Tanggal:26 July 2024

13 Fungsi Kemasan Produk Beserta Manfaatnya

Kemasan merupakan salah satu bagian utama dalam menjual sebuah produk. Tanpa adanya kemasan, produk kita akan terlihat biasa saja dan konsumen menganggap kita tidak serius dalam berjualan. Melalui kemasan, kita bisa memasarkan produk kita dengan lebih mudah dan semakin dikenal masyarakat umum.

Mengapa kemasan begitu penting dalam menjual sebuah? Karena kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen. Dengan kemasan yang out of the box atau berbeda dari kompetitor lainnya, hal itu akan menarik konsumen untuk membeli produk kita. Selain itu, apa saja sih fungsi kemasan dan juga manfaatnya? Artikel ini akan mengupas tuntas apa saja manfaat kemasan dari suatu produk. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

13 Fungsi Kemasan Produk Beserta Manfaatnya

1) Menunjukkan Identitas Brand

Fungsi utama dari kemasan sebuah produk adalah menunjukkan identitas dari sebuah brand. Alasannya karena kemasan menjadi hal pertama yang dilihat oleh konsumen. Dengan begitu, kemasan yang baik akan memberikan kesan yang positif juga kepada konsumen. Kemasan setiap produk pastinya memiliki ciri khas masing-masing seperti logo, warna, bentuk yang menunjukkan jati diri brand tersebut.

2) Melindungi Produk 

Fungsi kedua dari kemasan produk adalah melindungi produk tersebut. Tanpa adanya kemasan, keamanan dari produk kita pastinya tidak akan terjamin. Apalagi pada saat memasuki tahap distribusi, pastinya akan sangat riskan dan produk kita bisa rusak begitu saja tanpa adanya perlindungan.

3) Memudahkan Pengiriman

Selain memberikan perlindungan kepada produk, kemasan juga berfungsi agar pengiriman dapat dilakukan dengan mudah. Khususnya produk makanan ataupun juga minuman, pastinya kita tidak akan membawanya dengan tangan kosong. Tanpa adanya kemasan, bisa saja makanan atau minuman tersebut tumpah atau hancur. Kemasan makanan atau minuman juga harus memperhatikan kemudahan konsumen dalam mengkonsumsi produk tersebut.

4) Alat Promosi

Fungsi kemasan yang selanjutnya adalah sebagai alat promosi. Sebaik-baiknya kualitas dari produk kita, pastinya akan sia-sia jika tidak ada orang yang mengetahuinya. Oleh sebab itu, kemasan berperan besar dengan menjadi media promosi. Dengan mendesain kemasan yang semenarik mungkin, konsumen akan ingat dan mengenal produk kita melalui kemasan yang unik dan otentik.

5) Memberikan Kenyamanan kepada Konsumen

Fungsi berikutnya dari kemasan produk dapat memberikan kenyamanan kepada konsumen dalam berbagai aspek. Mulai dari kenyamanan pada saat digunakan atau dikonsumsi, distribusi produk, dan juga keamanan produk. Dengan begitu, tidak akan ada kekhawatiran baik dari pihak produsen, distributor, dan juga konsumen.

6) Daya Tarik Dari Sebuah Produk

Kemasan yang memiliki desain menarik pastinya memiliki daya tarik tersendiri di mata konsumen. Dengan demikian, kemasan memiliki peranan yang cukup vital dalam menentukan apakah penjualan produk ini berhasil atau tidak.

7) Memberikan Efisiensi dalam Menyimpan Produk

Kemasan yang memiliki ukuran yang pas akan memberikan keefisienan kepada konsumen dalam menyimpan produk. Biasanya agar produk terjaga selalu, konsumen menyimpan produk tersebut dengan kemasannya. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil, hal itu akan memudahkan konsumen dalam menyimpan dan tidak memakan banyak tempat. 

8) Memberikan Nilai Lebih

Dibandingkan dengan produk yang tidak memakai kemasan loose pack. Pastinya produk yang memiliki kemasan akan memiliki nilai lebih dan memberikan daya tarik tersendiri di pandangan konsumen. Membuat konsumen lebih percaya terhadap produk kita dibandingkan produk lain yang tak memakai kemasan.

9) Menginformasikan Konsumen Tata Cara Membuang Kemasan

Pastinya setiap kemasan produk memiliki material yang berbeda-beda walaupun sama-sama menggunakan plastik; pastinya jenis plastiknya berbeda. Oleh karena itu, kemasan juga berfungsi untuk menginformasikan kepada konsumen bagaimana tata cara pembuangan kemasan tersebut agar tidak mencemari lingkungan. 

Apalagi pada saat ini banyak perusahaan yang fokus membuat kemasan yang mudah terurai dan ramah lingkungan. Kemasan yang eco-friendly seperti itu pastinya memiliki nilai lebih sendiri. 

10) Memberikan Informasi Produk

Biasanya kemasan suatu produk mencantumkan informasi dari produk tersebut. Mulai dari komposisi, cara penggunaan, efek samping, dan juga beberapa hal lain terkait produk tersebut. Hal ini akan memudahkan konsumen mengetahui produk tersebut lebih dalam.

11) Memberitahu Tanggal Kedaluwarsa

Fungsi kemasan selain memberikan informasi tentang produk tersebut secara rinci adalah adanya tanggal kadaluwarsa. Informasi ini ada khususnya produk yang berbentuk makanan maupun obat-obatan. 

12) Menciptakan Permintaan Pelanggan

Brand-brand besar biasanya menggunakan kemasan untuk menciptakan permintaan pelanggan. Dengan menciptakan kemasan yang menarik dan juga limited, hal ini akan membuat konsumen menjadikan kemasan kita menjadi koleksi yang berharga.

13) Mempertahankan Harga Jual

Fungsi terakhir dari kemasan suatu produk adalah mempertahankan harga jual. Mengapa bisa begitu? Karena biasanya jika kita ingin menjual kembali produk yang sudah kita beli, harganya tidak akan turun jauh jika masih ada kemasannya. Berbeda jika sudah tidak ada kemasannya, harganya akan memiliki selisih lebih rendah. Contohnya seperti produk-produk elektronik dan juga diecast.

Nah, buat kalian yang ingin meningkatkan bisnis dengan mendesain kemasan yang cocok untuk produk kalian. Sobat bisa mengikuti kursus online yang diadakan oleh Vocasia yang membahas “Memilih Kemasan Produk yang Tepat”. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan tips-tips dan juga materi yang sangat bermanfaat tentang kemasan sebuah produk untuk meningkatkan pemasaran. Yuk, buruan daftar dan dapatkan segala benefitnya, langsung KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *