Di era digital business seperti sekarang mengelola toko online melalui sebuah situs khusus juga penting dilakukan oleh pelaku usaha. Dengan adanya situs toko online, pelanggan akan lebih nyaman dalam berbelanja dan mencari tahu detail informasi mengenai produk.
Situs toko online memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan situs biasa. Di dalam situs toko online, perlu ada sejumlah fitur pendukung yang harus disediakan untuk membuat pelanggan betah dan nyaman saat berbelanja. Fitur-fitur tersebut memang sebaiknya bisa bekerja layaknya fitur atau menu yang ada di situs e-commerce maupun marketplace.
Berikut ini adalah fitur-fitur yang wajib dimiliki situs online shop agar bisa memaksimalkan kemungkinan terjadinya konversi dalam bentuk transaksi pembelian yang dilakukan oleh para pelanggan di toko kamu.
Baca Juga | Apa Itu Marketplace? Berikut Penjelasan Dan Contohnya
1. Customer Login
Customer login merupakan salah satu fitur website toko online yang berguna untuk untuk mencatat segala hal yang berhubungan dengan pelanggan, seperti riwayat pembelian, pemesanan, atau tagihan.
Fitur ini juga akan mempermudah kamu untuk mengetahui data pribadi pelanggan, seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan lain-lain.
Baca Juga | Mengenal Customer Value, Ternyata Sangat Penting Mendukung Bisnis Loh!
2. Keranjang Belanja
Pada situs toko online, kehadiran keranjang belanja atau shopping cart sangatlah penting. Adanya keranjang belanja mampu meningkatkan kemungkinan pelanggan membeli banyak barang di toko kamu.
Keranjang belanja berguna untuk memudahkan customer menyimpan barang-barang yang ingin dibeli sebelum melakukan pembayaran (checkout).
Baca Juga | Cara Dan Tips Menjual Produk Di Shopee Agar Laku Keras, Sudah Kamu Terapkan?
3. Wishlist
Selain menyediakan shopping cart, kamu perlu menghadirkan menu wishlist. Tujuannya, agar pelanggan yang baru melihat-lihat bisa menandai barang yang diinginkan.
Wishlist merupakan fitur yang berfungsi untuk menyimpan beberapa barang yang mereka inginkan untuk dibeli di masa yang akan datang. Agar memudahkan mereka ketika ingin melakukan pembelian di kemudian hari.
Baca Juga | Yuk Mengenal Apa Itu Journaling Dan 11+ Manfaatnya Untuk Kita
4. Menu Pencarian Produk
Mengingat banyaknya produk yang terdapat pada website toko online kamu, fitur pencarian merupakan salah satu fitur penting yang mempermudah pelanggan mencari sebuah produk yang mereka inginkan.
Fungsinya, supaya para calon pelanggan bisa langsung melakukan pencarian barang yang mereka butuhkan dengan lebih cepat. Mereka jadi tak perlu lagi mencari satu demi satu diantara sekian banyak produk yang tersedia. Cukup dengan memasukkan kata kunci yang sesuai dengan produk yang mereka inginkan, misalnya berdasarkan model, merek, atau jenis produk.
Baca Juga | 9 Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online Yang Harus Kamu Ketahui!
5. Payment Gateway
Agar transaksi pembelian di toko online kamlebih mudah, kamu wajib menggunakan fitur toko online yang satu ini. Payment gateway adalah layanan yang menyediakan proses pembayaran ketika melakukan pembelian, baik pembayaran melalui kartu debit, kartu kredit, dan metode pembayaran lain.
Selain memudahkan, payment gateway juga bisa membuat transaksi jual beli jadi lebih aman. Sebab, setiap transaksi yang masuk dapat diperiksa secara cepat dan akurat. Sehingga meminimalisir terjadinya transaksi fiktif yang merugikan.
Baca Juga | Apa Itu Node Jaringan? Berikut Jenis Dan Fungsinya!
6. Halaman Promo
Semua orang menyukai promo, penawaran spesial, ataupun diskon. Maka dari itu, menambahkan halaman promo ke toko online sangat penting. Sekarang ini, hampir semua bisnis online menjadikan promo sebagai strategi untuk mendongkrak penjualan.
Karena persaingan yang ketat, kamu perlu menarik perhatian calon pelanggan dengan memanfaatkan fitur halaman promo (sale). Kamu dapat membuat sebuah halaman yang berisi produk dengan harga diskon atau produk dengan bebas biaya kirim.
Baca Juga | 9 Strategi Promosi Untuk Mengembangkan Bisnismu!
7. Informasi Produk Baru
Para pengunjung toko online tentunya sangat menyukai hal-hal yang selalu up to date mengenai produk kamu, mereka akan menjadi semakin penasaran dengan hal-hal baru yang ada pada toko online kamu.
Sehingga menyediakan fitur yang berfungsi menampilkan produk terbaru merupakan cara yang tepat untuk dilakukan agar mereka betah berlama-lama berada di website toko online kamu.
Baca Juga | 6 Tips Penerapan Cross Selling Dan Up Selling Yang Lebih Maksimal
8. Produk Terkait (Related Items)
Produk terkait adalah rekomendasi produk-produk sejenis yang biasanya ditempatkan di bagian bawah halaman detail produk. Dengan menambahkan fitur related items (produk terkait) mengenai suatu produk yang dipilih oleh pengunjung, menandakan bahwa kamu dapat memahami keinginan mereka.
Mereka jadi mempunyai pilihan lain yang serupa dengan produk yang mereka pilih. Selain itu, menampilkan produk sejenis bisa membuat calon pembeli menghabiskan waktu lebih lama di toko online kamu. Sehingga memungkinan, mereka jadi ingin membeli lebih dari satu produk.
Baca Juga | Cara Menulis Deskripsi Produk Yang Baik
9. Prediksi Ongkos Kirim
Ongkos kirim merupakan salah satu pertimbangan calon pelanggan sebelum memutuskan untuk melanjutkan pembayaran atau tidak.
Dengan menyediakan fitur yang berfungsi untuk memberikan prediksi mengenai ongkos kirim sebelum melakukan pembayaran, tentunya akan sangat bermanfaat. Mereka dapat mengetahui ongkos kirim ke tempat tinggal mereka.
Baca Juga | Data Warehouse: Pengertian, Fungsi, Dan Manfaatnya
10. FAQ
FAQ (Frequently Asked Questions) merupakan fitur yang berguna untuk menampilkan berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung website (customer). Misalnya mengenai cara pemesanan, cara pembayaran, ongkos kirim, metode pengembalian barang, dan lain-lain.
FAQ merupakan salah satu fitur wajib toko online. Hal ini karena pelanggan kamu membutuhkan informasi serinci mungkin ketika mereka memutuskan untuk mencoba produk yang kamu jual.
Baca Juga | 6 Ancaman Bisnis Online Yang Bisa Membahayakan Bisnismu, Ayo Segera Hindari!
Leave a Reply