Tanggal:05 May 2024
manfaat handgrip

Manfaat Handgrip untuk Otot Tangan dan Tips Memilihnya!

Sobat Vocasia mungkin sudah akrab dengan alat olahraga seperti tali skipping, barbell, bola gym, atau pull bar untuk latihan berolahraga. Alat-alat ini memang menjadi favorite untuk membantu seseorang berlatih. Namun, ada peralatan olahraga lain yang jarang ditekankan, tetapi memiliki manfaat yang baik untuk kekuatan otot, yaitu handgrip.

Handgrip adalah alat latihan tipe tuas yang praktis dan portable. Manfaat handgrip dapat digunakan untuk membangun lengan dan kekuatan otot. Biasanya, atlet menggunakannya terutama untuk meningkatkan kinerja olahraga. 

Meskipun bentuknya kecil, handgrip ini memiliki banyak manfaat yang dapat membantu meningkatkan latihan kamu, loh. Berikut adalah beberapa manfaat dari handgrip beserta tips memilihnya.

Manfaat Handgrip untuk Berolahraga

Ilustrasi Handgrip (Sumber: Freepik.com)

1. Meningkatkan Daya Tahan

Manfaat utama dari handgrip adalah untuk meningkatkan daya tahan otot. Sebuah penelitian terhadap 54 mahasiswa menemukan kekuatan cengkeraman menjadi prediktor kuat daya tahan otot. Menggunakan penguat handgrip dapat membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan lengan kamu. Saat melakukan latihan tangan, seperti push-up, kamu dapat meningkatkan daya tahan dengan meningkatkan kekuatan, sehingga kamu mampu bertahan lebih lama saat melakukan latihan yang melibatkan tangan. Dan pada akhirnya, latihan ini akan membuat kamu untuk membangun otot.

Baca Juga: 10 Gerakan Pemanasan Dasar Sebelum Olahraga Untuk Cegah Cedera

2. Peningkatan Resistensi Terhadap Nyeri

Manfaat kedua dari handgrip adalah untuk meningkatkan resistensi nyeri. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan bahwa semakin lemah kekuatan genggaman pada orang dewasa, semakin tinggi risiko kematian dari semua penyebab. Penurunan kekuatan cengkeraman dikaitkan dengan penurunan terkait usia dan penurunan kognitif. 

Mulai usia tiga puluhan, massa dan kekuatan otot mulai menurun, dan ini digunakan sebagai indikator seberapa baik tubuh kamu menua. Hal ini sangat relevan untuk orang yang menderita radang sendi. Biasanya, penderita radang sendi mengalami penurunan kekuatan cengkeraman yang lebih cepat di usia yang lebih muda. Maka dari itu, dengan menggunakan handgrip, mampu mengurangi efek radang sendi pada orang yang menderita radang sendi.

3. Meningkatkan Kekuatan

Manfaat ketiga dari handgrip adalah peningkatan kekuatan tangan atau lengan. Hal ini terjadi karena otot lengan terhubung dengan jari dan bahu. Membuka dan menutup telapak tangan kamu dengan resistensi pegangan meningkatkan massa otot di lengan kamu. Membangun otot dan kekuatan cengkeraman juga dapat membantu jika kamu seorang atlet atau memiliki hobi seperti panjat tebing, golf, tenis, atau olahraga lain yang berhubungan dengan cengkeraman.

4. Memudahkan Aktivitas Harian

Manfaat handgrip yang lain adalah membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah. Kekuatan cengkeraman yang sehat memberikan dukungan yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Kekuatan cengkeraman penting dalam banyak tugas sehari-hari seperti mengangkat, menarik, mendorong, membawa, membawa barang bawaan dan cucian, menggendong anak, berkebun, dan banyak lagi. Salah satu manfaat lain dari handgrip adalah membuat tugas seperti itu jauh lebih mudah.

Baca Juga: 12 Manfaat Lari Pagi Secara Rutin, Salah Satunya Menaikkan Mood!

5. Membentuk Otot Lengan Bawah

Manfaat kelima dari handgrip adalah memperkuat otot lengan bawah kamu. Jika kamu ingin lengan bawah kamu terlihat berotot atau lebih besar, mulailah dengan latihan handgrip. Otot-otot yang terletak di lengan bawah adalah otot yang mengendalikan jari-jari kamu. Fleksor lengan bawah kamu mengontrol saat tangan kamu menutup, sementara ekstensor lengan bawah mengontrol saat telapak tangan terbuka. Otot-otot ini adalah penerima manfaat utama dari latihan handgrip.

6. Pemulihan Cedera

Ilustrasi Cedera Olahraga (Sumber: Freepik.com)

Manfaat terakhir dari handgrip adalah pemulihan cedera. Jika kamu melukai lengan bawah, kamu dapat menggunakan handgrip untuk membantu lengan kamu sembuh lebih cepat. Salah satu manfaat handgrip adalah dapat digunakan untuk merehabilitasi lengan yang cedera, membantu kamu mendapatkan kembali mobilitas, kekuatan, dan ketangkasan. Korban stroke juga dapat mengalami efek restoratif dari handgrip. Handgrip juga dapat digunakan untuk operasi tendon, carpal tunnel syndrome, radang sendi, patah pergelangan tangan, tendonitis, rehabilitasi radang sendi.

Baca Juga: Perbedaan Gym Dan Fitness Yang Orang Sering Keliru

Tips Memilih Handgrip yang Tepat untuk Latihan

Ilustrasi Handgrip (Sumber: Freepik.com)

Pengetahuan diperlukan untuk memilih handgrip dalam latihan kekuatan. Praktisnya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum membeli agar tidak melakukan kesalahan. Yuk, pahami tips berikut terlebih dahulu agar membantu kamu memilih handgrip yang tepat.

1. Mengetahui Manfaat Handgrip

Handgrip membantu membangun kekuatan lengan bawah dan sering digunakan sebagai alat rehabilitasi. Ingatlah bahwa lengan bawah kamu terlibat dalam banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari kamu. Jadi, tidak heran jika otot bagian lengan bawah kamu harus kuat. Untuk meningkatkan intensitas latihan kamu, kamu harus memilih handgrip terbaik.

2. Fitur Penting Handgrip

Keamanan adalah fitur nomor 1 yang diinginkan semua orang. Handgrip yang berkualitas akan bertahan lama dan yang terpenting tidak akan pecah atau patah. Selain itu, bahan juga penting dalam pembuatan handgrip. Handgrip baja jauh lebih tahan lama daripada plastik. Fitur penting kedua adalah jenis pelatihan apa yang kamu lakukan.

Handgrip yang lebih ringan harus diipilih saat pulih dari cedera, sedangkan atlet yang terlatih harus memilih handgrip yang lebih berat dan lebih kuat. Penyesuaian juga merupakan fitur yang sangat penting karena dapat menghemat uang kamu dalam jangka panjang. Perhatikan bahwa handgrip yang dapat disesuaikan umumnya tidak bertahan selama mereka menggunakan plastik dan bergerak.

3. Perhatikan Keamanan Saat Latihan

Menggunakan handgrip selama latihan bukanlah masalah besar karena risikonya lebih kecil. Hal yang harus kamu perhatikan adalah pada pola latihan yang benar. Jangan menggunakan handgrip yang berat atau meregangkan lengan kamu jika kamu belum terbiasa dengan handgrip.

4. Pengaturan dan Penggunaan Dasar

Menggunakan handgrip cukup mudah dan pengaturannya tergantung pada bagaimana produk dibuat. Yang harus kamu lakukan adalah memastikan tangan kamu cukup nyaman untuk mengangkat handgrip sebagai latihan. Kalau tidak, kamu harus menyesuaikan alat atau mendapatkan yang baru.

Baca Juga: Lebih Baik Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga? Berikut Penjelasan Ilmiahnya!

Itulah penjelasan manfaat dari handgrip dan tips memilihnya dengan tepat agar kamu terhindar dari cedera. Buat kamu yang ingin mengisi waktu luang selain berolahraga, kamu bisa join kelas Hobi & Lifestyle yang disediakan oleh Vocasia! Di sana, kamu dapat menemukan beragam kelas yang pastinya sesuai dengan minat ataupun passion kamu! Buruan cek dan daftar kelasnya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *