Tanggal:17 June 2024

8 Destinasi Wisata Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi!

Saat di tengah kesibukan aktivitas, perlu adanya liburan untuk refreshing pikiran kita sejenak, loh! Karena ada waktunya kita untuk istirahat pastinya! Apalagi, kamu suka berlibur? Mengunjungi destinasi di berbagai wisata? Wisata di berbagai daerah pasti menyenangkan tentunya! 

Berkeliling menjelajahi wisata di berbagai daerah, seperti di Jawa Tengah, Solo, Yogyakarta dan lainnya pasti membuat kesan lebih bermakna! Salah satunya, Kota Semarang yang dikenal dengan sejuta wisata yang menarik bagi wisatawan untuk dikunjungi, loh! 

Semarang menyimpan begitu banyak tempat wisata yang harus kamu coba! Mulai dari wisata alam, religi, sejarah, hingga budaya, pastinya lengkap banget! Yang dapat dikunjungi bersama keluarga atau kerabat saat berlibur.

Rekomendasi Destinasi Wisata Di Semarang 

Di mana saja destinasi wisata di Semarang paling hits yang biasa kamu kunjungi? Wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Kota Semarang tentunya, loh! Yuk, simak beberapa rekomendasi wisata di Semarang, di antaranya:

Baca JugaTempat wisata keren yang wajib dikunjungi!

1. Lawang Sewu

Destinasi Wisata Lawang Sewu (Instagram: @Lawangsewu)

Kamu tahu tidak? Lawang Sewu merupakan destinasi wisata di Semarang yang sangat favorit, loh! Terletak di jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Lawang Sewu didirikan pada 27 Februari 1904. Dulunya, tempat wisata ini disebut sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij.

Destinasi wisata satu ini, memiliki arti seribu pintu. Namun, itu hanya sekadar istilah, aslinya memiliki 928 pintu dengan 425 frame dan 114 ruang kerja. Lawang Sewu merupakan bekas kantor pusat perusahaan kereta Hindia Belanda, sehingga dijadikan sebagai museum, yang menyimpan berbagai koleksi perkeretaapian di Indonesia dari masa ke masa. 

Tak hanya itu, tempat ini bisa disewakan untuk berbagai kegiatan, seperti pameran, pemotretan, syuting, pesta pernikahan, pentas seni, bazar, dan workshop. Saat ini, Lawang Sewu telah direvitalisasi dan konservasi menjadi sebuah museum dan tempat wisata. Kamu berada di kota Semarang? Jangan lewatkan untuk berkunjung ke destinasi wisata satu ini, ya!

2. Ayanaz Gedong Songo

Destinasi Wisata Ayanaz (Instagram: @Ayanazgedongsongo)

Ayanaz Gedong Songo terletak di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Untuk kamu yang mempunyai jiwa Instagramable, pas banget, nih! Tempat ini, menawarkan berbagai spot foto-foto keren untuk bisa menghasilkan foto yang cantik untuk kamu posting di Instagram tentunya!

Spot foto yang dapat kamu rasakan untuk menjadi momen yang berharga di antaranya, balon udara, bubble tent, Hammock, kursi ayunan dan masih banyak lagi pastinya! Suasana yang akan kamu rasakan begitu menyegarkan, karena posisi Ayanaz berada di perbukitan hingga jauh dari lalu lintas, loh! 

Baca Juga: Destinasi wisata terbaik di Indonesia!

Ada beberapa biaya yang harus kamu siapkan untuk memasuki tempat wisata cantik ini! Saat kamu ingin berfoto di spot yang disediakan, di luar dari biaya tiket masuk, ya! Misal, kamu sudah membayar tiket masuk dan kamu ingin berfoto disalah satu spot yang ada, kamu dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000 – 40.000 tergantung ukuran spot yang kamu rasakan. 

3. Kelenteng Sam Poo Kong

Destinasi Wisata Klenteng Sam Poo Kong (Instagram: @Klentengsampokong)

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu situs sejarah mengenai perkembangan Islam di Semarang, yang disebarkan oleh penjelajah dari China bernama Laksamana Cheng Ho. Tempat ini, terletak di jalan Simongan Raya No. 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. 

Destinasi wisata ini bernuansa Tionghoa, selain itu bernuansa Islam dengan corak pada langit berwarna hijau dan terdapat bedug. Kelenteng menjadi tempat ibadah dan sangat cocok untuk wisata religi. Namun, tak jarang wisatawan ke sini untuk berfoto, loh! Karena, kelenteng biasa dijadikan tempat gelaran festival, seperti peringatan HUT Sam Poo Kong dan perayaan Tahun Baru Imlek. 

Saat kamu berada di sini, jangan lupakan untuk menyewa baju khas China yang tersedia di loket utama untuk membuat momen yang berharga. Disarankan kamu mendatangi di sore hari, ya, karena suasana yang akan mendukung untuk kamu dapatkan spot foto yang menarik.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi!

4. Umbul Sidomukti

Destinasi Wisata Umbul Sidomukti (Instagram: @Umbulsidomukti)

Umbul Sidomukti berupa resort dan wisata alam di area pegunungan, tempat ini terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Destinasi wisata satu ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau pegunungan berpadu dengan langit biru luas dan memikat mata indah Rawa Pening. 

Kamu dikenakan biaya hanya sebesar Rp15.000 saja tentunya! Suasana di sini begitu tenang dan menyejukkan sehingga pas banget untuk kamu berkunjung bersama pasangan. Selain itu, menyediakan wahana permainan, seperti flying fox, ATV, archery, berkuda dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, di sana juga menyediakan kedai kopi, kolam renang, hingga villa dengan ukuran kecil yang tenang dan nyaman, terletak di kaki gunung unggaran, loh!

Baca JugaMinuman khas Jawa Tengah,yang wajib kamu coba!

5. Kampung Pelangi

Destinasi Wisata Kampung Pelangi (Instagram @Kampungpelangi)

Kamu sudah tahu belum? Kampung Pelangi dulunya kampung kumuh, loh! Sehingga diubah menjadi kampung yang penuh warna dan sangat menarik untuk dikunjungi pastinya! Di sini, terdapat 300 rumah yang di cat dengan penuh warna. Lokasinya terletak di Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Kampung ini penuh dengan spot foto yang Instagramable tentunya! Dengan mural dan beragam gambar yang merupakan hasil karya warga setempat. Tak hanya itu, memasuki tempat ini kamu tidak dikenakan biaya, loh, yang pasti gratis! Pengunjung dapat berkuliner dan membeli suvenir khas yang telah disediakan. 

Warna-warni yang diberikan di tembok-tembok, atap, dan bahkan jalanan di Kampung Pelangi memberikan kesan yang unik dan cerah. Tidak heran kampung ini juga sering jadi tempat wisata Instagramable buat wisatawan yang sedang ke Semarang!

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Papua, Wajib Dikunjungi!

6. Kota Lama Semarang

Destinasi Wisata Kota Lama Semarang (Instagram @Kotalamasemarang)

Jejak peninggalan kolonial di Semarang dapat dijumpai di kawasan Kota Lama yang terletak di Jalan Letjen Suprapto, Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Ketika berkunjung ke Kota Lama, kita akan merasakan sensasi seperti berada di luar negeri. Sebab, bangunan di sana memiliki gaya khas Eropa yang tak hanya menarik tetapi juga pas dijadikan spot berfoto.

Di Kota Lama, pengunjung juga dapat bersantai di Taman Srigunting, membeli barang-barang antik, berkeliling dengan sepeda, atau berkunjung ke Galeri Semarang dan Gereja Blenduk. Pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk untuk mengunjungi Kota Lama dengan gratis. Namun, mereka akan dikenakan biaya untuk menyewa sepeda dan menikmati fasilitas lainnya yang berbayar.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Lombok yang Mempesona dan Menarik

7. Cimory On The Valley

Destinasi Wisata Cimory (Instagram: @Cimoryonthevalley)

Semarang juga memiliki Cimory On The Valley yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Kamu hanya dikenakan biaya sekitar Rp15.000 – 25.000 saja, loh!

Tidak hanya menyajikan makanan dan minuman, pilihan tempat wisata Semarang ini juga menawarkan wahana mengasyikkan yang sangat cocok untuk bermain anak. Di antaranya, Cimory Dairyland berupa mini zoo, lengkap dengan hewan ternak, dan mini mania dengan berbagai landmark dunia.

Pecinta susu sapi, sepertinya harus banget berkunjung ke Cimory On The Valley. Sebab, tempat wisata yang dibangun oleh perusahaan produk olahan susu sapi ini menyediakan banyak olahan susu yang bisa dibeli, seperti susu segar, yogurt, dan juga makanan beku.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Kamu Datangi!

8. Taman Bunga Celosia

Destinasi Wisata Taman Bunga Celosia (Instagram: @Tamanbungacelosia)

Taman Bunga Celosia memiliki tiga area yang berada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya terletak di Jalan Candi Gedong Songo, Beroken, Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Namanya memang Taman Bunga Celosia, tapi taman ini memiliki bunga lain, seperti hebras, lavender, ataupun krisan. Tidak hanya taman bunga, ada juga tempat hiburan lain, seperti Celosia Happy & Fun dan Museum Selfie Celosia.

Ada segudang spot foto cantik, seperti miniatur landmark, White Marine Park, Rumah Hobbit, Piramida Kaca, Little Amsterdam, Little Korea, dan masih banyak lagi. Hanya dikenakan biaya Rp20.000 – 25.000 sangat murah bukan? Yuk, tunggu apalagi jangan lupa mengunjunginya, ya!

Nah, itulah rekomendasi beberapa destinasi wisata yang harus kamu kunjungi saat berada di Kota Semarang! Pastinya jangan sampai kamu lewatkan, ya! Dan jangan lupa, gunakan smartphone kamu untuk menyimpan semua momen yang kamu dapatkan dari berbagai spot foto yang cantik dan menarik tentunya! Semangat dan selamat berlibur!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *