Tanggal:30 May 2024

Ini Dia, Contoh Copywriting Kopi yang Menarik Untuk Jualan Online!

Bagi kamu yang ingin membuka bisnis baru, jangan khawatir! Banyak sekali produk yang bisa dijadikan copywriting loh! Namun, apakah kamu mengerti bagaimana kerja dari copywriting bagi pelaku bisnis? Copywriting adalah salah satu cara mempromosikan produk atau bisnis melalui media online supaya audiens mau bertindak untuk membeli, mendaftar, berlangganan, dan lainnya.

Copywriting merupakan jenis kata-kata yang akan memengaruhi orang jika penyusunan kata yang kamu buat sudah tepat. Copywriting ada dalam berbagai bentuk, untuk setiap kebutuhan, pendekatannya pun berbeda. Copywriting banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti di papan billboard, caption Instagram, website, bahkan iklan di tv juga berawal dari script copy.

Menyusun kata-kata yang powerful untuk pemasaran juga perlu teknik dan ilmunya, loh! Tidak hanya menggunakan kata-kata persuasif saja, melainkan kamu harus menghadirkan kata-kata yang kreatif tentunya! Kamu sebagai calon pelaku bisnis online, wajib mempelajari bagaimana membuat teknik copywriting bisnis dengan tepat.

Saat ini, bisnis online sedang meningkat sehingga persaingan semakin ketat. Untuk itu,, kamu sebagai pelaku bisnis terutama bisnis online, perlu mengoptimalkan teknik marketing dengan memperhatikan penggunaan copywriting yang tepat. Saat ini, banyak media sosial sebagai platform untuk jualan online, salah satunya media sosial Instagram. Bisnis yang dimaksud, seperti bisnis kopi kekinian yang sedang marak. 

Copywriting kopi pada umumnya berfokus di beberapa hal agar mudah dan enak untuk audiens baca, yaitu: harga dari produknya, aroma, rasa produk, manfaat atau khasiat mengkonsumsinya, menjelaskan perbedaan dan keunikannya, dan lain sebagainya. Lalu, apa saja macam-macam yang harus diperhatikan dalam membuat copywriting bisnis kopi? Simak berikut ini ya!

Baca JugaTips dan Contoh Copywriting Untuk Bisnis Makanan

Macam-Macam Copywriting Untuk Promosi Produk Kopi

Copywriting Produk Kopi Jenis Bannes Ads (@Janjijiwa)

Terdapat beberapa macam-macam copywriting untuk promosi produk kopi berdasarkan bentuknya, di antaranya: 

1. Headline

Headline adalah sebuah kalimat yang ada di halaman awal dengan tulisan yang tebal dan besar, bisa juga menyebut headline sebagai sebuah judul yang membuat audiens tertarik. Kamu bisa membuat contoh copywriting produk kopi dengan memanfaatkan penggunaan headline tersebut.

Headline merujuk pada “kalimat utama” untuk suatu materi informatif. Hal ini akan tampil paling menonjol untuk menarik perhatian orang. Headline bisa berbentuk judul artikel blog, judul berita, pesan promosi di billboard, hingga kalimat utama di homepage.

Contohnya: “Ngantuk saat jam kerja? Seduh dulu kopi Etika-nya!”

2. Tagline

Copywriting Produk Kopi Etika Jenis Tagline (@etikacoffee)

Tagline adalah sebuah kalimat pendek yang memiliki makna penting untuk produk, berupa sebuah kalimat pendek yang memiliki makna penting untuk produk. Contohnya, copywriting tagline pada produk Kopi Janji Jiwa, yakni “kopi dari hati” Saat mendengar kata-kata tadi, kebanyakan orang yang pernah melihat iklannya akan langsung teringat dengan produk kopi dari brand tersebut. 

Baca JugaRekomendasi buku copywriting!

3. Narrative

Narrative menggunakan cara bercerita sebagai pengantar pesan. Dalam copywriting narrative seperti ini, biasanya orang-orang banyak memakainya untuk melakukan endorsing produk. Misalnya, artis yang secara langsung maupun tidak langsung mengendorse sebuah produk kopi di Instagram akan menulis caption tertentu dan menyisipkan nama produknya. Dengan citra artis yang kuat maka audiens akan membaca caption tersebut dan mungkin akan tertarik dengan produk kopi tersebut.

4. Banner Ads

Penggunaan banner ads bisa juga menjadi salah satu jenis copywriting produk kopi, loh! Kamu bisa menemukan contoh tersebut di media digital, seperti website. Bentuknya sendiri terdiri dari komponen gambar dengan tulisan yang mendukung.

Penyampaian pesan seperti itu terbilang efektif untuk membuat audiens paham dan tertarik melihatnya. Banner ads mampu menjadi materi iklan digital berbasis gambar yang ditunjang dengan tulisan. Bagaimanapun, tulisan lebih efektif untuk menyampaikan pesan. 

Baca JugaContoh copywriting instagram!

5. Script atau Naskah

Merancang sebuah kata-kata menjadi kalimat menarik yang bisa memengaruhi audiens. Penyampaian script ini bisa dalam bentuk video atau audio saja. Untuk contoh copywriting kopi tentunya bisa menggunakan script lalu membuatnya dalam bentuk video atau audio. Misalnya, dalam bentuk video untuk iklan YouTube atau TV, sedangkan audio untuk iklan radio atau podcast.

Contoh Copywriting Untuk Promosi Produk Kopi

Adapun beberapa contoh copywriting produk kopi yang menarik dan tentunya bisa kamu jadikan pandangan ketika memulainya nanti, di antaranya:

  • “Ingin cari minuman untuk melepas dahaga? Cobain, kopi kekinian dengan gula aren yang bisa melepas rasa haus setelah beraktivitas. Kopi kekinian hadir dalam kemasan botol 250 ml yang ringkas untuk kamu bawa kemana-mana pastinya! Produksi ini berasal dari UMKM lokal dengan rasa yang khas. Membeli kopi kekinian sama dengan menyumbang perekonomian Indonesia. Mau coba kenikmatan kopinya? Langsung cek ke @koopinang!”
  • “Jangan ngaku pecinta kopi kalau belum mencoba kopi 99! Dengan komposisi biji kopi khas Sumatera yang diolah langsung dari ladangnya, membuat rasanya jadi lebih segar dan nikmat. Soal rasa tak perlu ragu lagi, Kopi 99 sudah terdistribusi ke seluruh coffee shop di dunia. Kunjungi website-nya di www.kopi99.com atau Instagram @kopi99 untuk informasi lengkapnya.”
  • Menghadirkan citra rasa kopi Indonesia, Eppresi yang dihasilkan dari Nusantara blend menggunakan 100% Arabika di bumi Nusantara. #temansejiwa bisa mencicipi secara langsung rasa dan aroma yang khas dari biji kopi Gayo dan Bali!
  • Ada banyak varian menu signature X yang bisa kamu pilih di Kopi Janji Jiwa! Barista kami siap memberikan rekomendasi menu signature untuk #temansejiwa. Citra rasa dari Nusantara blend bisa kamu nikmati di jilid Janji Jiwa x terdekat, ya! Datang langsung dan ajak #temansejiwa kamu yang lainnya, ya!
  • Siapa di sini yang udah mulai kembali ngantor atau udah kembali beraktifitas di luar Rumah? Biar tetap semangat jangan lupa segarkan harimu dengan #temansejiwa! Menu baru “Livin Coffee Honey” yang bikin kamu serasa sedang liburan atau jalan-jalan saat minum. Minuman Livin Coffee Honey sudah tersedia di @gofoodindonesia dan @grabfoodid atau kalian bisa langsung takeaway di kedai kopi Janji Jiwa terdekat.

Nah, itulah beberapa contoh copywriting yang dapat dijadikan gambaran ketika ingin menerapkannya untuk bisnis kopi. Dalam copywriting tentu perlu ada pembahasan penting yang tercantum supaya audiens mudah memahaminya, bagian tersebut, seperti harga, rasa, manfaat, dan keunikan. Kamu ingin agar copywriting yang dibuat bisa meningkatkan omset penjualan produk kamu? 

Bisa banget, nih, ikut kursus onlineStrategi Meningkatkan Omset Penjualan Dengan Copywriting Yang Menawan“. Menulis mengenai copywriting itu ada tekniknya. Kamu harus mempelajarinya supaya bisa menguasai penulisan iklan untuk berbagai kebutuhan. Semoga contoh copywriting di atas dapat menjadi referensi belajar untuk kamu.

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *