupakan bentuk pemberian tawaran semu. Kamu seolah-olah memberikan pilihan, padahal kamu hanya memberikan satu jawaban yang akan disetujui oleh pembaca. Teknik ini terbukti efektif dalam menarik perhatian pembaca.

Contoh Copywriting Iklan Facebook

  • Sekolah online lebih nyaman menggunakan provider yang mana ya? Jangan risau, pakai provider ini!
  • Jadi, masih pakai mobil konvensional atau mau beralih menggunakan mobil listrik yang jelas lebih hemat?
  • Lebih efektif mana, software pencatatan otomatis atau manual?

Baca juga| Yuk Ketahui tentang Copywriting dan Contonya

4. Ciptakan Urgensi

Ketika menawarkan sebuah produk, usahakan kamu membuat urgensi yang mengarah kepada produk yang dijual. Urgensi bisa dilakukan dengan memberikan penawaran terbatas dalam waktu tertentu atau pemberian bonus untuk beberapa pembeli pertama.

Kamu juga bisa memberikan diskon untuk pembelian produk dalam jangka waktu tertentu yang sudah ditentukan. Cara ini akan mensugesti calon pelanggan untuk segera melakukan pembelian produk.

Contoh Copywriting Iklan Facebook

  • Dapatkan produk ini sekarang sebelum kehabisan!
  • Beli produk ini sekarang dapat cashback 80%!!!

5. Jelaskan dengan Spesifik

Ketika kamu membuat copywriting untuk penawaran, buatlah kalimat yang spesifik. Kebanyakan orang akan lebih tertarik dengan hal-hal yang spesifik, jelas, dan terlihat pasti. 

Contoh Copywriting Iklan Facebook

  • Kamu mau kurus dalam waktu satu bulan?
  • Kulit cerah hanya dalam tiga hari, gunakan produk ini..
  • Liburan ke Singapura hanya dengan 1 juta rupiah!

6. Gunakan Kata “dan” dan “Tanpa”

Ketika membuat copywriting, kamu bisa menggunakan kata “dan untuk menunjukkan manfaat produk agar terkesan memiliki banyak keunggulan dan manfaat. Kamu bisa mengombinasikan dengan kata “tanpa”. Kata “tanpa” dapat memberikan kesan produk kamu lebih unggul dibanding produk lain.

Contoh Copywriting Iklan Facebook

  • Kapan lagi makan enak dan hanya bayar 50%.
  • Dapatkan diskon 75% hari ini dan jadilah yang pertama.
  • Saatnya ngemil enak tanpa takut gemuk.
  • Cara mudah bersihkan toilet sampai bersih dan kinclong tanpa ribet.
  • Internet cepat dan murah tanpa gangguan

7. Testimoni

Kamu bisa menggunakan testimoni pelanggan untuk menunjukkannya kepada calon pelanggan baru agar mereka percaya dengan produk yang dijual. Buatlah testimoni senatural mungkin agar tidak terkesan dibuat-buat. Berikan pula informasi singkat pelanggan yang memberikan testimoni. 

Teknik ini menjadi sangat penting untuk penjualan berbasis online seperti ini karena rawan penipuan. Kepercayaan pelanggan adalah hal utama yang perlu kamu ciptakan dan pertahankan.

Baca juga| Iklan Persuasif: Pengertian hingga Contohnya

Image: Freepik.

8. Tampilkan Visual Produk

Ketika melakukan aktivitas pemasaran berbasis online, calon pelanggan tidak bisa melihat produk secara langsung. Oleh sebab itu, kamu harus membuat foto dan video produk sejelas dan sebagus mungkin. Bahan visual produk yang bagus akan sangat membantu copywriting produk karena calon pelanggan akan mendapat gambaran produk secara nyata.

Keberhasilan copywriting juga ditentukan oleh gambar visual produk yang bagus dan memadai. Jadi, perhatikan kembali bagaimana foto dan video visual produk yang terpampang di etalase toko online.

9. Jangan Memaksa

Istilah “jangan memaksa” memperingati kamu untuk tidak berjualan secara hard selling. Maksudnya adalah hindari penggunaan kalimat yang memaksa calon pembeli. 

Gunakanlah kalimat yang membuat pembaca nyaman mengenal produk yang dijual dan tidak merasa dipaksa untuk membeli. Kalimat memaksa justru akan membuat pembaca terganggu dan ogah membeli produk yang kamu jual. Usahakan buat kalimat yang halus dan menyenangkan.

Contoh Copywriting Iklan Facebook

  • Peringatan: Pakaian kami tahan lama, kamu tidak perlu terlalu sering berbelanja.
  • Belanja hemat tanpa takut bangkrut

10. Gunakan Social Proof

Contoh copywriting iklan Facebook selanjutnya adalah dengan menggunakan social proof. Cara ini bisa menampilkan ribuan ulasan pelanggan bintang 5 atau membagikan testimonial positif dari pelanggan. Gunakan strategi ini untuk menciptakan efek Fear of Missing Out (FOMO) pada iklan produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

11. Perhatikan Tren

Iklan Facebook akan berjalan lebih efektif jika memperhatikan momen-momen tertentu. Misal, momen hari kemerdekaan Indonesia yang bisa memposisikan produk kamu sebagai produk spesial hari kemerdekaan meskipun sebenarnya cocok untuk segala momen.

Momen-momen ini dapat membantu menjangkau audiens dengan niat beli yang lebih tinggi. Apalagi dengan tawaran promo menarik, kamu bisa gunakan ketepatan waktu ini untuk mempromosikan urgensi karena waktu yang terbatas.

Kamu bisa menciptakan momen unik sendiri dan membuat copywriting yang menarik. Misal, kamu bisa menciptakan “Hari RAM sedunia” jika berjualan komponen komputer, atau sejenisnya tergantung produk yang kamu jual.

Baca juga| 8 Rekomendasi Buku Copywriting Terbaik Untuk Pemula

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa tips dan contoh copywriting iklan Facebook bisa kamu pelajari. Sudahkah kamu mempraktikkan salah satunya? Kamu bisa mengikuti kursus copywriting murah untuk meningkatkan skill menulis dan pemasaran!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *