Tanggal:06 May 2024

Peluang Bisnis! Berikut 10 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadan

Selain menjadi ladang pahala bagi umat muslim di seluruh dunia, bulan puasa juga membawa berkah tersendiri di mata para pebisnis dan pengusaha. Ada banyak peluang usaha rumahan di bulan Ramadan yang bisa kamu tekuni. Khususnya di Indonesia, ada beberapa tradisi unik yang bisa menjadi ladang rezeki.

Mulai dari makanan hingga baju muslim, menjadi peluang para pengusaha yang ingin meraup keuntungan, karena di bulan puasa ini kebutuhan akan hal tersebut dipastikan naik tingkat permintaannya.

Kamu juga bisa lho ikut serta memanfaatkan momen dengan membuka suatu usaha. Sebab sudah banyak juga pebisnis dadakan, yang terbukti berhasil menciptakan usaha rumahan di bulan Ramadan, serta mendapatkan keuntungan cukup besar dari memanfaatkan momen ini.

Apabila kamu tertarik dan berminat membuka usaha rumahan di bulan Ramadan, kamu bisa segera mempersiapkannya. Lalu, peluang usaha apa saja yang bisa memberikan kamu keuntungan di bulan Ramadan ini? Berikut ulasannya!

Baca juga: 11 Istilah Bahasa Inggris yang Sering Hadir Saat Bulan Puasa!

10 Usaha Rumahan Di Bulan Ramadan

10 Usaha Rumahan Di Bulan Ramadhan. Sumber: pexels.com

Berikut ini adalah 10 ide jualan di bulan puasa paling laris yang bisa kamu coba.

1. Takjil Berbuka Puasa

Siapa yang tidak suka berburu takjil di bulan Ramadan? Meskipun harus berdesak desakan di pinggir jalan, nyatanya aktivitas ini setiap tahun selalu diminati banyak orang. Beberapa pilihan menu takjil yang bisa kamu jual di antaranya adalah kolak pisang, es pisang ijo, es kelapa, es buah, bubur sumsum, siomay, sate, sosis bakar, gorengan, dan masih banyak lagi.

Baca juga :

13 Peluang Usaha Makanan Paling Laris 2022, Pasti Untung!

4 Peluang Usaha Menjanjikan Tahun 2021 Yang Bisa Kamu Coba!

2. Hidangan Sahur

Kegiatan berpuasa sudah pasti diawali dengan sahur. Ada yang sudah mempersiapkan pada malam hari ataupun pagi harinya. Menghidangkan berbagai makanan dan minuman agar puasa esok hari bisa dijalani dengan penuh semangat tanpa terganggu rasa lapar dan haus.

Akan tetapi ada sebagian orang yang tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan hidangan sahur walaupun sangat membutuhkan. Kamu bisa membuat hidangan sahur menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan.

3. Kurma

Ramadan sangat lekat dengan kurma. Buah manis khas Timur Tengah ini selalu diburu dan mendapatkan permintaan yang cukup tinggi di hari-hari menjelang Ramadan hingga lebaran. Ini karena kurma menjadi makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW ketika berbuka. Tidak hanya itu, kurma juga memiliki kandungan serat dan glukosa di dalamnya yang mampu menambah energi setelah seharian berpuasa.

Namun tidak ada salahnya juga menyajikan kurma ketika sahur. Kurma pun bisa menjadi hidangan andalan di hari raya. Karena ketenarannya, permintaan yang cukup banyak dan stok yang melimpah, menjajakan kurma bisa jadi alternatif ide usaha rumahan bulan Ramadan yang menggiurkan untuk menambah pemasukan di bulan suci.

Baca juga :

3 Peluang Usaha Di Bidang Jasa Yang Semakin Diminati

6 Cara Temukan Peluang Bisnis Menguntungkan Di Lingkungan Sekitar

4. Ketupat

Memang di bulan puasa orang belum banyak yang memesan ketupat, tapi saat menjelang lebaran pasti permintaan akan meningkat. Berbicara tentang berjualan ketupat sebagai usaha di bulan Ramadan, kamu mempunyai pilihan yaitu menjual ketupat secara matang atau hanya anyamannya saja. Selain itu, untuk menambah keuntungan, kamu bisa juga menawarkan sayur ketupatnya sekaligus.

5. Kue Lebaran

Lebaran dengan euforianya sangat lekat dengan berbagai jenis kue kering. Namun, membuat kue lebaran terkadang membutuhkan kemampuan khusus. Salah bahan dan cara pengolahan bisa membuat kue yang dibuat gagal. Padahal kue-kue ini akan dihidangkan kepada tamu.

Ini yang membuat orang-orang lebih banyak membeli kue lebaran di pasaran atau menyerahkan pembuatannya kepada orang lain. Jika kamu hobi masak dan membuat kue, tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan bisnis kue lebaran. Kreasikan kue lebaran buatanmu untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Baca juga: 5 Ide Bisnis di Lingkungan Perumahan, Berpotensi Cuan Besar!

6. Parcel atau Hampers Lebaran

Masih dalam tradisi menyambut lebaran, umumnya orang akan saling mengirim bingkisan atau hampers sebagai bentuk tenggang rasa antar sesama. Bentuk bingkisan parcel dapat berupa kue kering, baju lebaran, aneka makanan dan minuman jadi, bunga, dan lain-lain. Hampers lebaran akan dikemas sedemikian rupa agar terlihat lebih cantik dan umumnya disertai dengan ucapan selamat. Biasanya, seminggu hingga dua minggu sebelum lebaran, usaha rumahan di bulan Ramadan yang satu ini akan mencapai puncak pemesanannya.

7. Busana Muslim

Tak dimungkiri, ini merupakan ide bisnis paling untung saat Ramadan. Ya, bulan Ramadan merupakan bulan suci umat muslim, yang mana baik laki-laki maupun perempuan akan mencoba selalu memaksimalkan ibadah dari hal sekecil apa pun. Salah satu diantaranya adalah berpakaian tertutup atau berbusana muslim dalam keseharian. Kesempatan seperti ini tidak boleh kamu lewatkan.

Sebab membuka usaha busana muslim tidak hanya menjadi peluang bisnis selama bulan Ramadan saja, tapi juga dapat dilanjutkan sebagai usaha tetap. Bisnis busana muslim cukup menjanjikan, tidak hanya di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri saja, namun juga pada bulan-bulan biasa. Hal tersebut karena tren masyarakat kita yang mayoritasnya adalah muslim memiliki kecenderungan untuk berbusana muslim terutama bagi wanita.

8. Perlengkapan Ibadah

Tidak hanya baju muslim saja yang laku di pasaran saat bulan puasa, tetapi perlengkapan shalat juga. Maka dari itu, yang satu ini juga bisa dijadikan usaha di bulan Ramadan. Kamu bisa menjual sajadah, mukena, peci hingga tasbih.

Tidak hanya baju muslim, kamu juga dapat membuat perlengkapan ibadah dengan tema “family package” seperti mukena satu tema untuk ibu dan anak perempuan, atau peci satu tema untuk ayah dan anak laki-laki. Jangan lupa untuk bekerjasama juga dengan para pebisnis usaha konveksi.

9. Penyaluran Asisten Rumah Tangga

Tradisi mudik biasanya berefek pada asisten rumah tangga yang juga pulang ke kampung halamannya. Kamu yang biasanya dibantu oleh ART di rumah, tentu saja akan mengalami kesulitan karena harus mengerjakan pekerjaan rumah sendiri.

Maka dari itu, banyak dari mereka yang mencari infal atau asisten rumah tangga sementara untuk membantu selama bulan Ramadan. Nah, karena itu memiliki jasa penyalur asisten rumah tangga mungkin bisa menjadi peluang usaha di bulan Ramadan yang menguntungkan.

10. Jasa Penukaran Uang

Saat bulan Ramadan terlebih menjelah Hari Raya Idul Fitri, banyak sekali orang yang ingin menukarkan uang sebagai tunjagan hari raya (THR). Jika ingin memulainya, akan lebih mudah kalau kamu bekerja sama dengan bank, sehingga kamu akan lebih mudah mendapatkan akses penukaran uang pecahan.

Dari 10 ide bisnis rumahan di bulan Ramadan tersebut, bisa dilihat bahwa kamu sangat mungkin memanfaatkan bulan Ramadan untuk berbisnis dan memperoleh keuntungan. Banyak ide bisnis yang bisa kamu jalankan di bulan Ramadan dengan cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang amat besar.

Semoga dari 10 rekomendasi ide bisnis di atas dapat menginspirasi kamu untuk memanfaatkan momen Ramadan kali ini dengan menjalankan bisnis. Tidak menutup kemungkinan jika kamu menekuninya dengan ulet, bisnismu bukan hanya sekadar bisnis dadakan saat bulan Ramadan saja, melainkan dapat dijadikan bisnis tetap yang menjanjikan.

Untuk kamu yang masih ragu dan bingung bagaimana cara memulai bisnis dari nol, kamu bisa mengikuti kursus “Langkah Praktis Memulai Usaha Dari 0 Hingga Mendatangkan Keuntungan” terlebih dahulu, sebelum terjun ke dunia bisnis. Selamat mencoba!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *