Tanggal:17 June 2024

10 Destinasi Wisata Lombok yang Mempesona dan Menarik

Sama halnya dengan Bali, Pulau Lombok juga terkenal akan keindahan pantai dan keragaman biota laut. Bahkan, Lombok sekarang semakin dikenal oleh wisatawan karena banyaknya destinasi wisata Lombok yang baru. Tak hanya itu, kini pun sudah dikelola dengan baik oleh penduduk dan pemerintah setempat.

Selain memiliki pemandangan pantai yang indah, Lombok juga menawarkan wisata pegunungan, budaya, sejarah, hingga kuliner. Tidak perlu diragukan lagi, berbagai destinasi di pulau seluas hampir 4.800 kilometer persegi ini, selalu menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang pasti diminati banyak wisatawan.

Saat kamu berpelesir di Lombok, jangan sampai kamu membuang kesempatan untuk mengunjungi 10 tempat wisata mempesona yang akan kami ulas di bawah ini, ya!

Baca juga: 5 Tempat Wisata Keren di Indonesia Yang Wajib Di Kunjungi, Apa Aja Ya?

10 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok

10 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok. Sumber: pexels.com

Salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia adalah pulau Lombok. Ada banyak destinasi wisata Lombok yang bisa dikunjungi para wisatawan disetiap tahunnya, seperti beberapa tempat berikut ini.

1. Pantai Tangsi

Pink Beach Lombok. Sumber: unsplash.com

Pantai Tangsi dikenal juga sebagai Pantai Pink (Pink Beach Lombok), karena pasir pantainya yang berwarna pink atau merah muda. Destiasi Pantai Pink ini merupakan salah satu pantai yang populer dengan menawarkan pemandangan indah dan hamparan pasir berwarna merah muda. Pantai Pink memiliki air jernih dan pemandangan bawah laut yang indah. Pengunjung dapat snorkeling dan diving. Jika tertarik, ada penyewaan alat di lokasi.

Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki kondisi ombak yang cukup tenang, Pantai Pink sangat cocok untuk berenang dan berwisata keluarga yang membawa anak-anak. Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar 10 ribu per orang untuk wisatawan lokal, 50 ribu per orang untuk wisatawan mancanegara, rombongan pelajar lokal sebesar 5 ribu per orang, dan rombongan pelajar mancanegara sebesar 25 ribu per orang

2. Pantai Kuta

Pantai Kuta Mandalika. Sumber: tic.wonderin.id

Pantai Kuta di Lombok berbeda dengan Pantai Kuta di Bali, karena relatif masih bersih dan lebih sepi. Berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah, pantai indah ini kerap menjadi salah satu tujuan pertama bagi wisatawan yang baru mendarat di bandara internasional Lombok. Pantai ini menawarkan pasir lembut, ombak yang cocok untuk belajar berselancar, serta pemandangan bawah laut yang indah.

Tempat wisata di Lombok ini dikelilingi fasilitas yang cukup lengkap, seperti homestay, tempat penyewaan papan selancar dan perlengkapan snorkeling, hingga warung makan. Jika hendak berkunjung, sebaiknya kamu datang antara pukul 09.00 dan 15.00 WITA untuk menikmati suasana serta ombak yang optimal. Apabila ingin melihat matahari terbenam, datanglah sekitar pukul 16.00 atau 17.00 WITA.

3. Bukit Merese

Bukit Merese. Sumber: kompas.

Bukit Merese merupakan bukit yang mengelilingi Pantai Tanjung Aan. Lokasinya terletak di Jalan Kuta Lombok, Kuta Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. tempat wisata ini merupakan salah satu bukit yang paling hits di Lombok. Di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan langit dan laut luas, serta pesona sunset saat sore hari. Bukit Merese sangat cocok dijadikan spot foto Instagramable. Bahkan, tak jarang dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding.

Baca  juga: Tempat Wisata Untuk Kamu Petik Buah, Dimana Aja Ya?

4. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu. Sumber: kompas.

Kamu yang berburu pemandangan sunset cantik di Lombok wajib ke Bukit Malimbu. Konon di sinilah spot terbaik untuk menikmati sunset di Lombok. Bukit Malimbu adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset saat berada di Lombok. Terletak sekitar 24 km dari Kota Mataram, bukit ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 – 45 menit.

Ada 2 pilihan tempat untuk menikmati sunset, yang pertama di sebelah barat jalan raya, berupa parkiran sepanjang sekitar 150 m dengan sisi selebar 2 m dan memiliki pemandangan langsung ke tebing yang diberi pagar pembatas sebagai pengaman bagi pengunjung. Spot yang lain ada di sebelah timur jalan raya, berupa bukit yang lumayan luas dengan beberapa pohon kelapa di sudutnya. Masing-masing tempat menyajikan pemandangan matahari terbenam yang sama indahnya.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani. Sumber: pexels.com

Ikon wisata pegunungan di Lombok yang sangat terkenal adalah Gunung Rinjani. Lokasi ini memiliki pemandangan yang indah dengan gunung setinggi 3.726 mdpl dan asri. Lokasi wisata ini berada di Lombok bagian Utara, tepatnya di Sembalun Lawang. Selain itu, ada beberapa destinasi di sekitar gunung Rinjani yang bisa dinikmati, seperti Joben Eco Park, Telaga Biru, hingga air terjun Mayung Polak.

Gunung Rinjani memiliki keindahan yang luar biasa, jadi sangat wajar sekali banyak para pendaki yang menginginkan menginjakan kaki ke Gunung Rinjani ini. Meski Gunung Rinjani selalu mengeluarkan asap yang tak henti-hentinya, lantaran Gunung Rinjani merupakan gunung berapi yang masih aktif.

6. Dusun Sasak Sade

Dusun Sasak Sade. Sumber: klook

Mayoritas penduduk Lombok adalah berasal dari Suku Sasak. Hebatnya, masih ada desa-desa yang mampu mempertahankan gaya hidup dan juga budaya khas Suku Sasak. Dusun Sade ini merupakan desa wisata yang sudah terkenal di kalangan wisatawan, yang di mana dusun ini bisa kamu kunjungi secara langsung untuk melihat gaya hidup dan kebudayaannya. Selain Dusun Sade, desa Sasak lainnya di Lombok yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Desa Sukarara dan Banyumulek, yang terkenal akan tekstil dan tembikarnya.

Baca juga: 5 Pekerjaan yang Berhubungan dengan Pariwisata

7. Pura Meru

Pura Meru Lombok. Sumber: kompas

Pura Meru merupakan salah satu pura tertua yang dibangun pada tahun 1720 dan menjadi pura terbesar di Lombok. Lokasinya berada di Jalan Selaparang, Cakranegara, Kecamatan Mataram, Kota Mataram. Pura ini sangat sakral dan menjadi kebanggaan warga Lombok, sangat cocok untuk wisata sejarah dan religi. Fasilitas di Pura Meru seperti area parkir, pedagang makanan dan minuman, ATM, dan toko souvenir. Mengunjungi Pura Meru tidak dipungut biaya. Kamu cukup memberi donasi seikhlasnya dan dapat dikunjungi mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore Waktu Indonesia Tenggara.

8. Masjid Hubbul Wathan

Masjid Hubbul Wathan. Sumber: unsplash.com

Masjid Hubbul Wathan atau yang memiliki nama lain Islamic Center Mataram merupakan salah satu ikon Pulau Lombok. Lokasinya berada di Jalan Udayana, Gomong, Selaparang, Kota Mataram. Salah satu wisata religi yang harus dikunjungi di Lombok tersebut memiliki luas sebesar 74.749 meter persegi. Mengunjungi masjid ini tidak dipungut biaya alias gratis, tetapi pengunjung yang ingin mengunjungi menara tinggi untuk melihat pemandangan Kota Mataram, akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

9. Taman Sesaot

Taman Wisata Sesaot. Sumber: kompas

Taman Wisata Sesaot biasa disebut juga dengan wisata aik nyet yang merupakan kawasan hutan dan sungai jernih seta memiliki suasana asri. Lokasinya berada di Sesaot, Narmanda, Lombok Barat. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga, terdapat gazebo-gazebo untuk bersantai.

Di Taman Wisata Sesaot ini juga terdapat spot foto menarik, seperti luncuran air terjun, batuan besar di atas air terjun, dan mushola yang mirip dengan klenteng. Fasilitas di tempat ini sudah cukup terkelola seperti mushola, tempat istirahat, kamar mandi, area parkir, hingga warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Apabila hendak berkunjung, kamu akan dikenai tiket masuk sebesar Rp5.000, dan sudah termasuk biaya parkir dari pagi hingga sore hari.

Baca juga: Tripod yang rekomendasi banget buat dibawa Travelling, Kalian wajib tahu!

10. Rumah Pohon Gangga

Rumah Pohon Gangga. Sumber: idntimes

Rumah Pohon Gangga memiliki konsep serupa dengan Taman Wisata Pusuk Sembalun, yakni gardu pandang yang berada di ketinggian. Destinasi Rumah Pohon Gangga ini berada di Desa Gangga Mumas, Lombok Utara. Di tempat ini kamu juga bisa memanjakan matamu dengan pemandangan serba hijau. Lokasinya yang dekat dengan air terjun juga jadi satu hal yang menambah keelokan Rumah Pohon Gangga.

Demikian 10 rekomendasi destinasi wisata Lombok. Sebenarnya tidak hanya 10 tempat wisata di atas, masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang mempesona dan menari di Lombok yang bisa kamu kunjungi. Dengan beragam aktivitas dan tempat wisata yang dimiliki, Lombok wajib menjadi tujuan berlibur kamu selanjutnya. Jadi, sudah atur jadwal untuk berlibur?

Jika jadwal kerjamu sangat padat, cobalah atur kembali dan evaluasi jadwalmu agar menjadi lebih terstruktur. Apabila seringkali kamu mendapati banyak proyek, sehingga membuat fokusmu menjadi terbagi yang berujung pada timeline proyek lain ikut terganggu, sebaiknya kamu mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai bagaimana cara project management yang benar dan baik.

Atau lebih mudahnya, kamu bisa mengikuti  course “Cara Praktis Membuat Jadwal Kerja Terstruktur”. Kursus ini akan disampaikan oleh expert dari PartnerInc yang juga merupakan expert di bidang project management dan berpengalaman menyampaikan training dengan tema yang sama. Dengan mengikuti kelas kursus online ini, dijamin jadwalmu menjadi rapi terstruktur, sehingga kamu punya waktu luang untuk berlibur ataupun healing.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *