Tanggal:22 June 2024

Apa itu Bandwidth? Fungsi dan Contohnya

Bandwidth adalah maksimal besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran data. Di era digital sekarang ini, istilah bandwidth bukan hal yang baru. Kalian mungkin pernah mendengarnya, entah itu paket internet, hosting, server, dan yang lainnya. Kebanyakan orang juga menyebut bandwidth sebagai kecepatan transfer data, meskipun makna bandwidth tidak begitu sempit.

Jadi, sebenarnya apa itu bandwidth? Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut, artikel ini akan menjelaskan mulai dari pengertian bandwidth, fungsi, dan contohnya. Mari simak penjelasan berikut ini!

Apa itu Bandwidth?

Bandwidth adalah volume dari informasi yang dapat dikirim dari satu titik ke titik lainnya melalui sebuah koneksi atau sambungan dalam waktu tertentu. Bandwidth baru ada ketika minimal dua buah perangkat terhubung, satu berfungsi sebagai host sedangkan satu lagi sebagai klien.

Baca juga: Apa Itu Data Mining?

Fungsi dari Bandwidth

1. Pengukuran kecepatan jaringan

Fungsi bandwidth sebagai pengukur kecepatan jaringan adalah fungsi yang paling umum. Sebenarnya kecepatan ini dibagi menjadi dua yaitu bandwidth upload dan download. Semakin tinggi nilai bandwidth suatu jaringan, semakin tinggi kecepatan atau aliran data yang dapat ditransfer.

2. Pembagi kecepatan transfer data

Kalian juga dapat membagi kecepatan transfer data pada LAN (jaringan area lokal) dan WAN (jaringan area luas) yang kamu miliki. Kamu dapat membatasi kecepatan ini dengan menurunkan bandwidth ke nilai tertentu. Ketika bandwidth terbatas, jaringan dapat lebih stabil karena tidak ada klien atau perangkat tertentu yang menggunakan bandwidth.

3. Membatasi ukuran transfer data

Fungsi terakhir dari bandwidth adalah membatasi ukuran transfer data. Bandwidth bukanlah sumber daya yang tidak terbatas. Kita membutuhkan parameter agar suatu jaringan dapat terus digunakan. Fitur pembatasan ini juga erat kaitannya dengan Fair Use Policy (FUP) dan juga jumlah transfer data yang tersedia untuk layanan tertentu.

Baca juga: Apa itu Firewall? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya!

Contoh Bandwidth pada Komputer

Bandwidth dalam jaringan komputer merupakan kecepatan suatu jaringan dalam mentransfer data yang dihitung dengan pengukuran bit rate per detik. Misalnya, saat menggunakan jaringan lokal atau koneksi LAN, kecepatan transfer datanya mencapai 100 Mbps. Bandwidth di komputer terdiri dari dua jenis, yaitu bandwidth digital dan bandwidth analog:

1. Bandwidth digital

Satuan perhitungan data yang ditransfer dalam bit per detik melalui jaringan yang dapat dikirim melalui saluran halus komunikasi bandwidth akan mengirimkan informasi secara digital melalui saluran kabel atau bahkan bisa nirkabel [tanpa menggunakan kabel].

2. Bandwidth analog 

Bandwidth memiliki fungsi yang sama dengan bandwidth Digital, perbedaannya terletak pada unit akun yang digunakan oleh Hertz.

Contoh Bandwidth pada Hosting

Ketika membuka halaman penyedia hosting, kamu akan menemukan kata bandwidth. Bandwidth umumnya dipakai untuk menentukan berapa besar pertukaran data yang terjadi di akun hosting. Akun hosting yang kapasitas bandwidth-nya melebihi dari yang sudah ditentukan, maka akan ter-suspend atau website tidak dapat diakses pada waktu tertentu. Namun, untuk sekarang layanan hosting sudah tidak menggunakan aturan seperti itu.

Baca juga: URL: Sudah Tahu Pengertian dan Bagian-bagiannya?

Contoh Bandwidth pada VPS

Berbeda dengan layanan hosting, di Virtual Private Server atau VPS, peraturan pemakaian bandwidth masih dipakai. Untuk besar batasan bandwidth yang bisa digunakan akan tergantung dari paket yang dipakai. Umumnya, jika paket semakin bagus, akan semakin besar pula bandwidth yang digunakan dalam satu VPS.

VPS yang sudah lebih dari kapasitas bandwidth kecepatannya akan berkurang. Untuk itu ketika VPS yang dipakai adalah VPS hosting kemudian dipakai untuk menjalankan beberapa buah website, maka kecepatan dari akses website yang dipakai di VPS akan diatur ulang sesudah 1 bulan pemakaian.

Nah, itu dia pembahasan mengenai pengertian, fungsi, dan contoh bandwidth yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel yang lainnya, ya!

Baca juga: Apa Itu Link? Pengertian, Fungsi, dan Contoh

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *