Tanggal:25 May 2024

10+ Rekomendasi Sekolah Desain Terbaik di Dunia

Siapa yang bercita-cita menjadi seorang desainer profesional? Perkembangan teknologi seperti sekarang membuat bidang studi desain semakin banyak dicari dan diminati lantaran prospek kerjanya yang sangat luas. Kebutuhan akan desain digital di era media sosial seperti sekarang seolah menjadi salah satu hal yang lumrah bagi segala jenis instansi. Mulai dari organisasi, perusahaan, penjual, dan sebagainya membutuhkan tenaga seorang desainer digital untuk berpromosi di media sosial. Jika kamu menyukai kegiatan menggambar atau membuat desain digital, maka kamu wajib membaca artikel ini sampai habis! Berikut ini adalah 10+ rekomendasi sekolah desain terbaik di dunia yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar sekolah impian!

1. Royal College of Art

Royal College of Art (sumber: pexels.com)

Kampus yang satu ini memang dinilai sangat populer di kalangan mahasiswa yang tertarik dengan desain. Departemen Desain dalam kampus ini dibagi menjadi beberapa program studi. Selain itu, institusi ini juga dianggap yang paling nomor satu dalam pendidikan seni dan desain. Sekolah yang berbasis di Inggris, khususnya South Kensington dan Battersea London ini sendiri menawarkan 29 program pascasarjana dan banyak bidang keilmuan seni dan desain lainnya. Untuk kamu yang ingin bersekolah di sini, tidak perlu ragu lagi karena Royal College of Art memiliki sekolah arsitektur, seni dan humaniora, serta komunikasi.

2. Rhode Island School of Design

Kursus online belajar grammar vocasia

Rhode Island School adalah universitas terbesar ketiga di dunia untuk desain. Banyak mahasiswa internasional mengunjungi kampus ini untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang desain. Kampus ini sendiri terdiri dari JurusanSeni Rupa dan Desain yang dibagi lagi ke dalam beberapa bidang studi yang lebih spesifik seperti animasi, film dan desain grafis.

3. Whitecliffe College of Arts & Design

Berbasis di Auckland, Selandia Baru, Whitecliffe adalah sekolah seni dan desain independen terkemuka yang menghasilkan lulusan berkualitas serta mendidik masyarakat untuk menjadi sosok yang kreatif. Rekomendasi sekolah desain yang satu ini memiliki rekam jejak internasional yang sangat baik. Selama 36 tahun, sekolah telah menghasilkan lulusan yang luar biasa dengan membina seniman-seniman berprestasi. Para pengajar dan staf yang sangat berdedikasi mampu menunjukkan kualitas mereka lantaran senantiasa berusaha untuk mendukung kesuksesan mahasiswa di kampus ini.

4. Politecnico di Milano

Meski dikenal sebagai sebuah Institut Teknologi, Jurusan Seni Rupa dan Desain yang ada di kampus ini mempunyai peminat yang cukup banyak dari tahun ke tahun. Program desain yang dimiliki oleh kampus ini mulai dibuka pada tahun 1993. Sedangkan pada tahun 2000, didirikan fakultas desain resmi dengan pilihan jurusan yang lebih beragam dan spesifik untuk membantu mahasiswanya mengembangkan diri pada bidang yang mereka minati. Sebut saja jurusan desain grafis dan visual, desain interior, dan berbagai pilihan desain lainnya.

Untuk mendukung mahasiswa internasional belajar di sini, bahasa Inggris telah menjadi bahasa pengantar di kampus ini sejak 2014.

Baca juga: 7 Rekomendasi Lagu Supaya Konsentrasi Saat Belajar

5. University of The Arts London

University of The Arts London adalah rekomendasi sekolah desain selanjutnya. Kampus ini dikenal sebagai kampus seni yang memiliki spesialisasi seni dan desain terbesar di London. Secara lebih rinci, University of the Arts London tercatat memiliki enam kampus utama. Kampus yang dimaksud adalah Central Saint Martins, Camberwell College of Arts, London College of Communication, London College of Fashion dan Wimbledon College of Arts. Dengan catatan banyaknya alumni yang merupakan artis, desainer dan seniman terkenal, kampus ini menjadi semakin menarik bagi banyak mahasiswa dari berbagai penjuru negara yang ada di seluruh dunia.

6. Parsons The New School of Design

Sejumlah lulusan Parsons telah dikenal lantaran kemampuannya dalam melatih banyak seniman untuk menjadi perancang busana, fotografer, dan desainer terkenal. Tidak heran kampus Parsons menjadi tujuan banyak mahasiswa desain yang ingin memperdalam pengetahuan mereka. Tidak ada yang mengerti siapa yang tahu kamulah yang akan menjadi lulusan sukses selanjutnya. Oleh karena itu, kamu wajib memasukkan sekolah yang satu ini ke dalam daftar sekolah desain terbaik di dunia.

7. Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology (sumber: pexels.com)

Massachusetts Institute of Technology juga merupakan salah satu kampus yang dikenal sebagai perguruan tinggi teknik. Meski begitu, kampus ini tidak pernah absen menampung mahasiswa seni dan desain setiap tahunnya. Jumlah total mahasiswa seni dan desain yang terdaftar di universitas ini mencapai angka 50% dari total keseluruhan mahasiswa. Meski institut teknologi ini mengedepankan penelitian dan riset, seni masih merupakan bagian penting untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan perancangan teknologi dan sistem informasi juga membutuhkan proses kreatif. Selain itu, aspek seni dan desain dianggap sebagai bagian dari kurikulum inti dan fondasi komunitas riset.

8. Pratt Institute

Untuk kamu yang lebih menyukai kegiatan praktik dalam kurikulum terintegrasi, kamu harus mempertimbangkan Pratt Institute sebagai sekolah masa depanmu. Hal ini karena Pratt Institute adalah institusi swasta yang tentunya memiliki berbagai perbedaan mendasar dengan kampus pada umumnya. Selain itu, ilmu desain yang diajarkan di Pratt Institute dinilai menarik lantaran kamu tidak hanya diajak untuk mempelajari teori, tetapi juga belajar praktik di lapangan melalui studio dan ide lainnya.

Di samping itu, perkembangan teknologi juga mendorong ilmu desain untuk terus mengalami perkembangan dan perubahan dari waktu ke waktu. Bersekolah di kampus berkualitas seperti Pratt Institute tentunya bisa mengantar kamu mempelajari lebih dalam tentang desain dan segala ruang lingkupnya yang sangat luas itu.

Baca juga: Banyak Banget! Gaji Cyber Security di Indonesia dan Luar Negeri

9. School of The Art Institute of Chicago

School of The Art Institute of Chicago (sumber: pexels.com)

Jika kamu sudah merasa mantap untuk mempelajari seni dan desain, School of The Art Institute of Chicago dapat menjadi salah satu opsi pilihan kamu. Selain karena kualitasnya yang sangat baik, di sekolah ini kamu juga bisa mempelajari segala hal tentang seni mulai dari sejarah seni, animasi, pembuatan film, desain grafis, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya bidang yang ditawarkan, kamu tidak perlu khawatir karena sekolah akan membantu mengasah skill dan kemampuanmu hingga menjadi seorang desainer profesional.

10. Aalto University

Universitas yang ada di Finlandia ini adalah kampus yang bisa kamu perhitungkan karena statusnya sebagai salah satu kampus terbaik di dunia. Dengan berbagai keuntungan dan penawaran yang nantinya akan diberikan pada semua mahasiswa, kampus ini akan memberikan fasilitas dan dukungan penuh untuk semua mahasiswa khususnya kamu yang ingin menjadi desainer.

Baca juga: 7 Rekomendasi Olahraga Untuk Diet

11. Stanford University

Universitas tempat aktris cantik sekaligus penyanyi Maudy Ayunda melanjutkan pendidikan S2 ini memang sudah lama dikenal sebagai salah satu kampus terbaik dunia. Semua bidang keilmuan dan jurusan yang dimiliki oleh kampus ini merupakan salah satu yang terbaik, termasuk jurusan seni dan desain. Oleh karena itu, Stanford juga bisa menjadi salah satu opsi sekolah desain yang patut untuk dicoba.

Nah, itulah dia beberapa rekomendasi sekolah desain yang wajib masuk wishlist kamu. Selain belajar di sekolah desain, kamu juga bisa meningkatkan skill desain kamu dengan cara mengikuti kursus desain berkualitas yang bisa menghasilkan cuan dengan harga yang terjangkau berikut ini!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *