Tanggal:28 April 2024

Apa Itu Brand Image? Pengertian, Pentingnya, Contoh dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

Pengertian Brand Image

Brand image adalah gambaran konsumen tentang sebuah produk. Jika dilihat dari sudut pandang pelaku bisnis, mengelola citra merek atau brand image merupakan langkah awal mereka mengenalkan sebuah barang atau jasa pada pelanggan. Kemudian akan berubah menjadi strategi marketing demi bertahan di antara pesaing dan menjaga ketahanan perusahaan.

Baca Juga :

Pentingnya Brand Image

Mengapa brand image adalah hal yang penting bagi perusahaan? Hal ini karena kesan pertama seorang konsumen terhadap merek tertentu sangat berpengaruh pada minat beli produk itu sendiri. Di samping itu, faktor lain demi kelangsungan produk seperti poin-poin di bawah ini juga menunjukkan bahwa brand image adalah sesuatu yang penting untuk di maintain dengan baik.

  • Menjadi pembeda di antara pesaing
  • Langkah awal untuk selalu memperbaiki kualitas produk
  • Teknik meningkatkan value produk yang akan berpengaruh pada peningkatan harga jual di pasaran
  • Menarik konsumen baru
  • Mempertahankan loyalitas pelanggan

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Tanpa Riba

Contoh Brand Image

Sebelum membahas lebih lanjut, mari pahami lebih dalam tentang apa itu citra merek melalui contoh produk dan merek berikut ini:

  • McDonald’s: Memiliki citra merek tentang makanan cepat saji yang enak dan disukai oleh anak muda.
  • KFC: Terkenal karena ayam goreng krispi yang nikmat.
  • Erigo: Merek pakaian anak muda yang kasual, keren, dan hypebeast.
  • Rolls-Royce: Merek premium yang dianggap eksklusif untuk orang kaya.

Persepsi kamu tentang suatu produk/merek, itulah citra merek. Apa yang kamu pikirkan tentang merek tersebut mungkin berbeda dengan persepsi teman kamu. Namun, perusahaan memiliki kampanye branding untuk menyamakan citra merek di mata konsumen tentang bagaimana brand mereka ingin dilihat.

Baca Juga :

Cara Meningkatkan Brand Image

Brand image adalah aspek produk yang perlu ditingkatkan dalam periode tertentu agar persepsi baik dalam benak konsumen semakin terbentuk. Cara meningkatkan brand image yang bisa dilakukan adalah:

1. Menerapkan USP dalam Desain dan Iklan Produk

Teknik pertama yang paling umum adalah memaksimalkan metode pemasaran ini melalui desain dan iklan produk yang ditawarkan. Seperti yang kita tahu, saat ini semakin banyak pesaing baik nasional maupun internasional yang masuk dalam pasar Indonesia.

Sebagai solusinya, salah satu cara yang dapat perusahaan lakukan adalah dengan membuat terobosan baru untuk menonjolkan unique selling proposition (USP) produk andalan mereka.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Properti

Hal tersebut dapat terlihat dari perbedaan desain barang dalam satu kategori yang sama dengan pesaing. Atau di sisi lain, iklan produk juga dapat dikreasikan sesuai karakter unik produk dan perusahaan. Dengan begitu, setidaknya ada kesan spesial yang tertanam pada benak penonton iklan.

Baca Juga :

2. Memanfaatkan Interaksi Dua Arah Lewat Media Sosial

Selanjutnya, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand image adalah membangun komunikasi dengan pelanggan. Misalnya membuat konten yang berhubungan dengan karakter produk sekaligus menerima feedback pelanggan melalui kolom komentar. Dengan begitu, mereka akan lebih mengenal bagaimana maksud image yang akan dibangun perusahaan terhadap produk tertentu.

Baca Juga : Tips Menjadi Pengusaha Muda dan Sukses

3. Konsisten dalam Melakukan Evaluasi dan Pengembangan Produk

Seperti yang kita tahu, konsumen punya karakteristik yang berbeda satu sama lain. Beberapa di antara mereka ada yang sensitif terhadap penilaian bahkan hingga detail produk sekalipun.

Berhubungan dengan hal itu, perlu dicatat bahwa brand image tidak hanya dinilai dari tampak luar sebuah produk saja melainkan juga dari kualitasnya. Untuk mengatasi demand produk yang sesuai dengan selera konsumen tertentu, sebaiknya perusahaan secara berkala melakukan evaluasi dan inovasi baru terhadap produk.

Baca juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *