Tanggal:18 May 2024

8+ Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh!

Menjaga imunitas tubuh memang sangat penting, dengan menjaga pola makan yang teratur serta diimbangi dengan berolahraga. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi air putih yang cukup juga sangat penting untuk mencukupi asupan cairan harian.

Minum air putih 2 liter setiap hari telah disarankan oleh Kementerian Kesehatan, manfaatnya tidak sekadar bisa menghindarkan kita dari rasa haus saat beraktivitas. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak jika mengalami beberapa kondisi, seperti setelah berolahraga, saat cuaca panas, atau ketika mengalami demam, diare, dan muntah-muntah.

Kamu perlu ingat bahwa tubuh orang dewasa terdiri dari 60 persen air dan darah kita 90 persen air. Jadi, memenuhi kebutuhan konsumsi air putih itu sangat penting. Sebenarnya, ada beragam jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. 

Namun, jenis minuman yang paling baik dan disarankan untuk rutin dikonsumsi adalah air putih. Pasalnya, cairan ini bebas kalori dan gula sehingga dianggap lebih sehat. Orang dewasa disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter air setiap hari. 

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

Ilustrasi Rajin Mengonsumsi Air Putih (Pexels)

Air putih sangat dikenal dengan beragam manfaatnya bagi tubuh, termasuk sebagai obat panas dingin. Nyatanya, ada sejumlah manfaat kesehatan dari rutin minum air putih yang sayang untuk dilewatkan, di antaranya:

1. Mencegah Dehidrasi

Menjaga asupan cairan dengan minum air putih penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Kondisi ini tidak boleh disepelekan karena bisa meningkatkan risiko, walaupun terlihat ringan, kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, kejang, dan bahkan syok yang dapat membahayakan nyawa.

2. Mencegah Kerusakan Ginjal

Minum air putih 2 liter air setiap hari dapat mencegah kerusakan, seperti batu ginjal, karena organ ini berfungsi mengatur cairan dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih yang cukup dapat mencegah terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah menderita penyakit tersebut. Hal ini karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal, misalnya asam urat.

Baca JugaManfaat vitamin c untuk kesehatan

3. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Air adalah bagian terbesar dari darah. Jika kamu kekurangan cairan tubuh, darah akan lebih kental dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium, yang ada di dalam darah. Kurangnya cairan tubuh juga bisa berdampak pada menurunnya tekanan darah. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi air putih dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Menjaga Kesehatan Sendi dan Otot

Konsumsi air putih secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan tubuh pun tidak cepat lelah saat bergerak atau beraktivitas. Konsumsi air putih secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan tubuh pun tidak cepat lelah saat bergerak atau beraktivitas.

Tulang rawan kita mengandung sekitar 80 persen air. Tulang ini ditemukan di persendian dan tulang cakram. Memenuhi kebutuhan minum air 2 liter setiap hari dapat mengurangi gesekan di persendian yang menyebabkan nyeri.

5. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air putih diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

6. Memelihara Kesehatan Kulit

Seiring bertambahnya usia dan polusi yang meningkat dari hari ke hari, penuaan kulit semakin terjadi. Namun, ada manfaat minum air putih setiap hari, yaitu dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, lho. Selain itu, kurangnya cairan tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih agar kulit dan bibir tetap terhidrasi. Selain itu, minum cukup air putih juga dapat menjaga dan mengembalikan kelembaban bibir serta kulit.

7. Menjaga Sistem Pencernaan

Ilustrasi Meminum Air Putih Menjaga Kesehatan (Pexels)

Rutin minum air putih bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Saat asupan cairan tidak cukup, risiko terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit akan menjadi lebih tinggi. Tak hanya itu, Kurangnya asupan cairan diketahui dapat mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk sembelit maupun susah BAB setelah operasi. Untuk mencegahnya, kamu disarankan untuk rutin mengonsumsi air putih.

Baca Juga: Manfaat infuse water!

8. Meningkatkan Stamina

Tubuh membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sumber energi tidak hanya diperoleh dari makanan. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membuat tubuh tidak mudah lemas selama bergerak dan beraktivitas. Asupan cairan bisa mencegah tubuh menjadi lemas dan kehabisan energi.

9. Meningkatkan Performa Saat Olahraga

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa manfaat minum air putih lebih banyak dapat meningkatkan kinerja fisik. Salah satu ulasan menemukan bahwa dehidrasi yang berlangsung lebih dari 30 menit saja dapat mengurangi kinerja fisik kamu. Jadi, sangat penting mencukupi kebutuhan minum air putih, terutama selama aktivitas fisik intens. Kehilangan sedikitnya 2 persen dari cairan tubuh kamu dapat secara signifikan mengganggu kinerja fisik.

Baca JugaTips produktif di pagi hari!

10. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selain menjaga tekanan darah, tercukupinya cairan tubuh juga dapat mencegah kamu dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Hal ini karena konsumsi air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi yang bisa berdampak pada terganggunya fungsi organ tubuh, termasuk jantung, dan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah akan terjaga.

Tips Memenuhi Cairan Tubuh

Rutin minum air putih bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Biar kebutuhan asupan cairan tubuh bisa terpenuhi, coba terapkan beberapa tips berikut ini: 

  • Biasakan minum air putih pada waktu tertentu setiap hari, misalnya saat bangun tidur, sebelum dan setelah makan, serta sebelum tidur di malam hari. 
  • Sediakan gelas atau botol yang diisi air di meja atau di dalam tas. 
  • Jika dibutuhkan, kamu bisa menambah irisan buah ke dalam air putih agar terasa menyegarkan. 

Itulah tips memenuhi cairan tubuh dan apa saja manfaat sehat minum air putih. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, berolahraga, dan konsumsi multivitamin jika dibutuhkan. Tetap jaga kesehatan, ya.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *