Tanggal:20 June 2024

11 Game Edukasi Anak Terbaik dan Lengkap

Di era teknologi seperti sekarang ini, smartphone sudah bukan konsumsi orang dewasa saja, anak-anak pun mulai akrab dan bahkan tidak bisa lepas dari smartphone. Bedanya, jika orang dewasa menggunakan smartphone untuk komunikasi dan alat kerja, sementara anak-anak menggunakan smartphone hanya sebatas untuk menonton atau bermain game.

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Maka, aktivitas main game ini perlu dipantau dan dibimbing oleh orangtua. Namun, kamu tidak perlu khawatir dan memantau si buah hati secara berlebihan. Sebab tidak semua games berdampak buruk bagi anak, lho. Ada juga game edukasi anak yang bisa membuat anak pintar.

Nah, bagi kamu para orangtua yang sedang mencari rekomendasi game edukasi anak, agar si kecil dapat belajar hal-hal baru dengan cara yang menyenangkan, bisa banget kamu berikan beberapa game yang telah kami rangkumkan di bawah ini. Simak satu per satu, ya!

Baca juga: 6 Cara Pola Asuh Ala Orang Tua Jepang yang Bisa Jadi Panutan!

11 Rekomendasi Game Edukasi Anak

Sebelum mengintip segudang game yang mendidik untuk anak, orangtua perlu tahu apa itu game edukasi. Dikutip dari IGI Global, game edukasi adalah jenis game/permainan yang diciptakan untuk tujuan mendidik atau menghibur, tetapi tetap mengandung unsur-unsur pendidikan. Berikut adalah beberapa rekomendasi game edukasi anak yang dapat dimainkan oleh si buah hati.

1. ABC Kids – Tracing dan Phonics

ABC Kids – Tracing dan Phonics. Sumber: Play Store

Game ABC Kids adalah permainan yang sepenuhnya berfokus untuk membantu anak-anak mengenali dan menuliskan huruf. Dipandu oleh singa yang ceria bersama dengan sahabat hewan lainnya yang menari dan bersemangat, si kecil dapat menikmatinya sambil belajar alfabet, seperti mencari huruf, mencocokkan huruf kecil ke huruf besar, atau mencocokkan melalui phonics.

Ada juga mode yang dikhususkan bagi orangtua, di mana kamu dapat melacak perkembangan dan mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari game ini, jika ada sesuatu yang kamu ingin fokuskan pada anak. Game edukasi anak ini tersedia baik di Google Play Store maupun di Apple App Store.

2. Princess Coloring Book & Games

Princess Coloring Book & Games. Sumber: Play Store

Berikutnya ada Princess Coloring Book & Games, yaitu contoh game edukasi anak lengkap yang berisikan banyak permainan dalam satu aplikasi. Mulai dari menggambar, bermain musik, memecahkan teka-teki, hingga belajar berhitung. Game edukasi anak yang satu ini hampir memiliki semuanya.

Terlebih lagi, Princess Coloring Book & Games memiliki tampilan yang mudah digunakan oleh anak, sehingga tidak membuat anak kebingungan saat memainkannya. Game untuk anak 3 tahun ke atas ini dapat kamu unduh gratis, baik di Google Play Store atau Apple App Store.

3. Khan Academy Kids

Khan Academy Kids. Sumber: Play Store

Game edukasi anak selanjutnya adalah Khan Academy Kids. Khan Academy Kids mencakup ribuan kegiatan interaktif untuk balita, anak-anak prasekolah, dan taman kanak-kanak.

Dalam game ini, anak-anak bisa belajar membaca, bahasa, menulis, matematika, perkembangan sosial-emosional, keterampilan pemecahan masalah, dan pengembangan motorik. Tentunya materi pembelajaran ini dikemas sedemikian rupa supaya anak menikmati proses bermain sambil belajar ini.

Baca juga: 10+ Game Penghasil Uang yang Wajib Kamu Mainkan

4. Kids Preschool Puzzles

Kids Preschool Puzzles. Sumber: Play Store

Intellijoy Educational Games for Kids menyodorkan serta mengembangkan sebuah permainan di mana anak-anak paud dapat mengenal binatang, tumbuhan, bahkan benda-benda lainnya. Kids Preschool Puzzles, begitulah nama yang dibubuhkan ke dalam game yang sudah diunduh oleh lebih dari 30.000 kali pengunduh di PlayStore.

Game ini akan sangat menarik untuk anak-anak khususnya anak yang baru menapaki usia paud. Kids Preschool Puzzles menyajikan sebuah potongan-potongan dengan warna yang bervariasi untuk kemudian dicocokan ke dalam gambar yang kosong. Setelah anak berhasil menyocokan semuanya, secara otomatis game edukasi anak ini akan menampilkan gambar sesungguhnya, dengan menyematkan nama di sampingnya menggunakan bahasa Inggris.

5. Duolingo

Duolingo. Sumber: Play Store

Melalui game yang satu ini, kamu bisa mengajarkan anak berbahasa asing dengan cara yang menyenangkan melalui game edukasi anak Duolingo. Aplikasi game edukasi anak ini tidak hanya mengajarkan bahasa Inggris, namun juga ada 30 bahasa asing lainnya yang bisa dipelajari anak, antara lain bahasa Mandarin, Perancis, Italia, Spanyol, Korea, Jepang, dan lainnya.

Tampilan Duolingo yang sangat menarik dijamin akan sangat meyenangkan bagi si kecil dalam mempelajari bahasa asing.

6. Quick Brain

Quick Brain. Sumber: Play Store

Game edukasi anak berikutnya adalah Quick Brain. Seperti namanya, game anak-anak terbaru ini mengasah kecepatan otak dalam memproses suatu perhitungan.

Apabila anakmu suka matematika, game ini sangat cocok untuk mempertajam kemampuan berhitung si kecil. Ada batas waktu dalam menyelesaikan setiap soal, jadi anak dilatih untuk berpikir kritis dan cepat.

Baca juga: 10 Daftar Game PC Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

7. Animal Jam

Animal Jam. Sumber: Play Store

Salah satu game anak-anak seru yang dapat dicoba selanjutnya adalah Animal Jam. Game ini dapat mengenalkan anak terhadap dunia virtual di mana ia bisa melihat banyak hewan.

Tersedia di komputer, iOS, dan Android, Animal Jam sudah memiliki 160 juta pengguna online di mana anak bisa belajar tentang binatang dan sambil bersenang-senang. Game yang diciptakan oleh National Geographic Society ini pun telah memiliki aturan parental control. Jadi, kamu bisa menguncinya jika waktu anak bermain game sudah habis.

8. Science Kids Learning

Science Kids Learning. Sumber: Play Store

Play and learn science menjadi salah satu jenis game belajar anak yang mendidik dan bisa diunduh di iOS atau Android. Game pintar untuk anak ini dapat mengajarkan si kecil mengenai sains yang ada di sekelilingnya.

Saat anak memainkan game ini, ada baiknya kamu juga mendampinginya. Hal ini dilakukan agar anak dapat langsung bertanya ketika menemukan hal yang tidak dimengerti di dalam game-nya.

9. Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle. Sumber: Play Store

Game Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle dirancang untuk anak-anak dan orang tua agar bisa bersenang-senang bersama. Dalam game ini terdapat 4 kategori mini game yang terdiri dari mencocokkan bentuk, menyusun objek, tebak gambar, serta teka-teki jigsaw.

Setiap mini-game menantang anakmu untuk menemukan dan memanipulasi bentuk, memecahkan teka-teki gambar, dan mengenali bagaimana bentuk sesuai dengan gambar yang lebih besar, semuanya dengan tampilan yang berwarna dan mudah digunakan yang sempurna untuk tangan mungil.

Baca juga: 11 Games Online Populer untuk Zoom

10. Chess for Kids

Chess for Kids. Sumber: Play Store

Bermain catur akan membantu meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pada anak, mengenalkan pola, konsentrasi, dan masih banyak lagi. Itu juga yang menjadi alasan permainan catur sangat populer di segala usia. Game edukasi ini dirancang khusus untuk anak-anak, yang berarti penuh warna dan mudah digunakan.

Chess Kids memungkinkan anakmu bermain catur dengan anak lainnya di seluruh dunia, tetapi tidak bisa menghubungi atau menambahkan seseorang menjadi teman sebagai upaya melindungi privasi anak. Game pendidikan anak-anak ini dapat diunduh baik di Google Play Store maupun di Apple App Store secara gratis.

11. Sesame Street Alphabet Kitchen

Sesame Street Alphabet Kitchen. Sumber: Play Store

Karakter dalam game ini bernama Cookie Monster dan Elmo. Anak kamu dapat bergabung dengan mereka berdua di dapur untuk membantu memanggang tiga sampai empat kata. Sepanjang memainkan game edukasi ini, anak-anak akan mempraktikkan keterampilan literasi mereka.

Sambil memanggang, karakter Sesame Street akan mengajarkan anak-anak cara mengucapkannya dengan benar, mengetahui arti kata-kata yang digunakan, dan bagaimana vokalnya.

Baca juga: Hebat! Berikut 7 Tim Esport Indonesia Terbaik Yang Telah Mendunia

Nah, itulah 11 rekomendasi game edukasi anak yang cocok untuk membantu meningkatkan keterampilan, serta menambah pengetahuan akan hal-hal baru bagi anak. Jika si kecil bosan, kamu dapat menggunakan game di atas secara bergantian. Atau bisa juga kamu bermain game di atas bersama anakmu, agar si buah hati tidak merasa bosan dan kesepian.

Pada dasarnya interaksi dengan anak merupakan elemen penting dalam proses parenting. Bagi kamu yang masih di tahap meraba-raba dalam mengasuh dan berinteraksi dengan anak, ada baiknya kamu mengikuti courseKunci Interaksi Orang Tua dan Anak”.

Program ini akan membantu kamu dalam memahami konsep dan pentingnya interaksi orang tua dan anak, tahap-tahap perkembangan anak, dan lain-lain mengenai kunci interaksi orang tua dan anak. Program ini akan disajikan dengan menggunakan Self-paced Learning. Selamat Mencoba!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *