Tanggal:28 April 2024

9 Bisnis Islami Tanpa Modal Cocok untuk Kaum Milenial!

Tertarik menjalankan usaha halal bagi kamu kaum milenial? Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim menjadi pasar bisnis islami yang sangat berpotensial. Selain itu, target pasar menjadi lebih spesifik terhadap kaum muslim apabila kamu mulai menjalankan bisnis islami.

Ada banyak peluang usaha bisnis islami yang bisa digali. Bisnis yang dijalankan pun tidak memerlukan banyak modal yang besar sehingga bisa kamu mulai dari sekarang. 

Artikel ini menyediakan contoh ide bisnis islami yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Bisnis islami tanpa modal yang banyak tentunya dijalankan berdasarkan prinsip dan aturan hukum islam. 

Baca Juga :

Pengertian Bisnis Islami

Pengertian Bisnis Islami. Sumber: pexels.com

Bisnis islami adalah bisnis yang bergerak secara fokus ke dalam produk atau jasa yang dijual dengan halal atau tidak dilarang dalam Al-Qur’an dan hadis. Ciri-ciri dari bisnis islami salah satunya adalah transaksi yang umumnya menggunakan Akad antara penjual dan pembeli.

Selain itu, dalam bisnis islami juga memiliki kebebasan dari unsur riba dan gharar (ketidakjelasan dan perjudian). Bisnis islami memungkinkan proses transaksi berlangsung dengan adil tanpa ada pihak yang dirugikan dan menghindari penipuan dalam bentuk apapun.

Bisnis Islami Tanpa Modal

Jenis Bisnis Islami. Sumber: pexels.com

Di era digital ini, banyak para muslim  milenial yang hendak mencari ide dalam membuka usaha yang berbasis prinsip syariah.  Penjelasan ide-ide bisnis di bawah ini dapat menjadi referensi bagi kamu untuk memulai bisnis islami tanpa memerlukan modal yang sangat besar atau seminim mungkin modal yang dikeluarkan. 

Penasaran bisnis islami apa saja? Berikut di bawah ini penjelasannya. 

Baca Juga :

1. Online Shop Produk Islami

Teknologi informasi yang semakin berkembang mengubah pola hidup termasuk gaya belanja masyarakat yang biasanya langsung mengunjungi toko dan kini digantikan dengan online shop atau marketplace 

Dengan memiliki marketplace berupa online shop kamu dapat mulai menjual produk-produk Islami seperti herbal, pakaian muslim, jilbab, kurma, habbatussauda, air zam-zam, madu asli, susu kambing, dan sebagainya.

Selain itu, banyak profesi lainnya yang bisa membuat kamu membuka lapangan pekerjaan bagi para tenaga kerja yakni dengan memanfaatkan reseller dan dropshipper. Dengan adanya reseller dan dropshipper, kamu dapat membuka lapangan pekerjaan yang luas sekaligus memperluas bisnis yang kamu kelola karena semakin banyak orang yang memasarkan produk yang dijual.

Baca Juga : 14 Cara Berjualan di Instagram

2. Jual Daging Qurban

Hewan kurban sangat dibutuhkan oleh umat muslim menjelang Hari Raya Idul Adha tiba. Penjualan daging qurban saat ini memang kebanyakan masih dilakukan secara offline dengan mengunjungi penjual secara langsung. 

Namun, ada juga beberapa orang yang memiliki keterbatasan waktu untuk membeli secara langsung sehingga kamu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. Dengan menjual daging Qurban secara online di marketplace dapat mempermudah transaksi jual beli hewan qurban.

Jika tidak dengan online, kamu juga mungkin bisa mencoba secara offline. Sesuaikan dengan kemampuan dan pengelolaan yang bisa kamu lakukan. 

Baca Juga : Kata-Kata Promosi Menarik di Instagram

3. Konsultan Syariah

Profesi konsultan syariah cocok bagi kamu yang menguasai suatu bidang tertentu misalnya akuntansi, seni, desain, atau programing. Kamu dapat mendirikan suatu perusahaan kecil konsultan syariah yang menawarkan jasa konsultasi kepada klien dari suatu lembaga maupun perusahaan syariah.

Kamu dapat terlebih dahulu memulai pembuatan company profile melalui website resmi dan tidak perlu mendirikan kantor fisik untuk memperkenalkan pekerjaan jasa. Bisnis Islami ini cukup terjangkau, bukan?

Baca Juga : Apa Itu Instagram Ads?

4. Developer Aplikasi Islami

Programming menjadi suatu keahlian yang banyak dikuasai oleh generasi muda di era 4.0. Apabila kamu salah satu orang yang memiliki kemampuan tersebut, peluang untuk menjadi developer aplikasi bisa kamu manfaatkan. 

Dengan menawarkan jasa pembuatan aplikasi berbasis Islami, bisnis ini bisa kamu kembangkan perlahan melalui software yang bermanfaat untuk khalayak umum. Bisnis islami ini akan banyak diminati, lho!

Baca Juga : 8 Bisnis Dengan Modal Kecil

5. Pesantren Online

Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang banyak bertebaran di berbagai daerah di Indonesia. Perbedaan pesantren dengan sekolah umum lainnya adalah mata pelajaran dan muatan khusus Islami yang diajarkan kepada santrinya.

Kamu memiliki latar belakang atau pengetahuan Agama Islam yang mumpuni? Maka, kamu dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk membuat platform khusus Pesantren online dimana bisa mempertemukan antara santri dengan guru secara tidak langsung, menggunakan fitur video streaming atau penggunaan aplikasi yang tersedia. 

Tawarkan jasa ini dengan menyebarkan informasi ke media sosial. Selain pesantren, kamu juga bisa menjadi guru mengaji yang sama-sama membutuhkan keahlian khusus untuk mengajarkan para siswanya. 

6. Pembuat Konten Video Dakwah

Bila kamu tertarik dengan pembuatan konten di YouTube dan ingin membuat konten yang bermanfaat seputar Agama Islam seperti tata cara berwudhu, tata cara haji, maupun fakta-fakta tentang para sahabat Nabi, kamu dapat menjadi pembuat konten atau content creator

Saat ini profesi content creator banyak diburu oleh para kaum milenial. Untuk mengembangkan ide dan kreativitas yang kamu miliki, kamu dapat menghasilkan konten yang bermanfaat bagi umat muslim. Pasti menarik, bukan? 

Buatlah suatu konten yang bermanfaat dan tidak merugikan orang lain. Manfaatkan fasilitas seperti Google AdSense untuk menghasilkan pendapatan yang dihasilkan dari keahlian yang kamu punya.

Baca Juga : 13 Ide Bisnis Digital

7. Review, Endorsement, dan Content Placement Produk Halal

Melakukan kerja sama dengan suatu produk saat ini menjadi salah satu pendapatan yang tren di kalangan milenial, lho. Kamu dapat menggunakan produk-produk halal untuk dibuat review sebagai bentuk promosi pada produk tertentu. 

Review produk dilakukan di media sosial seperti blog atau YouTube yang sudah memiliki banyak traffic dan subscriber. Menjadi reviewer harus memiliki kemampuan dalam mengulas produk yang menarik dan berkualitas. Untuk menghindari larangan hukum bisnis dalam Islam, jangan memilih produk yang bertentangan dengan syar’i, ya!

Bisnis ini cocok untuk kamu yang telah merintis karier menjadi seorang public figure, trendsetter, dan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pengikut atau subscriber yang telah kamu miliki. Adapun untuk bisnis content placement yang deskripsi pekerjaannya adalah menjadi seorang blogger dan diberikan kepercayaan untuk melakukan review dan memberikan backlink ke situs klien.

Baca Juga : 6 Cara Temukan Peluang Bisnis di Lingkungan Sekitar

8. Freelance Menulis Artikel Islam

Pekerjaan ini menjadi peluang bisnis Islami bagi kamu yang gemar menulis. Beberapa website yang telah populer menyediakan banyak lowongan untuk jasa menulis artikel. Tema yang ditetapkan juga beragam tergantung kebutuhan website itu sendiri.

Kamu bisa meriset beberapa topic tulisan seputar kuliner, skincare, make up, tips and trick hingga pariwisata. Untuk fee yang ditawarkan beragam, tergantung seberapa banyak artikel dan website apa yang kamu tuju. 

Baca Juga : 3 Peluang Usaha Bidang Jasa Yang Paling Banyak Diminati

9. Editor Foto dan Video Acara Islami

Memanfaatkan beberapa aplikasi edit foto dan video gratis seperti Filmora, Blender, VSDC Free Editor, iMovie dan Shortcut, kamu dapat membuka bisnis dalam mengedit dan menghasilkan konten berupa foto atau video yang menarik. 

Untuk memulai bisnis ini, pastikan sebelumnya kamu membuat portofolio semenarik mungkin untuk meyakinkan pelanggan menggunakan jasa dalam bisnis yang kamu kelola. Usaha ini cukup mudah bila kalian memiliki kemampuan editing yang baik dan senang mengikuti tren terkini. 

Namun, yang menjadi tantangannya adalah memasarkan jasa dan mencari klien. Biasanya beberapa situs menyediakan lowongan untuk freelancer jasa edit foto dan video yang dapat melayani berbagai macam event. Yuk cari kesempatan sebanyak-banyaknya!

Demikian penjelasan mengenai ide bisnis islami tanpa modal untuk kaum milenial. Ingat bahwa untuk memulai bisnis kamu perlu mengetahui apa yang kamu sukai dan kuasai. Jangan membuat bisnis secara sembarang atau hanya karena alasan “asal punya bisnis”. Persiapkan segala kebutuhan bisnismu dan semangat!

Jangan lupa ikuti kami di Instagram, Twitter, Youtube dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru!

Vocasia adalah platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Dengan bergabung bersama Vocasia tentunya kamu akan berkesempatan untuk belajar banyak bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia dengan memperoleh harga yang terjangkau untuk mengikuti berbagai kelas online agar mahir dalam berbagai bidang! Segera temukan kursus terbaru dan terkini yang cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *