Tanggal:04 May 2024

11 Istilah Bahasa Inggris yang Sering Hadir Saat Bulan Puasa!

Saat bulan puasa tiba, kamu kebingungan mencari tahu istilah-istilah seperti buka puasa, sahur, dan tarawih dalam Bahasa Inggris? Jangan khawatir, karena artikel ini akan menjelaskan beberapa istilah dalam Bahasa Inggris yang hadir pada saat bulan puasa tiba. 

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Ibadah puasa dijalankan oleh umat muslim setiap tahunnya selama satu bulan penuh sebelum mencapai hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri. Saat memasuki bulan puasa, umat muslim perlu tetap semangat dalam menjalani hari, salah satunya dengan tetap rutin belajar Bahasa Inggris.

Istilah-istilah di bawah ini diharapkan dapat membantu menjawab kebingungan kamu yang ingin mengetahui berbagai istilah yang populer digunakan selama bulan puasa dalam Bahasa Inggris. Yuk simak penjelasan selengkapnya!

Baca juga: Apakah Bahasa Inggrisnya THR

Istilah Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris

Istilah Bahasa Inggris saat Bulan Ramadan. Sumber: pexels.com

Memasuki bulan Ramadhan banyak istilah-istilah Bahasa Inggris yang sering digunakan sebagai penyebutan kegiatan-kegiatan khusus yang hanya ada selama puasa saja. 

Agar kamu memiliki kosakata Bahasa Inggris yang semakin luas, mari simak selengkapnya 13 istilah yang perlu kamu tahu!

1. Fasting

Istilah fasting paling sering digunakan karena memiliki arti puasa. Kegiatan puasa yaitu ibadah yang dijalankan dengan menahan rasa lapar dan haus yang dilakukan mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Contoh kalimat:

– Yesterday was the first day of fasting. (Kemarin adalah hari pertama puasa.)

– Fasting is come so fast. (Puasa datang begitu cepat.)

2. Fast break atau Iftar

Penyebutan istilah untuk berbuka puasa dalam Bahasa Inggris yang benar adalah fast break atau iftar. Terkadang ditemukan seseorang menggunakan breakfasting untuk menyatakan kegiatan buka puasa. Jangan sampai salah lagi, ya!

Contoh kalimat:

– Let’s buy some food because It’s an hour we will iftar. (Ayo beli makanan karena satu jam lagi akan buka puasa.)

– I think we should do a fast breaking together next time. (Aku pikir kita harus buka puasa bersama lain kali.)

3. Prayer

Menunaikan salat juga menjadi suatu kewajiban bagi umat muslim yang dilakukan saat bulan puasa maupun tidak setiap harinya. Dalam Bahasa Inggris, istilah salat bisa disebut dengan prayer. Contoh kalimat:

– Don’t forget to do your prayer(Jangan lupa untuk sholat.)

Before eating I am going to do a prayer first. (Sebelum makan aku akan pergi salat terlebih dahulu.)

Baca juga: Perbedaan Graphic Designer dan Visual Designer

4. Suhoor

Sebelum memulai puasa dianjurkan untuk sahur atau mengonsumsi makanan pada dini hari sebelum waktu salat subuh. Dalam Bahasa Inggris, sahur dikenal dengan istilah suhoor.

– Wake up! It is time for suhoor, let’s eat something. (Bangun! Ini waktunya sahur, ayo makan sesuatu.)

– Suhoor is important to give us energy while fasting. (Sahur itu penting untuk memberi kita tenaga ketika berpuasa.)

5. Killing time 

Istilah ngabuburit adalah hal yang sudah akrab dikenal oleh masyarakat Indonesia dan diketahui lahir dari Bahasa Sunda yang berasal dari kata burit atau sore hari menjelang magrib.

Ngabuburit adalah aktivitas yang biasanya dilakukan dengan kegiatan berjalan-jalan, mencari takjil, mengaji, melakukan kegiatan-kegiatan sosial, mendengarkan tausiah, dan kegiatan positif lainnya. 

Istilah ngabuburit dalam Bahasa Inggris dapat dinyatakan dengan killing time before maghrib atau killing time before Iftar.

6. Date

Date dalam hal ini adalah istilah Bahasa Inggris yang berarti buah kurma. Buah kurma adalah hidangan wajib yang selalu ada di bulan Ramadhan dan menjadi sunah yang dilakukan dengan memakannya ketika berbuka puasa. Contoh kalimat:

-Date is a very popular Ramadhan food. (Kurma merupakan makanan Ramadhan yang sangat populer.)

7. Taraweeh 

Dalam Bahasa Inggris, salat tarawih disebut juga dengan Taraweeh dan merupakan suatu kegiatan ibadah dan identik karena hanya dilakukan saat bulan puasa tepatnya setelah salat isya. Contoh kalimat:

– Come on, we have to go to the mosque for Taraweeh(Ayo, kita harus pergi ke masjid untuk Salat Tarawih.)

8. Alms atau charity

Umat Muslim diwajibkan memberikan zakat yang disebut dengan Zakat Fitrah (Zakat Al-Fitr) sebagai bentuk kewajiban dan kepedulian kita terhadap sesama. Zakat dalam bahasa Inggris disebut alms atau charity.

Istilah charity juga sering digunakan sehari-hari bukan hanya sebatas saat bulan puasa. Namun, ada istilah yang lebih spesifik yaitu obligatory charity yang bisa diartikan sebagai zakat.

Jika ingin menanyakan seseorang kapan mereka akan melakukan zakat, kamu dapat menggunakan kalimat “When will you do obligatory charity?”

Baca juga: Seberapa Pentingkah Fungsi RAM pada Kinerja PC maupun Laptop

9. Spiritual Reward

Spiritual Reward dalam Bahasa Inggris diartikan pahala. Dalam hal ini, umat muslim berlomba-lomba untuk menabung perbuatan baik selama bulan Ramadan. Harapannya agar menjadi gudang pahala dan bisa berkelanjutan hingga kedepannya. 

Baca Juga: Kenali Apa itu Agency dan jenis-jenisnya!

10. Good deed 

Selama bulan Ramadhan kita selalu berusaha untuk berbuat baik kepada sesama dan berusaha melakukan amal shalih. Dalam bahasa Inggris, kamu bisa menyebutnya dengan good deed memiliki arti perbuatan-perbuatan baik.

11. Call to prayer

Call to prayer adalah istilah yang berarti panggilan ibadah. Istilah ini juga digunakan untuk agama lain. Namun, penggunaannya di negara lain misalnya azan menggunakan istilah Islamic call to prayer (panggilan ibadah Islam) atau istilah Bahasa Arab yaitu Adhan.

Baca juga: Digital Agency adalah

Itu dia 11 istilah yang hadir di sekitar kita ketika menjalankan ibadah puasa. Dalam menjalani ibadah puasa, kita tetap senantiasa untuk melakukan kebaikan dan menjauhkan dari keburukan. Setelah memahami isi artikel ini, kamu sudah tidak kebingungan lagi kan? Semoga artikel ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kamu, ya!

Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa juga ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu dapat menemukan pembelajaran yang dapat meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris hanya dengan klik tautan berikut

Vocasia adalah platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu makin meningkat! 

Baca juga: Cara Bisnis Jajanan Ringan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *