Tanggal:30 May 2024

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Papua, Wajib Dikunjungi!

Indonesia bagian Timur emang paling juara dan gak ada tandingannya kalau soal alam dan budaya. Setuju gak, Sobat Vocasia? Nah, semua hal yang indah ini milik tanah Papua, pulau terbesar kedua di dunia. Untuk menjaga keindahan alamnya, Papua memiliki taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman ini adalah Taman Nasional Lorenz, salah satu tujuan wisata utama di Papua.

Selain Taman Nasional Lorentz, pulau Papua juga memiliki banyak objek wisata yang diburu oleh para turis ataupun wisatawan, loh! Kamu penasaran dan ingin tau ada apa, aja? Yuk, simak daftarnya di bawah ini, yang pastinya recommended banget kamu datengin!

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Terbaik Di Indonesia

Tempat Wisata di Papua yang Indahnya Gak Main-Main!

Pulau paling timur di Indonesia menjadi destinasi wajib dengan segala keindahan alam yang gak ada lawannya. Menjelajahi Papua pasti akan menjadi pengalaman liburan yang menarik dan tak terlupakan oleh kamu. Nah, buat kamu yang masih bingung harus kemana aja selama liburan di Papua, Vocasia akan spill 10 rekomendasi tempat wisata di Papua yang wajib kamu kunjungi. Yuk, disimak!

1. Danau Sentani

Danau Sentani (Sumber: Thegorbalsia.com)

Rekomendasi tempat wisata di Papua pertama yaitu danau terluas di Papua yang menawarkan panorama memukau dan kebanggaan masyarakat, apalagi kalau bukan Danau Sentani yang ada di Kabupaten Jayapura. Dengan luas 9.360 hektar, danau ini menjadi sumber dari 14 sungai besar dan kecil. Gak hanya itu, danau ini juga menjadi juara dalam produksi ikan yang mencapai 1.823 ton per tahun, loh. Danau ini berbentuk unik, seperti amoeba, dan terdapat 22 pulau kecil yang menambah keindahan danau ini. Gak heran, sih, kalau Danau Sentani menjadi objek wisata favorit yang populer bagi para wisatawan.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Di Bogor Yang Wajib Kamu Datangi!

2. Pantai Base-G

Udah tau belum? Papua memiliki pantai super indah yang cantiknya bak lukisan bernama Pantai Base-G di kota Jayapura. Asal mula namanya ini berawal dari Sekutu yang mengubahnya menjadi pangkalan atau basis militer selama Perang Dunia II. Tetapi, pantai ini juga punya nama lain, loh, nama lain dari pantai ini adalah Pantai Tanjung Ria.

Nah, kalau kamu mau ke pantai ini, ombak di pantainya merdu banget dan tidak terlalu keras, jadi pas banget buat kamu yang ingin merasa lebih santai. Ditambah lagi, pasir bersih yang membentang di sepanjang pantai ini akan membuatmu ketagihan untuk berfoto! Pokoknya kalau ke Papua, Pantai Base-G adalah pantai yang sayang untuk dilewatkan!

Baca Juga : 8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi!

3. Taman Nasional Lorentz 

Taman Nasional Lorenz (Sumber; Indonesiatraveler.id)

Sama spektakulernya, Taman Nasional Lorenz Papua, salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Karena ukurannya, taman seluas 2.505.600 hektar ini mencakup 10 kabupaten di Papua. Gak heran, ada tiga kota berbeda di pintu masuk taman nasional ini, yakni: Timika, Wamena, dan Enarotari. Wih, luas banget, ya, Sobat Vocasia!

Selain itu, Taman Nasional Lorentz juga merupakan kawasan lindung terbesar dengan ekosistem terlengkap di kawasan Asia Pasifik. Fauna yang khas adalah cendrawasih ekor panjang, puyuh salju, dan kanguru pohon dingo. Wah, kalau kamu ke sana, pasti kamu akan bertemu dengan semua aneka jenis hewan!

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Keren di Indonesia Yang Wajib Di Kunjungi

4. Taman Nasional Wasur

Liburan ke Papua tidak lengkap tanpa menjumpai fauna unik, seperti burung kasuari. Kekayaan flora dan fauna Papua bisa kamu temukan di Taman Nasional Wasur di Kabupaten Merauke ini. Dengan luas lahan 413.810 hektar, taman ini memiliki hutan sabana terluas di Asia dan Indonesia, loh. Nah, sebagian besar hewan di taman ini bermigrasi dan hidup di enam ekosistem yang berbeda. Kalau Sobat Vocasia ke sini, kamu akan merasa seperti sedang berpetualang!

Baca Juga : 5 Pekerjaan Yang Berhubungan Dengan Pariwisata

5. Air Terjun Wafsarak

Air Terjun Wafsarak (Sumber: wisato.id)

Ingin mencari surga tersembunyi Papua? Air Terjun Wafsarak di Biak Utara, Papua Barat adalah jawabannya! Panorama air terjun setinggi 10 meter ini, seperti tempat relaksasi di tengah hutan yang asri. Kamu dapat mendengar gumaman air terjun, bahkan dari pinggir jalan. Air di cekungan sangat jernih dan cocok untuk berenang dan bermain dengan anak-anak. Bagi keluarga, tempat wisata ini wajib dikunjungi!

Baca Juga : 8 Destinasi Wisata Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi!

6. Raja Ampat

Siapa di antara Sobat Vocasia yang tidak mengenal juara pariwisata Papua Barat, Raja Ampat? Berkat koloni pulau-pulau mirip penyu yang menghiasi perairan Raja Ampat dan keindahan taman bawah lautnya yang memesona, popularitas destinasi wisata ini sukses mendunia!

Terletak di Kabupaten Raja Ampat Papua Barat, wilayah Kepulauan Raja Ampat mencapai luas 4,6 juta hektar. Kawasan ini merupakan rumah bagi 75% biota laut dunia dan surga bawah laut lebih dari sekadar julukan. Pokoknya, Raja Ampat salah satu destinasi yang wajib dikunjungi dulu selama di Papua.

7. Lembah Baliem

Seperti yang diketahui, Pegunungan Jayawijaya merupakan pegunungan tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, kunjungan ke pegunungan juga harus mencakup pemberhentian di Lembah Baliem, 27 km dari Kota Wamena di Papua. Meliputi area seluas 1.600 km2, lembah ini adalah rumah bagi tiga suku besar, yaitu Dani, Yali, dan Lani.

Rumah adat dan budaya asli yang kental menambah pesona destinasi ini, bersama dengan udara yang sejuk dan panorama indah yang menyegarkan mata. Bahkan, itu adalah rumah bagi festival budaya yang terkenal, Festival Lembah Baliem. Kalau kamu ingin tau lebih banyak tentang Papua, tempat ini menjadi hal yang wajib kamu kunjungi.

8. Pulau Biak

Terletak di Teluk Cenderawasih, pulau ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Di Biak Utara, kamu bisa mengunjungi Kampong Amoy yang terkenal dengan pemandangannya yang indah. Ada juga Museum Senderawasi yang menyimpan banyak koleksi Perang Dunia II.

Daya tarik lain di Biak yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Burung Kawasan Bosnik dan Taman Anggrek. Di sini, kamu dapat melihat koleksi burung dan tumbuhan yang sangat beragam dan informatif.

9. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Objek wisata Papua selanjutnya yang akan menambah daftar liburan kamu adalah Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Wilayahnya hampir seluruhnya perairan sehingga tidak heran jika Taman Nasional Teluk Senderawasi merupakan kawasan lindung laut terbesar dan terluas di Indonesia.

Ini adalah tempat wisata yang tak tertahankan bagi penggemar scuba diving. Pasalnya, banyak flora dan fauna bawah laut yang sangat menarik di sini. Di daerah ini kamu juga bisa pergi ke Pulau Mioswar dengan sumber air panas dan gua yang mengandung belerang.

10. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik (Sumber; wisataunk.blogspot.com)

Kalau ke sini, kamu harus prepare kamera karena keindahan Pantai Bosnik ini bisa membuat kamu gak berhenti untuk berfoto! Lokasi Pantai Bosnik ini berada di 15 km dari pusat Kota Biak. Dengan hamparan pasir dan air biru yang jernih menjadikannya sebagai pantai dengan pemandangan sempurna yang bisa kamu abadikan di kamera kamu. Tempat wisata di Papua ini cocok banget buat kamu bersantai bareng teman, keluarga, ataupun pacar, loh! 

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Lombok Yang Mempesona Dan Menarik

Itu dia rekomendasi tempat wisata di Papua yang wajib masuk ke daftar destinasi liburan kamu. Tanah Papua memang sangat terjaga alam dan budayanya sehingga tidak bisa ditemukan di tempat lain dan hanya di Indonesia aja. Buat kamu yang hobi traveling, jangan lupa untuk kunjungi tempat yang direkomendasikan Vocasia, ya!

Kamu ingin menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui hobi? Bisa! Kamu bisa bekerja menghasilkan cuan dengan menekuni pekerjaanmu sambil menikmati hobimu itu. Yuk, ikuti kursus Hobi & Lifestyle yang disediakan oleh Vocasia. Cari kelas dan daftarkan dirimu sekarang juga di sini!

Baca Juga : 7 Pantai di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *