Tanggal:25 April 2024

Slogan: Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis dan Contohnya

Apa Itu Slogan? Slogan adalah sebuah kalimat pendek atau frasa yang biasa digunakan untuk menggambarkan atau mewakili suatu merek, produk, atau kampanye.

Slogan biasanya digunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk memperkenalkan merek atau produk kepada konsumen dan dapat digunakan untuk mengomunikasikan nilai-nilai merek atau produk tersebut dengan cara yang mudah diingat dan mudah dipahami. Slogan yang kuat dan efektif dapat membantu merek atau produk menjadi lebih dikenal dan lebih mudah diingat oleh konsumen. 

Terdapat beragam macam bentuk slogan yang biasa digunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti slogan tentang pendidikan, kesehatan, motivasi, pemasaran, dan lain-lain. Slogan yang baik diciptakan dengan menggunakan kalimat yang efektif, singkat, dan makna yang disampaikan dapat diterima dengan jelas. 

Selanjutnya, mari kita lihat selengkapnya mengenai pengertian slogan, fungsi, ciri-ciri, jenis-jenis, sampai ke contoh dari slogan itu sendiri. Simak satu-persatu artikel di bawah ini:

Pengertian Slogan

Pengertian slogan secara umumnya adalah kalimat pendek yang dibuat untuk menunjukkan atau mengiklankan sesuatu sesuai dengan tujuannya. 

Slogan sering digunakan untuk menarik perhatian audiens dan slogan itu dijuluki sebagai sinyal atau semboyan. Singkatnya, pengertian slogan ialah suatu frase atau kata-kata yang dapat dipahami dan diungkapkan untuk menarik perhatian masyarakat umum. 

Slogan Menurut Para Ahli

Di bawah ini terdapat beberapa definisi slogan menurut para ahli sebagai berikut:

  1. Menurut Philip Kotler, seorang ahli pemasaran terkenal, slogan adalah frasa atau kalimat pendek yang diucapkan untuk mempromosikan suatu merek atau produk. Slogan harus mudah diingat, memiliki arti yang jelas, dan mampu membedakan merek atau produk dari pesaingnya. 
  2. Menurut Al Ries dan Jack Trout, dua ahli pemasaran terkenal, slogan adalah kalimat yang memuat janji atau manfaat yang akan didapat oleh konsumen ketika membeli produk atau menggunakan jasa. Slogan harus mudah diingat dan mampu membedakan merek dari pesaingnya. 

Menurut kedua definisi di atas, dapat dikatakan bahwa slogan adalah kalimat pendek atau frasa yang digunakan untuk mempromosikan suatu merek atau produk dengan cara yang mudah diingat, mampu membedakan merek atau produk dari pesaingnya, dan menggambarkan karakter, kualitas, atau manfaat yang ditawarkan kepada konsumen.

Fungsi Slogan

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari slogan: 

1) Mempromosikan merek atau produk

Slogan bisa digunakan sebagai bentuk pengenalan merek atau produk kepada konsumen dan membuat merek atau produk menjadi lebih dikenal. 

2) Memajukan kesadaran merek

Dengan slogan yang mudah diingat, konsumen akan lebih mudah mengingat merek atau produk sehingga membuatnya menjadi lebih dikenal.

3) Membedakan merek dari pesaing

Slogan bisa digunakan sebagai perbedaan untuk membedakan merek atau produk dari pesaing dan memperlihatkan keunikan yang dimiliki oleh merek atau produk tersebut. 

4) Menciptakan citra merek

Slogan bisa digunakan untuk membangun citra merek yang positif dan membuat konsumen lebih tertarik untuk menggunakan atau membeli produk tersebut. 

5) Meningkatkan loyalitas konsumen

Dengan slogan yang efektif, konsumen akan lebih mudah terhubung dengan merek atau produk dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek atau produk tersebut. 

Dalam industri periklanan dan pemasaran, slogan sangat berperan penting sebagai langkah strategi branding yang efektif. 

Slogan yang kuat dan efektif dapat membantu merek atau produk menjadi lebih dikenal dan diingat oleh konsumen, serta membedakan merek atau produk dari pesaingnya.

Ciri-Ciri Slogan

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang biasanya dimiliki oleh slogan yang efektif: 

  1. singkat dan mudah diingat;
  2. menarik dan mudah dipahami;
  3. menggambarkan karakteristik atau manfaat produk;
  4. konsisten dengan merek;
  5. memiliki daya tarik emosional; dan
  6. tidak mengandung frasa atau kalimat yang kontroversial atau merugikan.

Dengan memiliki ciri-ciri di atas, slogan dapat membantu merek atau produk menjadi lebih dikenal dan lebih menarik bagi konsumen.

Jenis-Jenis Slogan

Berikut adalah beberapa jenis-jenis slogan: 

  1. slogan yang menggambarkan suatu manfaat produk;
  2. slogan yang menunjukkan keunikan produk; 
  3. slogan yang membangkitkan emosi;
  4. slogan yang mengandung kalimat pendek yang mudah diingat;
  5. slogan yang terkait dengan merek atau produk secara langsung; dan
  6. slogan yang bersifat jenaka atau lucu.

Setiap jenis slogan memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing dan dapat dipilih sesuai dengan merek atau produk yang dipromosikan dan strategi pemasaran yang digunakan.

Contoh Slogan

  1. Contoh slogan brand spesial dari Indomie

Sumber: Zyro

 

  1. Contoh slogan pendidikan

Sumber: ZonaReferensi.com

 

  1. Contoh slogan makanan

Sumber: m.apdut.com

 

  1. Contoh slogan kesehatan

Sumber: Kumpulan Contoh

 

Di atas penjelasan mengenai pengertian slogan, fungsi, ciri, jenis, dan contoh slogan. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah pemahaman Anda. 

Sobat Vocasia, jangan lupa untuk mencoba membuat slogan yang menarik. Selamat mencoba!

Baca Juga: Dapatkan Apapun Dari Orang Lain Dengan Personal Branding

 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *