Tanggal:10 May 2024

Menggiurkan! Gaji Cyber Security di Indonesia dan Luar Negeri

Beberapa waktu lalu, seorang hacker yang mengaku sebagai Bjorka sempat menghebohkan tanah air lantaran aksinya yang membocorkan beberapa data pribadi milik para petinggi negeri. Kebocoran data dan keberhasilan serangan dari hacker tersebut menandakan kurang optimalnya kinerja cyber security yang dimiliki oleh instansi yang berhasil dibobol datanya. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai cyber security dinilai sebagai profesi yang sangat penting dalam menjaga keamanan data dari suatu perusahaan sehingga tidak jarang gaji untuk profesi tersebut pun sangat besar. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian hingga kisaran gaji cyber security di Indonesia dan luar negeri.

Apa Itu Cyber Security

Pengertian Cyber Security (pexels.com)

Istilah cyber security adalah istilah yang sangat luas karena memiliki berbagai turunan makna yang banyak dipergunakan baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Cyber security sendiri mencakup perangkat, jaringan, aplikasi, dan e-commerce. Selain itu, istilah ini juga dapat ditemukan di dunia otomotif, seperti pada autonomous vehicle (AV). Oleh karena itu, jika kamu berniat untuk berkarier di bidang ini maka kamu perlu untuk mengerucutkan fokus dan spesialisasi pekerjaan yang hendak kamu lakukan.

Cyber security juga dapat mencakup best practice dan best process. Sebelumnya, fungsi ini berada di departemen IT yang ada di suatu perusahaan. Namun, dengan perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak saat ini, dunia keamanan siber juga kian mengalami kemajuan dan perubahan. Kebijakan-kebijakan yang dibuat berkaitan dengan cyber security dibuat untuk melindungi data-data yang dimiliki oleh perusahaan, klien, maupun pelanggan. Privasi di sini berarti bahwa cyber security diterapkan dan diperuntukkan untuk melindungi jaringan, aplikasi, dan perangkat yang berisi informasi yang sangat sensitif seperti data pribadi, data keuangan, dan kekayaan intelektual.

Baca juga: Apa Itu Sukuk: Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya!

Ini berarti bahwa bahkan akses atau pengungkapan data yang tidak sah secara tidak langsung dapat meningkatkan risiko konsekuensi yang merugikan. Misalnya tuntutan hukum, denda, bahkan kebangkrutan. Dengan begitu banyak data yang perlu diamankan dan begitu banyak teknologi yang digunakan untuk mengeksploitasi data tersebut, ada banyak jalur karier dan spesialisasi yang bisa dipilih dalam cyber security.

Kisaran Gaji Cyber Security / IT Security

Di Indonesia, Cyber Security Officer bisa mendapatkan gaji Rp5.000.000 – Rp10.000.000 bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan setara S1. Seorang cyber security bisa saja mendapatkan gaji yang lebih tinggi jika memiliki sertifikasi profesional seperti CISM (Certified Information Security Manager) atau CISSP (Certified Information System Security Professional).

Kisaran Gaji Cyber Security (pexels.com)

Di sisi lain, gaji yang diterima oleh seorang cyber security di luar negeri berkisar antara US$90.000 hingga US$150.000 per tahun. Jumlah nominal tidak termasuk peralatan dan tunjangan. Jika kamu bekerja di perusahaan besar, kamu memiliki kesempatan besar untuk memperoleh gaji yang lebih tinggi. Secara lebih rinci, berikut adalah berbagai macam posisi dan spesialisasi cyber security beserta kisaran gajinya.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Menyambungkan HP ke TV? Ini Dia Caranya!

Security Risk Management

Manajemen risiko keamanan memiliki berbagai tugas, di antaranya adalah tugas untuk mengidentifikasi risiko, termasuk ancaman terhadap kelangsungan bisnis perusahaan, dan mengendalikan ancaman tersebut. Salah satu program manajemen risiko keamanan adalah pengembangan dan implementasi contingency planning. Gaji untuk kamu yang bekerja sebagai seorang security risk management berkisar antara 20 juta hingga 30 juta.

System/Server Administrator

Tugas untuk seorang system administrator adalah menjaga konfigurasi dan keamanan sistem operasi komputer. Hal ini terutama berlaku untuk komputer multi-pengguna, seperti komputer server yang biasa ditemukan di perusahaan besar. Administrator sistem bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap komputer memiliki jadwal, kinerja, sumber daya, dan keamanan yang diinginkan manajer tanpa menghabiskan banyak anggaran. Seseorang yang bekerja sebagai system/server administrator sendiri berkisar antara 10 juta hingga 15 juta.

Baca juga: Lupa Pola HP? Ini Dia 5 Cara Membuka Pola HP yang Lupa!

Network Security Administrator

Seorang yang bekerja sebagai network security administrator memiliki tugas untuk mengelola dan memelihara semua sumber daya dalam suatu sistem jaringan sehingga kinerja jaringan menjadi lebih efektif dan efisien sehubungan dengan fungsi, struktur, dan keamanan jaringan itu sendiri. Gaji untuk administrator keamanan jaringan ini berkisar antara 10 juta hingga 15 juta.

Menjadi Network Security Administrator (sumber: pexels.com)

Database System Administrator

Sebagai seorang database system administrator, kamu nantinya akan bertanggung jawab untuk merancang, mengimplementasikan, memelihara, dan memperbaiki basis data. Peran dari seseorang yang bekerja pada profesi ini sendiri juga mencakup pengembangan desain strategi basis data, pemantauan dan peningkatan kinerja dan kapasitas basis data, serta perencanaan kebutuhan pengembangan di masa depan. Gaji administrator sistem database berkisar antara 10 juta hingga 15 juta rupiah.

Chief Information Security Officer (CISO)

Peran CISO berada di tingkat atas departemen atau fungsi cyber security dalam suatu organisasi. Pada dasarnya, peran ini mempelopori kebijakan keamanan secara keseluruhan, prosedur, desain, jaringan, pengiriman aplikasi, dan kontrol implementasi di seluruh organisasi. Dalam menjalankan tugasnya, CISO tidak hanya harus bekerja sama dengan developer dan engineer pada masalah keamanan jaringan dan proyek aplikasi, tetapi juga memastikan bahwa strategi yang diterapkan selaras dengan kebutuhan bisnis. Dengan cara ini, aspek keamanan siber perusahaan diharapkan mampu membantu bisnis mencapai tujuan dan sasarannya. Gaji yang akan kamu peroleh jika menjadi seorang CISO berkisar pada 40 juta hingga 50 an juta rupiah.

Nah, itulah dia kisaran gaji yang akan kamu peroleh jika bekerja sebagai seorang cyber security. Gaji tersebut hanyalah kisaran rata-rata dan bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi tergantung lokasi serta perusahaan tempatmu bekerja. Jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang IT atau pemorgraman dengan gaji fantastis, kursus training intensif pemorgraman berikut ini wajib kamu coba!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *