Tanggal:21 February 2024

Hebat! Berikut 7 Tim Esport Indonesia Terbaik Yang Telah Mendunia

Para gamers atau pemain video game, tentu tak asing lagi dengan istilah esport. Esport merupakan industri yang sedang populer saat ini, terutama untuk dewasa muda. Bahkan esport bukan lagi sebuah perlombaan, mengutip dari laporan Kompas, kini esport termasuk cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 lalu.

Esport adalah singkatan dari Electronic Sports, sebuah terminologi yang, menurut British Esports Association, menjelaskan dunia kompetitif dalam bermain game. Esport pun saat ini sudah disandingkan olahraga populer seperti sepak bola ataupun bola basket. Melansir CNN, dunia kompetisi gaming saat ini pun sudah mulai terorganisir, lho.

Berdasarkan sejarahnya American Esport mencatat, kompetisi esport pertama kali diadakan pada tahun 1970-an di Universitas Stanford dengan hadiah langganan majalah Rolling Stone selama setahun. Pada saat itu, game yang dimainkan adalah Spacewar, game keluaran tahun 1960. Game Quitters mencatat, perubahan industri gaming yang sebelumnya hanya sekadar hobi menjadi olahraga profesional yang terorganisir dimulai pada tahun 1990an.

Saat ini, game yang dimainkan telah beragam macamnya serta ada total hadiah dengan angka yang fantastis. Hal ini, didorong oleh perubahan esport menjadi olahraga profesional. Mau tahu siapa saja tim-tim esport Indonesia terbaik? Berikut ini daftarnya untukmu!

Baca juga: 10 Tips untuk Jadi Streamer Game Handal

7 Tim Esport Indonesia Terbaik

Indonesia sendiri sudah memiliki banyak tim esport yang berlaga di berbagai level dan juga berbagai macam game. Mulai dari turnamen Nasional hingga Internasional. Bahkan berprestasi menjuarai berbagai macam turnamen dan mengharumkan nama Negara. Nah, berikut di bawah ini adalah berbagai tim esport asal Indonesia.

1. Aerowolf

Tim Esport Indonesia Terbaik: Aerowolf

Aerowolf adalah salah satu tim e-sport andalan Indonesia. Tim ini tidak hanya fokus dalam satu jenis game saja. Dalam tim ini, ada beberapa divisi dengan tiap-tiap fokus yang berbeda. Di antaranya seperti divisi Free Fire, Mobile Legends, CSGO, PUBG PC dan PUBG Mobile.

Hebatnya lagi, satu divisi terdiri dari beberapa tim sekaligus. Contoh dalam divisi PUBG, nama yang sering muncul adalah Aerowolf Team 7, Team 8, dan Team 1. Jadi tidak heran kalau ada 3 prestasi yang bisa mereka sumbangkan untuk bangsa. Berikut prestasinya:

  • Asia Pacific Predator League 2019 (PUBG)
  • FACEIT: Global Summit: PUBG Classic (PUBG)
  • Kualifikasi PUBG Southeast Asia Championship 2019 (PUBG)

2. Bigetron Esports

Tim Esport Indonesia Terbaik: Bigetron Esports

Prestasi esport team Indonesia ini menjadi bahan pembicaraan banyak orang sepanjang kehadirannya. Mereka sudah berprestasi di dalam negeri hingga Internasional, lho. Melalui prestasinya pada PUBG Mobile, Bigetron Red Aliens berhasil memenangkan Esports Award pada 2020 sebagai “Esports Mobile Player of the Year”.

Berikut ini adalah prestasi yang berhasil dimenangkan oleh Bigetron Esports Red Aliens:

  • Juara 1 PUBG Mobile Pro League (PMPL) Spring Split 2020 Indonesia
  • Juara 2 PUBG Mobile Pro League (PMPL) Spring Split 2020 SEA
  • Juara 1 PUBG Mobile World League (PMWL) 2020
  • Juara 1 PUBG Mobile Pro League (PMPL) Fall Split 2020 Indonesia
  • Juara 1 PUBG Mobile Pro League (PMPL) Fall Split 2020 SEA
  • Juara 1 PUBG Mobile Ultimate Warrior Showdown 2021
  • Juara 1 PUBG Piala Presiden Esports 2021

3. ONIC Esport

Tim Esport Indonesia Terbaik: Onic Esports

Tim esport terbaik Indonesia berikutnya adalah ONIC Esport. Meskipun tim esport ini lahir pada 2018, ONIC dikenal sebagai tim esport penantang juara game Mobile Legends sejak mereka berdiri. Berikut adalah prestasi yang berhasil dimenangkan oleh EVOS Esports:

  • Juara 1 Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup (MSC) 2019
  • Juara 1 Mobile Legends Mytel International Championship 2020
  • Juara 1 Mobile Legends: Bang Bang All Star 2019
  • Juara 1 Mobile Legends: Piala Presiden 2019

4. EVOS Esports

Tim Esport Indonesia Terbaik: Evos Esports

EVOS Esports berhasil mendapatkan berbagai gelar juara sepanjang 2020-2021 dari turnamen skala provinsi hingga nasional. Squad Free Fire EVOS Esports menjadi yang terkuat pada tahun ini, karena prestasinya memenangkan beberapa turnamen. Berikut ini adalah prestasi yang berhasil dimenangkan oleh EVOS Esports:

  • Juara 1 Mobile Legends Professional League Indonesia 2018
  • Juara 1 Free Fire World Cup 2019
  • Juara 2 Dunia Games WIB 2021
  • Juara 1 Free Fire Master League (FFML) Season 2
  • Juara 1 Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2020
  • Juara 1 Red Bull Gold League (RBGL) 2020
  • Juara 1 UPoint.ID Minor League 2020
  • Juara 1 Mobile Legends Professional League Indonesia 2021

Baca juga: 10 Daftar Game PC Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

5. Recca Esports

Tim Esport Indonesia Terbaik: Recca Esports

Recca Esports merupakan tim esport asal Indonesia yang menorehkan banyak prestasi, terutama dalam game Counter Strike: Global Offensive (CS:GO). Berkat prestasinya di kancah internasional, Recca Esports menempati urutan ke 4 Asia dan urutan ke 37 dunia pada kategori CS:GO.

Divisi CS:GO tim yang berlogo naga emas ini pernah memenangkan kompetisi Zen Esports Network League di Australia pada tahun 2017. Mereka sangat terbantu dengan kehadiran BnTeT yang berhasil membuat Recca mendominasi banyak kompetisi CS:GO.

Namun, kepergian BnTeT alias Hansel Ferdinand lumayan membuat Recca Esports menjadi kewalahan. Selain itu, Recca Esports juga pernah mencatatkan namanya di turnamen kelas dunia, yaitu World Electronic Sports Games (WESG) 2018 meski hanya mendapat peringkat 13-16.

6. Rex Regum Qeon

Tin Esport Indonesia Terbaik: Rex Regum Qeon

Tim yang sudah terkenal melahirkan talenta esport dari 2013 ini sudah memiliki banyak gelar. Mulai dari DOTA dan Point Blank, tim esport ini mengekspansi game online lain untuk melebarkan prestasi di permainan lain.

Pencapaian dari Rex Regum Qeon ini tidak akan cukup dibahas dalam satu artikel ini, karena mereka memiliki ratusan piala dan penghargaan dari semua game online yang pernah ada di dunia. Pencapaian terbesarnya adalah RRQ berhasil meraih penghargaan dari Total Cross Platform Action menjadi tim esport terbaik ketiga di dunia pada 2020.

7. BOOM Esports

Tim Esport Indonesia Terbaik: BOOM Esports

Tim terakhir yang memiliki segudang prestasi adalah BOOM Esports, Tim yang berdiri pada 2016 ini memulai karirnya dari DOTA 2 hingga mengekspansi game online lain seperti pendahulunya, yaitu RRQ.

Sama seperti RRQ, BOOM Esports memiliki ratusan piala dan penghargaan dan berhasil menjadi salah satu tim esports terbaik pada 2021. Yang terbaru, BOOM Esports keluar menjadi juara 1 di dalam turnamen UniPin SEACA Major 2021 dan Juara 1 Mineski Masters.

Baca juga: 11 Games Online Populer untuk Zoom

Itulah beberapa tim sport Indonesia terbaik ynag telah mendunia. Ternyata Indonesia tidak hanya kaya dari segi alamnya saja, ya! Dalam bidang gaming, para pemain di tim esport juga mendukung Indonesia sebagai negara yang besar, lho. Jadi, yang mana nih tim favoritmu?

Kursus desain website HTML CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *