Tanggal:22 July 2024

Cara dan Tips Menjual Produk di Shopee Agar Laku Keras, Sudah Kamu Terapkan?

Cara dan tips menjual produk di Shopee.

Ingin agar usahamu semakin berkembang dengan keuntungan yang melimpah? Jika demikian, berarti kamu harus bisa memutar otak dan memikirkan cara agar usahamu tersebut bisa semakin meningkatkan penjualannya. Nah, bagaimana caranya, sedangkan usahamu hanyalah sebuah usaha kecil dan memiliki pembeli sedikit? Tenang saja! Adanya kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan teknologi saat ini, kamu bisa memanfaatkannya dengan bergabung menjadi seller atau penjual di online market place. Dengan bergabungnya kamu menjadi seller di sana tentunya usahamu bisa menjangkau banyak pembeli dari luar daerah. Hal itu karena melalui online market place yang tersedia, buyer dapat membeli produk jualanmu tersebut secara daring. Jadi, para buyer ini tidak perlu datang ke outletmu berada. Oleh karena itu, dengan bergabungnya kamu menjadi seller di online market place, angka penjualan usahamu tersebut tidak terbatas di tempat outlet usahamu tersebut buka saja.

Nah, salah satu online market place yang bisa kamu gunakan untuk menjual produk dagangmu tersebut adalah Shopee. Aplikasi belanja online ini menjadi online market place terbesar yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan penggunanya yang sudah mencapai puluhan juta, kamu bisa memanfaatkannnya untuk meningkatkan usahamu ini. Selain itu, banyak UMKM yang mampun bertahan di masa pendami karena adanya Shopee ini dengan mendatangkan omzet dan penjualan yang besar bagi mereka. Namun, sebelum membahas cara dan tips menjual produk di shopee, pastikan ketentuan dan syarat yang berlaku ini, ya.

  • Kamu bisa bergabung menjadi seller dengan mengunggah produk melalui aplikasi Shopee atau Shopee Centre.
  • Pastikan nomor ponsel yang terdaftar sudah terverifikasi dan produk yang diunggah tidak terdaftar sebagai Daftar Produk yang Dilarang.
  • Kamu bisa mengunggah 9 foto untuk 1 produk dengan ukuran masing-masing maksimal 2 MB. Foto tersebut bisa berformat JPG, JPEG, PNG dengan dimensi foto 1024 x 1024 px.

Cara Menjual Produk di Shopee

Nah, kamu bisa mulai menjadi seller di Shopee dengan mengikuti cara-cara di bawah ini. Langsung saja, check itu out!

1. Install Aplikasi Shopee

Install atau akses Shopee via HP dan laptop.
Install atau akses Shopee via HP dan laptop. Sumber: Shopee

Sebelum mulai untuk berjualan di Shopee, tentunya kamu harus mempunyai aplikasi ini terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan aplikasi Shopee ini secara gratis dengan mengunduhnya melalui Play Store bagi pengguna Android, dan melalui App Store bagi pengguna IOS. Di samping mengunduhnya, kamu juga bisa mengakses Shopee melalui website https://seller.shopee.co.id/.

2. Daftarkan Akun

Pendaftaran akun melalui aplikasi Shopee.
Pendaftaran akun melalui aplikasi Shopee. Sumber: Shopee

Nah, setelah berhasil mengunduh atau mengakses websitenya, maka cara kedua yang harus kamu lakukan setelahnya adalah mendaftarkan akun. Kamu bisa melakukan pandaftaran akun ini melalui aplikasi Shopee bagi pengguna ponsel, dan situs https://seller.shopee.co.id/ bagi pengguna laptop atau dekstop. Setelah berhasil membuka aplikasi atau website tersebut, klik Daftar. Masukkan nomor telepon yang masih aktif, setelahnya klik Kirim Kode Verifikasi. Nantinya, kamu akan menerima pesan yang berisi kode verifikasi pendaftaranmu. Nah, masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam kolom yang telah disediakan dan klik Lanjut. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan username dan password. Usahakan username yang digunakan sesuai dengan nama usahamu ya! Ingat juga password yang digunakan. Setelah itu, lakukan konfirmasi password. Selamat, akun tokomu telah selesai dibuat!

3. Lengkapi Data Toko

Lengkapi tampilan toko agar menarik.
Lengkapi tampilan toko agar menarik. Sumber: Shopee

Setelah berhasil membuat akun, cara selanjutnya ketika kamu ingin menjual produk di Shopee adalah dengan melengkapi tampilan toko. Dalam melengkapi tampilan ini, kamu bisa melakukannya baik melalui website ataupun aplikasi. Adapun melalui aplikasi, berikut cara-caranya:

  • Buka aplikasi Shopee melalui ponsel yang kamu punya.
  • Pilih saya asisten penjualan profil toko.
  • Adapun profil yang harus kamu lengkapi adalah nama toko, gambar, deskripsi toko. Pada saat mengisi nama toko, usahakan memilih nama yang mudah diingat dan mempunyai ciri khas. Adapun ketika mengunggah profil gambar dari tokomu tersebut, gunakan gambar yang mencirikan usahamu tersebut ya! Nah, untuk deskripsi toko, kamu bisa menguraikan informasi mengenai tokomu tersebut, misalnya saja produk apa saja yang kamu jual, jam operasional toko, voucher, dan lain sebagainya.

Adapun jika kamu ingin melengkapi tampilan toko melalui website Seller Centre, berikut caranya:

Buka website Seller Centre di https://seller.shopee.co.id/.

Pilih profil toko.

Lengkapi nama toko, gambar, dan deskripsi seperti yang dijelaskan sebelumnya.

4. Upload Produk

Unggah produk yang akan kamu jual.
Unggah produk yang akan kamu jual. Sumber: Shopee

Cara selanjutnya ketika kamu ingin menjual produk di Shopee adalah menunggah produk yang akan dijual tersebut. Nah, berikut akan dijelaskan bagaimana mengunggah produk yang akan dijual melalui aplikasi Shopee dan melalui website Seller Centre. Adapun mengunggah produk melalui aplikasi Shopee adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Klik saya – toko saya – tambah produk baru – tambah foto (kamu bisa menambahkan foto ini dari galeri, instagram, atau mengambil foto secara langsung).
  • Lengkapi informasi produk yang akan kamu jual tersebut. Adapun informasi yang harus tertera dalam deskripsi ini antara lain (nama, deskripsi, kategori, harga, stok, variasi, berat, dan kondisi produk, serta jasa kirim yang digunakan).
  • Klik simpan untuk langsung bisa menjual produk tersebut atau klik tampilkan untuk melihat tampilan produk tersebut pada toko kamu.

Adapun cara untuk mengunggah produk yang akan dijual melalui website Seller Centre adalah sebagai berikut.

  • Buka website Seller Centre.
  • Klik tambah produk baru.
  • Lengkapi nama produk, lalu pilih kategori produk. Selanjutnya klik lanjut.
  • Lengkapi informasi produk yang akan kamu jual tersebut. Informasi ini sama dengan yang dijelaskan sebelumnya.
  • Klik simpan & tampilkan untuk langsung menjualnya, klik simpan & arsipkan jika kamu ingin menjualnya lain waktu.

5. Pilih Jasa Kirim

Pilih jasa pengiriman yang diinginkan.
Pilih jasa pengiriman yang diinginkan. Sumber: Pexels

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan sebelum menjual produk di Shopee adalah memilih jasa pengiriman yang akan digunakan. Telah tersedia berbagai macam jasa pengiriman yang bisa digunakan. Nah, setiap kamu mengaktifkan jasa kirim baru di level toko, jangan lupa untuk mengaktifkannya di level produk ya!

Jasa pengiriman level toko:

  • Seller Centre: Kunjungi website – pilih jasa kirim saya. Setelahnya, kamu bisa memilih jasa kirim yang ingin dinonaktifkan atau diaktifkan.
  • Aplikasi Shopee: Buka aplikasi – pilih saya – pilih toko saya – pilih jasa kirim saya. Kamu juga bisa melakukan penonaktifan atau pengaktifan pada jasa kirim seperti di Seller Centre.

Jasa pengiriman level produk:

  • Seller Centre: Kunjungi website – klik produk saya – pilih produk yang akan diatur jasa pengirimannya. Pilih ubah – pengiriman. Setelahnya, kamu bisa mengatur jasa kirim yang akan dinonaktifkan atau diaktifkan.
  • Aplikasi Shopee: Buka aplikasi – pilih saya – asisten penjualan – produk saya – pilih produk yang ingin diubah jasa kirim. Klik ubah produk – ongkos kirim. Setelahnya, kamu bisa memilih jasa kirim yang ingin dikatifkan. Setelah itu, simpan.

6. Masukkan Rekening

Jangan lupa masukkan rekening bank.
Jangan lupa masukkan rekening bank. Sumber: Pexels

Cara terakhir yang harus dilakukan ketika kamu ingin menjual produk di Shopee adalah memasukkan rekening. Kamu diharuskan untuk memasukkan rekening dengan tujuan agar pencairan dana terhadap penjualanmu nantinya masuk ke dalam rekening tersebut. Nah, cara memasukkan rekening ini antara lain.

  • Pilih rekening bank di Seller Centre. Adapun menggunakan aplikasi Shopee, pilih pengaturan saldo penjual.
  • Klik tambah rekening bank atau rekening bank untuk menambahkan rekening yang kamu gunakan tersebut.

Tips Menjual Produk di Shopee

Nah, setelah mengetahui cara-cara yang harus kamu lakukan jika ingin menjual produk di Shopee, berikut akan dijelaskan beberapa tips agar produkmu tersebut menjadi laku di pasaran. Langsung saja, berikut tips-tipsnya.

1) Tetapkan Harga yang Kompetitif

Tips #1 untuk meningkatkan penjualan produkmu adalah menetapkan harga produk yang kompetitif. Pastikan harga yang kamu patok di dalam produk yang kamu jual tersebut tidak kemahalan atau kemurahan.

2) Pasang Informasi Produk yang Akurat

Tips #2 ketika ingin menjual produk di Shopee adalah dengan memasang informasi mengenai produk yang akurat dan detail. Kamu bisa memulainya dengan mendeskripsikan produk sesuai kenyataannya. Jangan sekali-kali melebih-lebihkan produk, padahal di dalam kenyataannya produk tersebut memiliki kualitas yang jelek.

3) Promosi di Media Sosial

Tips #3 ketika menjual produk di Shopee dan agar laku keras adalah dengan memasang promosi sosial media milikmu. Manfaatkan semua media sosial yang kamu punya sebagai media marketing produk yang dijual tersebut.

4) Buat Voucher Toko

Tips #4 yang bisa kamu terapkan ketika ingin menjual produk di Shopee adalah dengan membuat voucher toko. Dibuatnya voucher ini agar bisa menarik perhatian buyer. Nah, cara memasang voucher toko ini sangat mudah. Kamu hanya perlu klik saya – toko saya – promosi saya – voucher. Silakan buat voucher toko mulai dari tipe, besaran diskon, ketentuan produk, dan sebagainya.

5) Gratis Ongkir

Tips #5 yang bisa diikuti untuk menaikkan penjualan tokomu adalah memberikan bonus gratis ongkir. Umumnya buyer akan merasa senang jika di dalam toko terdapat diskon berupa gratis ongkir ini. Nah, kamu juga bisa memberikannya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

6) Naikkan Produk

Tips #6 untuk meningkatkan penjualan produkmu hingga laris manis adalah menaikkan produk. Fitur ini bisa kamu gunakan, sehingga produkmu tersebut akan muncul di hasil mesin pencarian. Cara untuk menggunakan fitur ini sangat mudah. Kamu hanya perlu klik saya – toko saya – pilih produk – naikkan produk.

7) Variasi Produk

Tips #7 ketika kamu ingin menjual produk di Shopee sehingga banyak dibeli adalan menambahkan variasi produk yang dijual. Hal ini dilakukan agar buyer tidak bosan dan bisa memilih produk-produk lainnya. Kamu bisa memvariasikannya dengan warna, ukuran, dan sebagainya.

8) Berikan Copywriting Menarik

Tips #8 atau terakhir jika kamu ingin menjual produk di Shopee dan mampu menarik banyak pembeli adalah memberikan copywriting yang menarik. Dengan memaksimalkan copywriting, pembeli nantinya akan merasa tertarik dengan produkmu tersebut. Kamu bisa membuat headline yang menjual, deskripsi produk yang lengkap dna lugas, gambar menarik, dan lain sebagainya.

Nah, jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses dengan usahamu itu juga semakin besar, ikuti kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana melipatgandakan usahamu, merencang pengembangan usaha, hingga strategi penjualan dan pemasaran yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan didampingi mentor yang sangat berpengalaman, kamu bisa mendapatkan kurus tersebut di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal karena tidak mengikuti kursus tersebut. Buat bisnismu semakin maju dengan ikuti kursus ini sekarang juga, diskon 72% juga loh!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *