Tanggal:29 April 2024

Salesman: Pengertian, Skill, Tugas, dan Tanggung Jawab

Pernahkah kamu melihat orang yang selalu siap sedia melayani para calon pembeli di sebuah toko? Mereka adalah salesman. Salesman sama seperti SPG (Sales Promotion Girl), mereka bertugas mempromosikan produk yang perusahaan/toko yang menaungi mereka.

Salesman memiliki banyak keahlian yang tidak banyak orang ketahui, mereka juga memiliki banyak tanggung jawab. Ingin tahu tentang salesman lebih lanjut? Mari simak rangkuman Vocasia di bawah ini.

Baca Juga | 6 Perbedaan Sales Dan Marketing, Pengusaha Wajib Tahu!

Pengertian Salesman

Dalam ilmu marketing, salesman merupakan salah satu pelaku pemasaran. Salesman ini adalah orang yang melakukan pemasaran, penjualan, penawaran, dan distribusi terhadap suatu produk kepada konsumen. Biasanya, salesman ada pada distributor.

Pengertian distributor umum dalam ilmu marketing ini sebuah organisai dalam mendistribusikan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Tentunya setiap salesman ini sudah terlatih dalam bertansaksi dengan konsumennya. Salesman harus mampu bersikap dan berbahasa dengan baik sehingga konsumen merasa nyaman terhadap pelayanan salesman tersebut.

Seorang salesman ini tentunya memiliki tujuan dan juga strategi dalam melakukan pemasaaran. Maka dari itu seorang salesman harus mampu membuat perencanaannya sendiri dalam memeasarkan produk, salesman harus mampu memberikan kontribusi yang produktif bagi distributor. Itu dikarenakan sebuah distributor tentunya untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Sehingga pada akhirnya keuntungan yang diperoleh oleh distributor ini tentunya untuk memberikan kembali keuntungan bagi konsumennya. Peran salesman ini sangat penting, karena salesman ini tentunya yang akan membuka celah dalam memasarkan produk kepada konsumennya. Dengan begitu, maka konsumen ini diharapkan mampu mendistribusikan, memasarkan dan juga menawarkan kepada konsumen sehingga tertarik oleh dan menjadi konsumen tetap distributor tersebut.

Baca Juga | 5 Cara Menjadi Sales Pemula Yang Sukses

Skill Salesman

Beberapa hal yang harus dikuasai oleh tenaga penjual atau salesperson adalah product knowledge, price policy, dan human relation. Berikut ialah penjelasannya:

1. Product Knowledge

Hal ini meliputi masalah yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis, ukuran, design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dengan produk lain yang sama.

Baca Juga | Product Knowledge, Pentingkah Untuk Bisnis?

2. Price Policy

Sejenis produk yang ditawarkan atau dijual mempunyai klasifikasi harga. Adanya suatu design harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan. Apakah ada insentif tertentu (discount/commission) bagi pembeli.

Baca Juga | Pengertian Marketing Mix 7P Dan Contoh Penerapannya!

3. Human Relation

Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat pasar tertentu untuk mempengaruhinya dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan berkomunikasi.

Baca Juga | Public Relation: Pengertian, Tugas, Dan Fungsinya

Tugas dan Tanggung Jawab Salesman

Berdasarkan pengertian salesman secara bahasa, istilah, dan penerapannya, dapat diketahui tugas dan tanggung jawab pokok dari seorang salesman, di antaranya:

1. Menjual Produk dari Perusahaan Sesuai Target Atau Melebihi

Tugas umum yang paling mudah terlihat dari seorang salesman adalah menjual produk yang dihasilkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Setiap perusahaan biasanya memberlakukan target tertentu kepada sales agar kemajuan perusahaan tetap terjaga. Target inilah yang harus dipenuhi oleh sales sehingga soft skill dan hard skill mesti terus diasah untuk mendukung pemenuhannya.

Baca Juga | Target Market: Pengertian, Cara Menentukan Dan Contoh

2. Mempelajari Produk Perusahaan

Demi mendukung pekerjaan pokoknya dalam menjual produk perusahaan, maka sales juga memiliki tugas untuk mempelajari berbagai produk perusahaan yang siap dipromosikan. Jika tugas ini tidak dijalankan, tentu proses penjualan tidak akan maksimal.

Baca Juga | 7 Ragam Tips Yang Dapat Kamu Contek Untuk Membuat Sebuah Brand

3. Menjaga Nama Baik Perusahaan

Sebagai salah satu bagian yang terjun langsung di masyarakat khususnya calon konsumen, tentu saja nama perusahaan harus dijaga dengan baik. Jangan sampai kekurangan dan kelemahan produk mencemarkan nama baik perusahaan, sehingga sales harus berusaha menutupi dengan menonjolkan sisi positifnya saja.

Baca Juga | Apa Itu Brand Image? Pengertian, Pentingnya, Contoh Dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

4. Update dengan Tren Pasar

Semakin sering terjun ke lapangan, tentu saja sales juga bisa mengetahui produk seperti apa yang sedang tren di masyarakat. Informasi ini bisa disampaikan sales kepada perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk sesuai dengan tren yang sedang berjalan.

Baca Juga | Apa Itu Content Marketing?

5. Mengurus Administrasi Klien

Dalam melakukan tugasnya, tentu saja ada beberapa dokumen dan informasi yang dibutuhkan klien. Berkaitan dengan ini, sales juga bertugas memenuhi kebutuhan dokumen administrasi tersebut. Demikian sebaliknya, administrasi terkait identitas dan penjualan kepada klien juga harus dimiliki oleh sales sebagai bahan laporan kepada perusahaan.

Itu dia pengertian salesman serta apa saja skill dan tanggung jawab salesman. Apakah kamu tertarik untuk menjadi salesman? Segera pelajari persyaratannya dan mulai dengan semangat tinggi, ya!

Baca juga | Sales Promotion: Pengertian, Tujuan Dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *