Tanggal:05 May 2024

Data Warehouse: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Data Warehouse merupakan sistem penyimpanan data. Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan ketika mengelola data yang berjumlah besar, agar lebih terstruktur dan juga terpusat.

Namun sebenarnya, kegunaan dan fungsi data warehouse tidak hanya sebagai penyimpanan informasi saja. Sistem ini akan mempengaruhi aktivitas manajemen suatu perusahaan, seperti dalam hal pengambilan keputusan. Kok bisa? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga | Cara Membuat Server Sendiri Di Rumah, Yuk coba!

Pengertian Data Warehouse

Menurut seorang ahli, H. Inmon dan Richard DH, gudang data atau data warehouse adalah kumpulan data yang memiliki sifat subjek berorientasi, terpadu, waktu-varian, dan tetap pada pengumpulan data untuk mendukung proses pengambilan keputusan manajemen.

Sebagai penyimpanan elektronik, gudang data mampu menyimpan informasi bisnis dalam jumlah yang besar baik untuk query maupun analisis, dan bukan untuk pemrosesan transaksi. Data dari data warehouse ini bentuknya informasi dan tersedia secara real-time.

Gudang data ini pertama kali digunakan dan ditemukan pada tahun 1980-an. Saat itu, banyak bisnis besar yang menerapkan DSS (Decision Support System). Hingga kini, banyak perusahaan yang menerapkan strategi tersebut untuk membantu dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja.

Baca Juga | Proses Pengembangan Situs Web Dalam 5 Langkah, Dari Perencanaan Hingga Peluncuran Lengkap

Fungsi Data Warehouse

Bila saat ini kamu sedang mempertimbangkan menggunakan data warehouse untuk menunjang kegiatan operasional dalam perusahaan, kamu dapat menjadikan beberapa fungsi di bawah ini sebagai bahan pertimbangan. Adapun fungsi data warehouse adalah sebagai berikut.

1. Mendatangkan ROI yang Tinggi

ROI atau Return on Investment merupakan rasio yang dihasilkan antara laba bersih dan biaya investasi sebuah perusahaan. Semakin tinggi ROI sebuah perusahaan, berarti semakin tinggi pula keuntungan yang dihasilkan dari investasi tersebut. Oleh karena itu, data warehouse dapat mendatangkan ROI yang tinggi karena mereka dapat mengumpulkan data dan informasi pendukung dari sistem BI sehingga dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk perusahaanmu.

Baca Juga | Return On Investment (ROI): Arti, Kegunaan, Faktor Pengaruh, Dan Rumus Penghitungannya

2. Menyediakan Historical Intelligence

Gudang data ini juga berfungsi sebagai penyedia mayoritas historical data. Dengan tujuan agar kamu dapat menganalisis setiap periode atau tren waktu yang berbeda, sehingga bisa membuat prediksi bisnis (forecasting) di masa yang akan datang.

Baca juga | Kumpulan Teks Editor Terbaik Untuk Pemrograman

3. Memudahkan dalam Mengakses Data

Semakin banyak dan mudah perusahaan kamu dalam mengakses data, maka ini menandakan perusahaanmu sudah selangkah lebih maju dari perusahaan pesaing. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu membuang waktu untuk mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber.

Semua data dan informasi sudah dikumpulkan secara otomatis. Tentunya, hal ini dapat menguntungkan untuk perusahaanmu dari segi pengambilan keputusan yang cepat, namun juga akurat.

Baca juga | Cara Membuat dan Mengelola Database Dengan PHPmyadmin di Cpanel

Manfaat Data Warehouse

Seperti yang sudah dijelaskan, keberadaan gudang data dapat membantu perusahaan mengambil keputusan berdasarkan analisa dari data kompleks yang sudah diintegrasikan secara terpadu. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa manfaat lain dari data warehouse yang sudah terangkum di bawah ini.

1. Hemat Biaya dan Meningkatkan Pendapatan

Analisa data memiliki dampak positif pada bisnis. Riset menyebutkan bahwa perusahaan yang mengimplementasikan keputusan berdasar data dapat mengalami pertumbuhan rata-rata lebih dari 30% per tahun.

Baca Juga | Cara Membuat Iklan Spanduk Yang Efektif

2. Ketersediaan, Kualitas dan Konsistensi

Gudang data menggabungkan informasi dari berbagai sumber menjadi satu sumber kebenaran dalam organisasi. Perusahaan dapat membersihkan dan mengubah informasi dari berbagai sumber tersebut untuk meningkatkan kualitas dan konsistensi sebelum menyimpannya di data warehouse sehingga data tersedia untuk semua jenis laporan.

Baca Juga | Apa Itu JavaScript? Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerjanya!

3. Membantu Perusahaan dalam Mengambil Keputusan

Informasi data yang diperlukan perusahaan haruslah kredibel dan sesuai dengan fakta yang ada. Hal ini sangat penting karena dapat membantu dalam menentukan keputusan mengenai segmentasi pasar, manajemen inventaris, dan manajemen keuangan (finansial).

Demikian penjelasan mengenai data warehouse serta fungsi dan manfaatnya untuk perusahaan kamu. Sebelum menggunakan gudang data ini, pastikan database yang dimiliki perusahaan sudah terorganisir dengan baik. Hal tersebut akan membuat gudang data ini bekerja dengan maksimal dan memudahkan seluruh departemen membuat temuan dan wawasan dari hasil analisis yang mendalam dengan sumber data yang diperbarui secara real-time.

Baca Juga | Apa Itu Data Mining?

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *