Tanggal:26 July 2024

Mengenal Field Marketing dalam Bisnis

Field marketing adalah salah satu teknik pemasaran dalam sebuah bisnis. Teknik ini dapat diterapkan pada bisnis kamu untuk membantu meningkatkan penjualan. Pada dasarnya, field marketing adalah suatu eksekusi ilmu strategi pemasaran dalam tingkat outlet, di mana perusahaan akan berhadapan langsung dengan konsumen.

Nah, artikel ini akan membahas mengenai field marketing mulai dari pengertian, fungsi, peran penting, hingga tips-tips mendapatkan feld marketing yang baik. Yuk simak!

Apa itu Field Marketing?

Field marketing adalah sebuah teknik pemasaran lapangan yang dilakukan langsung pada tempatnya sehingga perusahaan akan berinteraksi secara langsung dengan pelanggan atau konsumen. Bentuk teknik pemasaran ini diantaranya adalah promosi di jalanan, pengambilan sampel, merchandising, dan masih banyak lagi.

Namun, pada beberapa perusahaan field marketing diartikan sebagai kegiatan distribusi hingga koordinasi dengan tim marketing. Kegiatan promosi di jalanan akan identik dengan profesi SPG. Nah, saat ini SPG tidak hanya membantu proses penjualan produk, tetapi juga melakukan wawancara pada konsumen untuk mengumpulkan consumer insight.

Pada kegiatan merchandising yang melakukan field marketing, dulu mereka hanya melakukan kegiatan pemasaran dengan membantu merapikan produk yang sedang dipajang saja. Namun, sekarang mereka turut aktif mengawasi dan mengidentifikasi ketersediaan produk milik kompetitor.

Setelah mengetahui pengertian field marketing, selanjutnya simak mengenai fungsi field marketing di bawah ini!

Baca juga| Mengenal Konsep Marketing Mix Untuk Mengembangkan Bisnis Anda!

Image: Freepik

Fungsi Field Marketing

Nah, berikut ini adalah fungsi dan tanggung jawab dari seorang field marketing yang harus kamu ketahui.

  1. Menciptakan kepercayaan pelanggan atas performa perusahaan atau toko serta kualitas produk yang ditawarkan perusahaan.
  2. Memperkirakan kebutuhan pelanggan dan membantu pelanggan dalam memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  3. Menjawab pertanyaan dari para pelanggan dan melayani komplain dari pelanggan dengan baik.
  4. Memberikan informasi mengenai kualitas produk hingga cara melakukan perawatan dan penggunaan produk pada pelanggan.
  5. Melakukan standar pelayanan pramuniaga secara baik.
  6. Bisa bertanggung jawab untuk meraih produktivitas kerja secara maksimal.
  7. Bertanggung jawab dalam mencapai target penjualan yang telah disepakati.
  8. Menjaga dan meminimalisir tingkat shrinkage atau angka kehilangan produk.
  9. Melakukan upaya preventif dalam menanggulangi bahaya kebakaran.
  10. Memberikan informasi yang tepat kepada pelanggan dengan bijak.
  11. Menjaga kebersihan area penjualan dan juga merchandise.
  12. Meyakinkan calon konsumen yang masih ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan produk yang akan dibeli.

Baca juga| Internet Marketing Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis, Elemen Dan Strateginya

Peran Penting Field Marketing dalam Bisnis

Seorang field marketing yang baik tidak hanya harus bisa menarik minat pengunjung untuk mendatangi toko, namun mereka juga harus bisa memberikan edukasi serta menarik pengunjung yang datang untuk melakukan transaksi terhadap produk yang ditawarkan.

Field marketing akan merepresentasikan citra brand, sehingga karakter seorang field marketing akan sangat penting untuk mampu mewakili citra produk atau brand perusahaan.

Jika ingin mendapatkan seorang field marketing, perusahaan dapat mencari sendiri atau menggunakan penyedia jasa field marketing atau SPG. Namun, jika perusahaan memilih menggunakan penyedia jasa SPG, akan ada keuntungan yang akan didapat oleh perusahaan. Salah satunya adalah menghemat waktu dibanding dengan mencari sendiri.

Seorang field marketing juga memiliki peran penting sebagai pembuka pintu dan menerima para tamu (konsumen). Profesi ini juga harus dapat melayani konsumen dengan bijak dan sopan. Setelah itu, field marketing diharapkan untuk bisa menjelaskan sebuah produk yang ditawarkan sehingga konsumen mengetahui segala informasi dan keterangan terkait produk yang dipasarkan.

Image: Freepik

Tips Mendapatkan Field Marketing

Jika kamu ingin bisa mendapatkan seorang field marketing yang baik, kamu perlu mencari field marketing dengan kriteria di bawah ini:

  1. Mempunyai performa yang baik. Performa adalah tampilan fisik yang bisa diindera dengan menggunakan penglihatan. Dalam hal ini, performa juga bisa mengilustrasikan tentang pembawaan seseorang. Pembawaan tersebut bisa menjadi dinilai dari penampilan fisik dan pilihan dalam berpakaian.
  2. Memiliki gaya komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik adalah hal yang harus dimiliki oleh field marketing untuk bisa menciptakan interaksi dengan pelanggan. Komunikasi tersebut bisa diukur dari gaya bicara dan cara berkomunikasi. Penilaian gaya komunikasi ini nantinya akan dikembalikan lagi pada pelanggan karena bersifat subjektif.
  3. Memiliki bahasa tubuh yang baik. Bahasa tubuh ini cenderung mengarah pada gerakan fisik seseorang. Gerak tubuh saat menawarkan produk dan juga sentuhan fisik adalah pengertian dari bahasa tubuh ini.

Jika seorang field marketing telah memenuhi tiga unsur di atas, maka orang tersebut layak dipertimbangkan untuk menjadi field marketing. Hal itu dikarenakan orang tersebut memiliki kesempatan yang besar dalam menciptakan persepsi yang baik atas suatu produk atau brand.

Baca juga| Brand Marketing: Terbukti Meningkatkan Brand Awareness Produk!

Demikian penjelasan mengenai field marketing yang harus kamu ketahui, mulai dari pengertian field marketing, fungsi, tugas, hingga tips mencari field marketing yang baik. Field marketing akan menjadi strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan penjualan.

Teknik ini dianggap lebih efektif dan memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Jadi, untuk kamu yang sedang berbisnis, tidak ada salahnya untuk mencoba.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *