Tanggal:26 July 2024

4 Peluang Usaha Menjanjikan Tahun 2021 yang Bisa Kamu Coba!

dipikirkan sebelum membuka bisnis.

Peluang usaha menjadi pertimbangan banyak orang ketika ingin membuka suatu bisnis. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, telah banyak didapati usaha-usaha yang awalnya menjanjikan berubah manjadi surut dan lama-kelamaan mati karena sepinya konsumen. Oleh karena itu, memikirkan bagaimana peluang usaha di masa depan menjadi satu hal yang wajib diperkirakan oleh para pengusaha pemula. Di masa yang semuanya serba tak terkira seperti sekarang ini, akan terasa sia-sia dan tentunya mengecewakan jika seorang pemula dalam bidang ini membuka bisnis tanpa memperhitungankan bagaimana peluang usaha yang ada. Kegagalan pun dapat terjadi karenanya. 

Nah, untuk kamu yang sedang berencana ingin membuka usaha di masa pandemi ini, tetapi bingung terkait konsep atau ide yang ingin diterapkan di dalam usahamu itu. Inilah lima peluang usaha menjanjikan di tahun 2021 yang bisa kamu coba!

1. Membuka Kursus

Peluang usaha membuka kursus cukup besar dan bisa dicoba. Sumber: Karolina Grabowska

Di masa pandemi ini yang mana Pemerintah Indonesia menerapkan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, tentunya dengan waktu luang yang ada dan banyak tersebut, serta hanya dihabiskan di dalam rumah, hal itu akan membuatmu mudah terserang rasa bosan. Adanya pembatasan ini pun dapat mempengaruhi pemasukan keuanganmu. Nah, jika kamu merasa memiliki kemampuan yang bermanfaat dan bisa dibagikan ke semua orang, kamu mungkin bisa mencoba untuk membuka kursus, nih! 

Kamu bisa memanfaatkan keahlian yang dimiliki seperti memasak beragam jenis kue, keahlian merenda, atau jika kamu memiliki kepintaran terhadap suatu bahasa dan teknologi, kamu bisa membuka kursusnya. Dengan itu, kamu mungkin bisa menghasilkan biaya untuk hidupmu dengan berbekal kursus yang dibuat tersebut.

2. Online Shop

Peluang usaha membuka bisnis online shop sangat menjanjikan. Sumber: Ana Shvets/Pexels

Dengan adanya pembatasan kegiatan yang diterapkan pemerintah tersebut mengartikan bahwa segala jenis kegiatan yang memerlukan kontak fisik setidaknya harus diminimalisasikan terlebih dahulu. Kegiatan jual beli salah satu contohnya. Adanya kebijakan pembatasan tersebut tentunya membawa dampak yang signifikan terhadap kegiatan berbelanja online di situs-situs daring yang ada. Banyak usaha yang tadinya hanya berbasis offline, sekarang mengalihkan bisnisnya tersebut menjadi daring. Selain praktis, perubahan tersebut juga memberikan keuntungan lain yaitu dapat menjangkau konsumen lebih jauh dan lebih luas. 

Nah, membuka online shop ini juga bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan ide bisnismu, nih! Kamu bisa mulai mempertimbangkan peluang bisnis online shop, karena selain praktis dan jangkauan konsumen yang lebih luas, kamu juga dapat terhindar dari kontak langsung dengan pembeli. Jadi, sangat aman dari persebaran korona. Selain itu, kamu pun tak perlu memusingkan biaya tempat usahamu karena dengan menjadikan bisnismu online, kamu bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat produksi. Jadi, tak perlu khawatir dengan biaya sewanya ya! Kamu bisa memikirkan juga akan menjual apa di online shop milikmu itu, apakah akan menjual produk makanan atau baju-baju lucu!

3. Handmade

Peluang usaha dengan menjual kerajinanmu sendiri menghasilkan untung yang besar. Sumber: Michael Burrows/Pexels

Jika kamu memiliki ketertarikan untuk menjalani bisnis hasil dari buah kerajinan tangan, kamu mungkin bisa mempertimbangkan peluang bisnis ini. Imajinasi milikmu bisa dijadikan sumber untuk memperkaya ide atau produk apa yang ingin kamu buat dan jual. Bisnis handmade pun tak membutuhkan modal yang besar, justru dengan menjalankan bisnis ini, peluang usahamu untuk maju dan mendapatkan keuntungan akan lebih besar, dan tentunya berbanding terbalik dengan modal yang telah dikeluarkan.

Kamu bisa memulainya dengan mencoba bisnis handmade seperti kerajinan tangan berupa anyaman, rajutan, melukis, atau kerajinan apapun yang bisa dilakukan. Kamu pun bisa menerapkan teknologi di dalam proses penjualan dan marketing kerajinan handmademu ini. Dengan penggunaan teknologi tersebut, tentunya dapat menjadikan produkmu semakin terkenal dan terjual banyak. Kamu bisa menerapkan prinsip jadikan hobimu sebagai pekerjaan ketika melakukan bisnis ini. Dijamin selain menghasilkan kepuasan di rekening, kamu juga akan selalu merasakan senang di setiap prosesnya pembuatan hingga penjualannya!

4. Menjadi Content Creator

Peluang usaha menjadi content creator sangat menjanjikan di masa pendemi. Sumber: Katerina Holmes/Pexels

Salah satu peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2021 ini adalah menjadi seorang content creator. Masih terdampak adanya kebijakan pembatasan yang berlaku, tentunya hal tersebut menjadikan waktu yang dimiliki oleh tiap orang lebih besar dihabiskan di rumah. Keadaan suntuk pun tentunya akan dirasakan. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesuntukan yang dialami oleh tiap orang ini karena pandemi dengan membuat konten-konten yang menarik dan tentunya menghibur.

Dengan waktu luang yang kamu miliki itu, kamu bisa mulai merencanakan untuk membuat konten-konten yang seru, sehingga dapat menarik banyak penontonnya. Kamu pun tak boleh menganggap remeh peluang usaha ini dan keuntungan yang dihasilkan. Adapun karena banyaknya klik yang dihasilkan pembaca di blog pribadimu atau banyaknya sponsor iklan yang menghiasi kanal website dan video di Youtubemu tentunya akan memberikanmu penghasilan yang besar. Penulis blog, website, atau membuat konten video di Youtube dan Tiktok bisa kamu jadikan sebagai profesi untuk digeluti. Beragam ide konten seperti kegiatanmu sehari-harinya, konten make up, konten bermain gim, atau memasak pun bisa kamu jadikan bahan inspirasi.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *