Tanggal:25 April 2024
ilustrasi wawancara kerja seorang introvert (pixabay.com)

Ini Lho Tips Interview untuk Introvert, Buruan Simak!

Sering kali kita terpikirkan untuk menjauhkan diri dari seorang introvert, ya. Dimana hal tersebut dipicu oleh sifatnya yang dingin bahkan terkesan sombong dan angkuh yang membuat kita tidak nyaman saat di dekatnya. Tapi, kalau kita mau berpikir rasional, sebenarnya orang introvert itu bukanlah pribadi yang semenyebalkan itu, lho. Yang mana mereka hanya butuh waktu lebih lama saja untuk mampu beradaptasi yang sesuai dengan manusia pada umumnya.

Meskipun demikian, menjadi seorang yang introvert itu akan bisa juga jadi kelemahan saat akan menghadapi situasi penting yang membutuhkan interaksi intens dengan orang asing, nih. Hal itu misalnya saja ketika akan menghadapi wawancara kerja. Tentunya saat sifat introvert itu diterapkan ketika wawancara kerja akan membuat nilaimu berkurang di mata pewawancara kerja. Nah, untuk meminimalisir dampak-dampak yang tidak diinginkan, lebih baik kamu ikuti beberapa tips wawancara kerja ala anak introvert di bawah ini, ya.

1. Mulai Menjalin Hubungan

Sebelum kamu masuk pada ruang wawancara kerja, semaksimal mungkin buat persiapan yang matang, ya. Satelah itu persiapkan fisik dan mentalmu, mulai dari rapikan pakaian, tarik napas dalam-dalam, bahkan kamu juga bisa set pikiranmu dengan mengaggap bahwa si pewawancara kerja ialah sahabat dekatmu sendiri.  Hal tersebut tentunya dengan tujuan agar kamu tak berpikiran negatif hingga takut saat berinteraksi dengan pewawancara kerja. Lebih lanjutnya, kamu bisa membuat sedikit humor saat wawancara berlangsung agar suasana tidak jadi tegang, nih. Kalau susana jadi cair otomatis kamu juga bisa lebih rileks tanpa adanya rasa takut saat menjawab pertanyaan dari pewawancara kerja.

2. Menjawab Pertanyaan Dengan Tenang

Tips kali ini memegang peranan utama dalam sebuah wawancara kerja, nih. Dimana menjawab pertanyaan dari wawancara, kamu si introvert tak boleh takut yang hanya akan membuat jawabanmu jadi bertele-tele hingga berantakan dan mengacaukan semua persiapanmu. Maka dari itu, sejak awal set pikiranmu untuk tenang dalam menghadapi wawancara kerja, termasuk saat menjawab pertanyaan dari si pewawancara kerja.

3. Aktif Menjawab 

Kita sama-sama tahu kalau dengan kepribadian seorang introvert tentunya akan susah untuk bersikap aktif saat wawancara kerja. Nah, untuk mengakalinya kamu bisa tetap aktif tapi dengan cara menjawab pertanyaan yang singkat, padat, dan jelas. Jadi, kamu tak perlu berbasa-basi atau over pencitraan diri yang tentunya itu sulit dilakukan oleh seorang introvert, ya.

4. Aktif Bertanya

Selain menjawab pertanyaan, kamu juga perlu aktif bertanya, nih. Tidak salah jika melempar beberapa pertanyaan kepada si pewawacara kerja. Cara ini akan membuat sesi wawancara terasa hidup. Kamu pun dapat semakin dekat dengan si pewawancara kerja.

5. Tetap Berpikir Positif dan Terus Memupuk Kepercayaan Diri

Baik introvert maupun ekstrovert, keduanya sama saja. Sama-sama bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan layak di dunia kerja. Hanya saja para introvert harus lebih berusaha untuk mendapatkan pekerjaan karena sifatnya yang pendiam. Dengan demikian, untuk bisa sukses dalam dunia kerja, para introvert ini harus belajar memupuk rasa percaya diri, tak perlu setinggi percaya diri para ekstrovert, hanya saja kepercayaan diri ini dibutuhkan saat momen penting tertentu dalam perjalanan karir dan saat inilah seorang introvert harus bisa menempatkan diri dengan bersikap percaya diri, selebihnya atau di luar itu kamu tetap bisa menjadi versi ternyamannya dirimu.

Demikian penjelasan terkait tips wawancara kerja untuk kamu si introvert. Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi terkait lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan berikut.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *