Tanggal:04 May 2024
tips foto produk

10 Tips Foto Produk Baju Untuk Menarik Pelanggan

Berniat untuk membuka bisnis di bidang fashion? Jika iya, kamu perlu mengetahui tips foto produk baju yang baik. Foto produk yang dipublikasikan melalui toko online berperan penting dalam mendukung bisnis online kamu. Misalnya, foto produk baju. Tentunya untuk memberikan kenikmatan visual yang menarik minat banyak pengunjung dan membuat mereka tertarik untuk membeli, kamu perlu mengetahui bagaimana tips foto produk baju.

Foto produk baju yang bagus akan memberikan efek positif bagi bisnis yang kamu jalani. Selain karena foto produk dapat menarik banyak pengunjung untuk membeli suatu produk, foto produk juga bagus untuk membangun identitas merek. Kamu juga mampu menjaga loyalitas dari para pelanggan.

Tips Foto Produk Baju Yang Bikin Jualanmu Laris Manis

Ilustrasi Tips Foto Produk (Sumber: Freepik.com)

Untuk mendapatkan foto baju yang bagus, kamu perlu menggunakan cara yang tepat. Dengan foto yang bagus pasti bisa menarik banyak konsumen untuk membeli pakaian tersebut. Yuk, gunakan tips dari Vocasia berikut ini.

1. Perhatikan Kerapihan Baju

Kesan pertama saat membeli pakaian adalah tampilannya. Pakaian yang rapi dan bersih pasti lebih baik daripada yang kusut. Untuk melakukan itu, kamu benar-benar harus memperhatikan detail masalah ini. 

Jika perlu, kamu bisa menyetrika pakaian terlebih dahulu sebelum di foto. Pakaian bagus dan rapi tidak akan membuat kamu repot untuk melakukan editan photoshop lagi. Untuk menjaga kebersihan dan kerapihan pakaian selama proses pemotretan, kamu bisa menggunakan lift roller.

Baca Juga: Ketahui Fungsi White Balance Dalam Fotografi!

2. Gunakan Bantuan Maneken (Mannequin)

Maneken (Sumber: Freepik.com)

Kamu bisa menggunakan maneken untuk menghasilkan foto pakaian yang bagus. Kamu dapat menggunakan half body atau full body sesuai dengan kebutuhan. Disarankan untuk menggunakan maneken, untuk menunjukkan kepada calon pembeli sebaik mungkin kesesuaian bentuk baju tersebut.

Selain itu, penggunaan maneken juga baik untuk menunjukkan kepada calon pembeli bahwa mereka sedang mengenakan pakaian tersebut. Penggunaan maneken juga bisa membuat hasil foto terlihat lebih profesional nantinya.

3. Gunakan Model

Selain menggunakan mannequin, kamu juga bisa menggunakan model untuk mengenakan pakaian tersebut. Kamu bisa menggunakan jasa model yang senada dengan bajunya. Produk yang terlihat pas dengan modelnya membuat pakaian tersebut terlihat lebih bagus di mata calon pembeli. Penggunaan model memudahkan kamu dalam pemberian instruksi posisi. Model dapat melakukan banyak pose saat kamu mengambil foto menggunakan berbagai angle terbaik.

4. Pilih Kamera Terbaik

Ilustrasi Kamera DSLR (Sumber: Freepik.com)

Untuk menghasilkan foto produk pakaian yang bagus, kamu harus memilih kamera yang terbaik. Setidaknya cari kamera dengan sensor gambar yang bagus, ISO tinggi, dan autofokus cepat. Tentu saja, resolusi tinggi sangat penting saat membuat gambar produk.

Kamu bisa menggunakan kamera DSLR untuk menghasilkan gambar produk yang memuaskan. Misalnya, Nikon D800, Nikon D600, Nikon D7100, Canon EOS 5D Mark III, Canon EOS 6D, Canon EOS 70D, Sony Alpha A99, dan sebagainya.

5. Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan merupakan faktor yang sangat penting dalam fotografi sebuah produk. Alasannya karena dapat memengaruhi kualitas gambar dan produk yang ingin ditampilkan. Namun, mengatur pencahayaan tidaklah mudah. Kamu membutuhkan keterampilan khusus untuk menghasilkan gambar atau foto yang memiliki pencahayaan yang baik,

Karena itu, kamu dapat mulai menambahkan cahaya saat memotret dengan ring light. Alat ini mudah didapat dan tidak terlalu sulit untuk digunakan. Kamu yang masih pemula pasti akan bisa menggunakannya.

6. Memperhatikan Gambar Latar Belakang atau Background

Ilustrasi Foto Produk Elegan dengan Memperhatikan Background (Sumber: Freepik.com)

Pemilihan gambar latar belakang atau background sangat penting dilakukan dalam tips foto produk baju. Ini tidak hanya direkomendasikan untuk gambar produk yang diunggah ke media sosial, tetapi juga untuk tujuan promosi lainnya. Misalnya promosi pamflet, website, banner, katalog, dan sebagainya.

Jika kamu memilih background yang netral atau monokrom, hasil foto akan terlihat lebih elegan dan profesional. Selain itu, konsumen lebih fokus pada produk. Kamu juga bisa memasang gambar background pada produk dengan aksen yang senada dengan produk.

Baca Juga: Apa Itu Sunny 16 Rule? Berikut Penjelasan Untuk Kamu Penggemar Fotografi

7. Atur Posisi Kamera

Setelah tips tentang produk, kamera, model, atau background, kamu bisa langsung mulai mengatur posisi kamera. Sesuaikan kamera dengan baik untuk mendapatkan foto produk yang bagus. Gunakan juga tripod yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan hasil akhir.

Ketahui juga tren fotografi yang sedang berkembang. Kamu dapat menemukan referensi citra merek yang baik dengan meneliti berbagai platform media sosial yang hebat saat ini. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, TikTok dan lain sebagainya.

8. Perhatikan Detail Ukuran Produk

Saat kita mengambil foto produk, yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan detail ukuran produk. Informasi produk sangat penting untuk menggambarkan kualitas produk.

Misalkan kamu ingin mengambil foto produk tentang outer. Maka dari itu, kamu dapat menempatkan inner di dalam outer tersebut sehingga calon pembeli tahu bahwa mereka dapat mencampur dan mencocokkan bagian luar sesuka mereka. Mainkan saja ide tanpa batas.

9. Perhatikan Pengambilan Foto dari Banyak Sudut

Selanjutnya, kamu benar-benar harus memperhatikan tentang menangkap gambar dari berbagai sudut. Ini harus dilakukan untuk mencapai dimensi yang sempurna. Jangan takut untuk terus bereksperimen untuk menemukan sudut yang tepat dan sesuai untuk pakaian tersebut.

Sebagai saran, gunakan teknik datar untuk mendapatkan gambar produk pakaian terbaik. Teknik ini tidak lekang oleh waktu dan sangat mudah diterapkan. Hanya dibutuhkan sedikit kreativitas untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

10. Lakukan Editing

Terakhir, setelah selesai mengabadikan foto produk, kamu bisa langsung menyelesaikan proses editing. Meski tidak wajib, diharapkan dengan memberikan sentuhan akhir pada proses editing, akan diperoleh hasil foto yang lebih baik.

Sangat penting bahwa kamu tidak berlebihan saat mengedit foto. Pengeditan foto yang berlebihan pasti hanya akan mengecewakan calon pembeli. Apalagi jika produk yang ada di gambar tidak sesuai dengan harapan pembeli. Jangan sampai kamu mendapatkan feedback buruk dari para konsumen.

Baca Juga: Mengenal Dynamic Range Dalam Fotografi

Itu dia tips foto produk baju untuk bisnis fashion kamu. Cara foto produk baju sebenarnya tidak jauh berbeda dengan produk lainnya. Hanya saja, kamu memang perlu mencermati elemen apa saja yang bisa membuat citra produk menjadi lebih menarik. Selain baju yang rapi, kamera yang bagus juga sangat penting.

Apabila kamu tertarik untuk belajar foto produk dengan baik, kamu bisa mengikuti kelas Memahami Dasar Fotografi Menggunakan Kamera Handphone dan DSLR” yang disediakan oleh Vocasia! Dijamin, kamu akan mempelajari basic memotret yang canggih! Buruan cek dan daftar kelasnya!

Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *