Tanggal:20 June 2024

Franchise Pochajjang, Restoran Korea Berkonsep All You Can Eat

Franchise Pochajjang.

Demam Korea semakin merambah ke seluruh masyarakat Indonesia. Tak terbatas gender ataupun umur. Mereka sangat menyukai segala hal berbau Korea. Entah itu produk elektroniknya, idola KPOP dan musik, fashion, dramanya, atau bahkan sajian kulinernya sekalipun. Adanya hal tersebut, tak mengherankan memang jika akhirnya banyak masyarakat Indonesia yang mencoba untuk ‘meniru’. Misalnya saja bagaimana para aktris atau aktor berpenampilan di drama yang mereka mainkan. Darinya, masyarakat Indonesia akhirnya berlomba-lomba mengkiblatkan diri pada fashion Korea yang dinilai apik.

Atau mengenai sajian kuliner khas Korea. Banyak di drama atau film Korea, sering di dalamnya menunjukkan para pemerannya sedang menikmati sajian kuliner yang tampak lezat dan menggiurkan. Tak heran jika akhirnya para penontonnya di Indonesia (yang dirasa cukup banyak jumlahnya) menjadi tertarik untuk mencoba kuliner tersebut. Nah, untuk memenuhi keinginan tersebut, mereka pun tak perlu akhirnya bersusah-payah terbang menuju Korea hanya untuk mencicipi makanan khas negeri tersebut. Hal itu karena di Indonesia pun, telah terbuka Pochajjang, restoran yang menyajikan berbagai menu khas Korea dengan rasa yang benar-benar autentik dan tentunya sangat terjangkau di kantong masyarakat Indonesia.

Tidak seperti restoran Korea lainnya yang membandrol sajiannya cukup mahal, Pochajjang yang berkonsep tenda ini, dirasa sangat ekonomis bagi masyarakat Indonesia. Belum ditambah dengan fakta bahwa menu-menu yang dijual di Pochajjang ini juga cukup beragam, tak kalah dengan restoran Korea bintang lima. Nah, melihat adanya hal tersebut, tentu saja tak lagi mengherankan jika akhirnya banyak masyarakat Indonesia memilih untuk memuaskan keinginan mereka mengonsumsi makanan Korea di Pochajjang ini, dibandingkan dengan restoran lainnya.

Hal itu pulalah yang menyebabkan akhirnya kedai Pochajjang selalu dipadati oleh konsumen. Nah, melihat hal tersebut, tentunya akan sangat menguntungkan buatmu jika kamu juga membuka franchise Pochajjang ini. Sangat tepat waktunya, karena Pochajjang ini juga sedang membuka kemitraan bagi masyarakat yang inging bergabung dan menjadi mitra mereka dalam mengembangkan kedai Pochajjang. Lalu, bagaimanakah caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Tentang Pochajjang

Tentang Pochajjang.
Tentang Pochajjang. Sumber: Pexels

Pochajjang adalah kedai yang menjual makanan khas Korea. Kata ‘pochajjang’ sendiri berasal dari bahasa Korea yang berartikan makanan tenda terbaik. Darinya, maka tak heran jika konsep bangunannya berupa tenda dengan memanfaatkan lahan . Pochajjang sendiri tergabung dengan Kulo Group, perusahaan yang telah membawahi banyak usaha kuliner, seperti Kopi Kulo, Xiboba, Kitamura Shabu Shabu, dan banyak lainnya. Pochajjang didirikan oleh Michelle Sulistyo.

Pochajjang menerapkan konsep all you can eat. Banyak menu kuliner khas Korea yang tersedia. Namun, menu yang menjadi andalan mereka adalah menu BBQ. Kedai Pochajjang didirikan pertama kali pada tahun 2019 di Gandaria. Akibat kepopulerannya di telinga masyarakat, Pochajjang dapat berkembang pesat. Terbukti pada tahun 2020, Pochajjang telah berhasil membuka 100 outletnya di seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk menghindari kerugian karena berkonsepkan all you can eat, Pochajjang tentunya membuat sebuah peraturan yaitu waktu makan yang dibatasi hanya 1 jam 30 menit. Jadi, para pengunjungnya hanya diberikan waktu selama itu untuk bisa makan. Untuk waktu sebesar itu termasuk cukup untuk sebuah kedai berkonsepkan all you can eat. Jika sudah habis, maka mereka harus meninggalkan tenda Pochajjang. Selain untuk menghindari kerugian, adanya peraturan waktu ini juga dimaksudkan agar meja bisa digunakan untuk bergantian dengan pengunjung lainnya, karena biasanya setelah makan, pengunjung masih bisa berduduk santai hingga berjam-jam lamanya. Di Pochajjang ini tidak berlaku. Selain itu, ada peraturan lainnya yaitu setiap pengujung harus menghabiskan makanan yang mereka pesan. Jika tidak habis, mereka akan didenda per 50 gramnya.

2. Menu di Pochajjang

Menu.
Menu. Sumber: Pexels

Sebelum mengajukan kerjasama, tentunya kamu harus mengetahui dahulu mengenai menu apa saja yang diperjualbelikan di Pochajjang ini. Nah, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu menu andalan yang biasa dipesan adalah menu BBQ. Namun, di samping itu, ada paket menu lainnya seperti paket premium beef dengan harga Rp 99 ribu dan paket wagyu dengan harga Rp 129 ribu. Harga yang dibandrol tersebut belum temasuk pajak di dalamnya.

Adapun untuk paket premiun, pembelinya akan mendapatkan bahan baku makan menggunakan daging sapi berkualitas premium seperti beef, beef honey soy, chicken bulgogi, dan beef spicy bulgogi. Untuk paket wagyu pun hampir sama menu yang ditawarkan. Namun dengan tambahan berupa wagyu slice beef dan bulgogi. Nah, biasanya paket andalan yang sering dipesan adalah paket wagyu ini.

Selain menu utama tersebut, Pochajjang juga menghadirkan menu-menu tambahan seperti kimchi, bawang, sayur, saos, bancheon, japchae, dan kaarage. Adapun untuk minumannya biasanya disesuaikan dengan paket yang dipilih. Sebagai penutup, Pochajjang menghadirkan menu berupa es krim dan dessert Pochajjang.

3. Syarat Franchise Pochajjang

Syarat franchise.
Syarat franchise. Sumber: Pexels

Setelah mengetahui menu yang dijual, maka selanjutnya adalah mengetahui persyaratan apa saja yang harus kamu penuhi ketika ingin mengajukan kerjasama dan membuka franchise Pochajjang ini. Nah, untuk kamu yang berminat, syarat yang harus kamu penuhi adalah biaya franchise dan lokasi usaha dengan luas paling tidak 200 meter persegi. Luas tersebut sudah termasuk storage dan dapur ya. Selain kedua hal tersebut, kamu juga biasanya diminta untuk menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP dan lainnya.

Lebih lanjut mengenainya, kamu bisa langsung menghubungi pihak marketing Pochajjang. Setelah itu, kamu bisa langsung mengajukan lokasi usaha. Biasanya pihak Pochajjang akan menyurvei apakah lokasi tersebut sesuai atau tidak. Jika sesuai, maka kamu bisa langung ke tahap selanjutnya, seperti pembicaraan kontrak, membayar biaya franchise, dan grand opening.

4. Biaya Franchise Pochajjang

Biaya franchise.
Biaya franchise. Sumber: Pexels

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu syarat yang harus kamu penuhi ketika ingin membuka franchise Pochajjang ini adalah membayarkan biaya franchisenya. Nah, kira-kira, berapakah besaran biaya franchise yang harus kamu bayarkan ke pihak manajemen Pochajjang? Nah, untuk kamu yang berminat, kamu harus menyiapkan biaya franchise sebesar Rp 800 juta hingga 1 M. Biaya tersebut sudah termasuk lisensi brand selama 3 tahun ya! Kamu juga nantinya akan dikenakan biaya royalti sebesar 5% tiap bulannya.

5. Cara Franchise Pochajjang

Cara franchise.
Cara franchise. Sumber: Pexels

Setelah mengetahui persyaratan dan biaya yang harus kamu penuhi dan bayarkan, maka selanjutnya adalah mengetahui prosedur atau cara mengajukan kerjasama dan membuka franchise Pochajjang ini. Untuk kamu yang berminat, kamu bisa langsung menghubungi pihak manajemen Pochajjang melalui alama email mitrapochajjang@kulogroup.com. Selain itu, kamu juga bisa langsung mengunjungi kantornya di Kulo Group, Jl Cipeter Raya No. 26, RT 004 RW 003, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, 12410.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan dibawah ini!.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *