Tanggal:29 February 2024

10+ Desainer Grafis Terkenal di Indonesia dan Dunia

Semakin berkembangnya industri kreatif, profesi sebagai desainer grafis menjadi salah satu impian anak muda saat ini. Profesi desainer grafis bukanlah hal yang baru, bahkan pekerjaan ini sudah ada sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Seluk beluk dunia desain grafis memang menarik, tak heran jika saat ini mengundang perhatian banyak pihak untuk bergelut di bidang ini. Dunia desain grafis tak hanya menghadirkan beragam karya yang mengejutkan dunia, tetapi juga melahirkan banyak desainer grafis terkenal dengan pemikiran dan performa cemerlang. Dari sekian banyaknya desainer grafis, di artikel ini akan membahas 10+ desainer grafis terkenal di dunia yang menunjukkan bahwa setiap inci kreativitas bisa membawa namanya. Dan tentunya bisa menjadi tokoh inspirasi bagi kamu yang bercita-cita menjadi desainer grafis.

1. Rob Janoff

Photo: Pinterest

Tahukah kamu siapa yang mendesain logo Apple? Yaps, Rob Janoff merupakan desainer grafis dibalik terciptanya logo Apple. Rob Janoff sudah sangat populer di bidang desain dan logo untuk perusahaan teknologi bonafit ini. Berkat logo Apple ini, Rob Janoff kini menjadi seorang seniman desain dan pembuatan logo paling populer di seluruh dunia. Bahkan, logo ciptaan Rob Janoff sering digadang-gadang mempunyai nilai seni tinggi dengan makna yang mendalam.

Awal mula Rob Janoff diminta oleh Steve Job membuat logo untuk dirinya, saat dia masih bekerja sebagai direktur seni pada Regiss McKenna. Saat itu lahirnya logo Apple dengan warna-warni beragam. Dan akhirnya saran logo tersebut diterima oleh Steve Job dan dasar logonya dipakai sampai sekarang.

2. Bob Gill

Photo: The New York Times

Salah satu desainer grafis terkenal yang memiliki nama besar adalah Bob Gill. Ia dikenal dengan berbagai karya yang hadir dalam beberapa judul film. Lulusan Philadelphia Museum School of Art ini memiliki reputasi terpercaya dalam dunia perfilman.

Pada april 1962 Bob Gill dan beberapa kawannya memutuskan membuat sebuah studio desain yang diberi nama Fletcher/Forbes/Gill atau F/F/G sesuai nama belakang ketiga pendirinya. Dalam waktu singkat F/F/G berkembang pesat. Bahkan kemudian membuat ketiganya mendirikan Designers and Art Directors Association D&AD yang akhirnya mulai membuka kantor kedua.

Pencapaian desainer grafis yang satu ini memang tidak main-main. Hal ini terbukti dari beberapa penghargaan yang telah dimenangkannya. Selain itu ia juga menghasilkan ilustrasi untuk beberapa majalah ternama, buku anak anak serta judul film.

Baca juga: Langkah Awal Yang Harus Dipersiapkan Menjadi Desainer Grafis

3. Susan Kare

Photo: uprint.id

Wanita cantik asal New York, Amerika Serikat ini menjadi salah satu desainer grafis terkenal di dunia berkat hasil karyanya yang sangat berpengaruh dalam dunia desain grafis. Salah satunya adalah penemuan elemen-elemen interface dan typefaces pada Apple Macintosh yang pertama kali hadir tahun 1980. Selain itu, masih banyak pencapaian gemilang dari Susan Kare. Bahkan, Susan pernah mendapat penghargaan dari American Institute of Graphic Arts sebagai seniman desain terbaik pada tahun 2018. 

4. Milton Glaser

Photo: Pinterest

Desainer Grafis selanjutnya adalah Milton Glaser. Salah satu desainnya yang terkenal dan tentu saja dikenang banyak orang adalah I ♥ NY. Keinginan Milton Glaser untuk terus berkarya hadir dari berbagai perusahaan yang didirikannya, seperti contohnya adalah Push Pin Studio. Bahkan ia dengan Clay Felker juga bersamasama mendirikan New York Magazine. Pada tahun 1974, Milton juga mendirikan perusahaan Milton Glaser, Inc.

Berbagai karya inilah yang kemudian menghantarkan Milton Glaser menerima berbagai macam penghargaan. Salah satu penghargaan fenomenal diperolehnya dari Presiden Barack Obama di tahun 2009. Di sana ia menerima National Medal of The Arts, yang mana sekaligus menempatkannya sebagai desainer grafis pertama yang memperoleh penghargaan tersebut.

5. Neville Brody

Photo: Pinterest

Neville Brody yang lahir pada 23 April 1957 adalah salah satu seniman desain ternama asal Inggris. Alumni London College of Communication ini sudah memiliki banyak sekali karya yang sangat terkenal di kancah internasional. Salah satu contoh hasil karya terbaik Neville adalah proyek desainnya yang tampil dalam The Face Magazine pada tahun 1981 hingga 1986. Bahkan, ia juga sudah sangat populer berkat proyek prestisiusnya yaitu cover album musik dari artis ternama Cabaret Voltaire hingga Depeche Mode.

6. Paula Scher

Photo: Pinterest

Desainer grafis terkenal yang selanjutnya adalah seorang perempuan kelahiran Washington D.C pada 1948, bernama Paula Scher. Nama besar Paula Scher sendiri sudah terdengar di seluruh dunia. Ia bahkan dimasukkan sebagai salah satu grafis desainer yang dianggap memiliki pengaruh besar di dunia.

Dalam pekerjaannya ia banyak menggabungkan antara pop culture dengan seni rupa yang kemudian menghasilkan karya seni unik serta menarik. Inilah yang membuat karyanya banyak diburu di seluruh dunia. Pasalnya kesan berbeda tersebut serupa memiliki ‘nyawa’ tersendiri yang tidak dapat ditemukan dalam karya lainya.

Ia bergabung dengan salah satu firma desain bernama Pentagram sejak tahun 1991 hingga sekarang. Bagi lulusan Tyler School of Art ini Pentagram memegang peran cukup penting. Pasalnya dari sanalah ia kemudian naik sebagai kepala kantor di bagian desain konsultan Pentagram.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Sekolah Desain Terbaik Di Dunia

7. Danton Shombing

Kali ini Desainer Grafis berikutnya yang berasal dari indonesia yaitu Danton Sihombing. Seorang desainer grafis yang memulai karirnya sejak tahun 1990. memiliki gelar master di bidang desain grafis dari Savannah College of Art and Design (SCAD), Georgia, AS. Danton Sihombing dikenal sebagai salah satu orang yang berperan besar pada proyek prestisius revitalisasi brand Marks & Spencer dan Nascar.

Di tahun 2000, Danton Sihombing membangun sebuah perusahaan konsultasi, yang ia beri nama Inkara Brand Consulting. Layanan yang bisa diberikan oleh perusahaan ini antara lain, strategi merek, ekuitas merek, identitas merek, serta internal brand engagement. Di bawah kepemimpinan Danton, perusahaan Inkara pun memperoleh kepercayaan dari beberapa klien ternama seperti, Lippo Group, Telkomsel, Aerowisata Hotels anda Resorts, dan Perusahaan Gas Negara (PGN).

8. Christiawan Lie

Christiawan Lie merupakan salah satu desainer grafis terkenal di dunia asal Indonesia yang memiliki segudang prestasi. Pria lulusan ilmu arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini merupakan salah satu pembuat komik yang patut diperhitungkan di Indonesia.

Meskipun mengambil jurusan ilmu arsitektur, Christiawan Lie mempunyai bakat serta kemampuan yang sangat baik dalam hal desain grafis. Salah satu prestasi paling membanggakan dari Christiawan Lie adalah proyek kolaborasinya dengan perusahan mainan internasional Caravan Studio untuk proyek mainan action figure GI Joe.

9. Bayu Santosa

Bayu Santoso atau biasa dikenal dengan Bayo Gale merupakan seorang desainer grafis yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun Bayu terlahir dari keluarga yang sederhana dari daerah Sleman, Yogyakarta, namun dirinya berani mengikuti kontes desain grafis internasional yang membuat namanya menjadi terkenal.

Bayu berhasil memenangkan kontes bergengsi desain album “V” diadakan oleh band internasional yang sangat terkenal yaitu Maroon 5. Bahkan, kemenangannya ini ia dapatkan saat masih berumur 19 tahun dan masih menjalankan studi di Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta. Bayu membuat desain cover album “V” menggunakan konsep yang tidak biasa, yaitu dengan menggabungkan unsur barat dan ornamen nusantara.

10. Andre Surya

Bicara tentang dunia desainer grafis yang mendunia, tak lengkap rasanya jika tak menyebut nama Andre Surya. Beliau yang lahir di Jakarta, 1 Oktober 1984, merupakan lulusan dari Universitas Tarumanegara jurusan Desain Komunikasi Visual. Beliau adalah satu-satunya digital artist asal Indonesia yang bekerja di Industrial Light and Magic (ILM) Lucasfilm yang didirikan oleh George Lucas, sutradara Star Wars.

Andre pernah menghasilkan karya yang mengagumkan dengan nama City of Enhasa yang diikut sertakan kedalam kontes Future World Contest dan ia pun mampu meraih juara satu. Sejumlah film yang terkenal dan ternama pun ia juga terlibat didalamnya. Film tersebut seperti, Ironman, Ironman 2, Star Trek, Terminator Salvation, Indiana Jones and The Kingdom of Crystal Skull, Surrogates dan Transformers II: revenge of The Fallen.

Baca juga: Jurusan Desain Komunikasi Visual: Pengertian Dan Prospek Kerjanya

11. Yolanda “Yo” Santosa

Wanita cantik satu ini berhasil menjadi seorang desainer grafis terkenal berkat kemampuannya dalam bidang desain. Bahkan, Yolanda Santosa juga berhasil meraih banyak prestasi tinggi di bidang desain. Salah satunya, wanita kelahiran 1978 ini seringkali menjadi desainer untuk berbagai keperluan film terkenal di dunia. 

Proyek desain terbesar Yolanda adalah Desperate Housewives. Selain itu, beberapa proyek desain film juga pernah Yolanda garap, salah satunya adalah Hulk (2003) dan Ugly Betty (2006). Atas prestasinya ini, Yolanda Santosa berhasil mendapat penghargaan pada ajang Graphic Design USA Award di tahun 2006.

Baca juga: 10 Software Desain Grafis Terpopuler

Nah, itulah deretan Desainer Grafis yang terkenal di dunia, semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sedang berjuang menjadi desain grafis profesional. Oh iya, jika kamu seorang pemula yang ingin menjadi desainer grafis tapi bingung mulai belajarnya dari mana, kamu bisa mengikuti kursus CorelDraw Dari Pemula Hingga Mahir atau bagi kamu yang sudah ada basic desain tapi ingin meningkatkan skill desain kursus Desain Grafis Dengan Adobe Illustrator
bisa jadi rekomendasi. Yuk, daftarkan dirimu dan kejarlah mimpimu menjadi desainer grafis yang handal!





autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *