Tanggal:18 May 2024

Fungsi-Fungsi Manajemen, Ada Apa Aja Ya?

Sebuah manajemen sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan. Tanpa adanya manajemen, pastinya akan sulit untuk mengatur dan mengelola hal-hal yang harus dikelola dalam perusahaan. Selain perusahaan, banyak sekali kegiatan atau hal-hal lain yang membutuhkan sebuah manajemen. Beberapa contohnya adalah sekolah, usaha, bahkan keluarga besar yang mungkin membutuhkan sebuah tim manajemen lho! 

Lalu, yang dimaksud fungsi dari manajemen itu apa sih? Fungsi manajemen itu adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan kegunaannya dan melaksanakan setiap tahapan ditentukan dalam melaksanakan setiap aktivitas. 

Fungsi-fungsi ini sendiri berjumlah empat, ada apa aja sih? Fungsi-fungsi ini berjudul Planning, Organizing, Actuating dan Controlling atau bisa disingkat sebagai ‘POAC’. Hal tersebut sendiri didapat dari sumber buku yang berjudul Pengantar Manajemen oleh Roni Angger Aditama.

Ingin tahu lebih detailnya? Berikut penjelasan dari fungsi-fungsi manajemen ‘POAC’.

1. Planning 

Fungsi manajemen yang pertama ini memiliki fungsi untuk mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi di masa depan, tidak hanya itu tetapi juga menentukan tugas, dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya. Hampir sama dengan definisi atau istilah di atas, berikut fungsi-fungsi dari Planning:

  • Menentukan Titik Tolak dan Tujuan Usaha. 
  • Memberikan Pedoman, Pegangan dan Arah. 
  • Mencegah Pemborosan Waktu, Tenaga dan Material. 
  • Memudahkan Pengawasan. 
  • Kemampuan Evaluasi Yang Teratur. 
  • Sebagai Alat Koordinasi. 

2. Organizing 

Setelah perencanaan, pada tahap pengorganisasian ini, kamu akan belajar bahwa Organizing itu berarti proses kegiatan penyusunan atau alokasi sumber daya organisasi-organisasi dengan tujuan perusahaan yang berada di dalam visi dan misi perusahaan, sumber daya organisasi, dan lingkungan bisnis perusahaan tersebut. Tanpa Organizing, akan sulit manajemen akan berjalan di perusahaan.

3. Actuating 

Kalau fungsi yang satu ini apa ya? Pelaksanaan atau Actuating merupakan tindakan yang bertujuan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Dengan kata lain, fungsi manajemen pelaksanaan adalah proses dimana implementasi dari segala bentuk rencana atau konsep yang telah dirancang sebelumnya dari level manajerial maupun operasional dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang pastinya lebih baik!

4. Controlling 

Fungsi manajemen yang satu ini memiliki tujuan untuk melakukan kontrol atau evaluasi terhadap kinerja organisasi lho! Fungsi Controlling juga berguna untuk memastikan bahwa apa semua hal yang sudah direncanakan, disusun, dan dijalankan dapat berjalan sesuai dengan aturan main atau prosedur yang telah dibuat. Tidak hanya itu, fungsi manajemen ini dapat memonitor kemungkinan ditemukannya penyimpangan dalam praktik pelaksanaannya, hal ini terjadi agar segera terdeteksinya lebih dini untuk mendapatkan upaya pencegahan dan perbaikan.

Baca juga :

Manajemen Bisnis: Pengertian, Jenis, Dan Fungsi

Manajemen Keuangan : Pengertian, Fungsi, Dan Tips Mengelola

8 Cara Manajemen Waktu Yang Baik, Terbukti Ampuh !

Sekarang kamu sudah tahu nih fungsi-fungsi dari manajemen, jangan lupa dipahami dan dipelajari kembali ya!

Referensi: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5615576/fungsi-manajemen-beserta-penjelasannya-secara-lengkap
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *