Tanggal:06 May 2024

30 Istilah-Istilah Dalam Bola Basket, dari Dunk Hingga Rebound!

Bola basket merupakan cabang olahraga yang banyak peminat dan penggemarnya. Tidak hanya menyenangkan, olahraga ini juga menyehatkan tubuh kamu. Permainan bola basket biasanya dimainkan antara dua tim atau regu secara berlawanan. Setiap tim biasanya memiliki 5 pemain dalam pertandingan bola basket.

Ada juga banyak istilah-istilah dalam bola basket yang harus kamu ketahui. Istilah-istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan posisi pemain, aturan permainan, gerakan yang dilakukan, dan pelanggaran yang terjadi. Mempelajari istilah-istilah dalam bola basket akan membantu kamu lebih menikmati bola basket, baik sebagai penonton maupun sebagai pemain.

Istilah-istilah yang digunakan dalam olahraga ini biasanya digunakan dalam bahasa Inggris. Lalu, apa saja istilah-istilah dalam bola basket? Simak poin-poin penjelasan dari Vocasia berikut ini.

Daftar Istilah-Istilah dalam Bola Basket yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Bola Basket (Sumber: Freepik.com)

1. Center

Center adalah pemain tertinggi di dalam tim. Pemain tersebut bertugas untuk bermain di area ring lawan. Ketika tim sedang melakukan serangan ke tim lawan, pemain center biasanya akan berusaha menyumbang poin dari lemparan jarak dekat atau mencuri skor dari rebound. Kemudian ketika tim sedang bertahan, tugas center adalah menghalangi lemparan lawan agar tidak masuk ke dalam ring basket. Center juga akan melakukan rebound dari lemparan lawan yang tidak masuk ke ring. Tujuannya adalah untuk mengembalikan tim ke posisi menyerang.

2. Power Forward

Sebenarnya posisi power forward tidak jauh berbeda dengan center. Namun, pemain yang bertindak sebagai power forward menembak lebih jauh dari ring daripada center, yang sering menembak lebih dekat ke ring.

3. Small Forward

Small forward bertanggung jawab untuk berkeliling lapangan dan menerima operan dari belakang ke depan. Selain itu, ia juga bertanggung jawab untuk membela pemain lawan, baik besar maupun kecil. Tak hanya itu, pemain ini juga bisa mencetak poin dari tembakan jarak dekat dan jauh. Pemain dengan posisi small forward dalam permainan bola basket cenderung berlari sangat cepat. Keuntungan lain dari small forward dapat mengoper dan bertahan dengan baik di berbagai posisi di lapangan.

4. Point Guard

Posisi point guard adalah pemain yang memimpin serangan tim. Point guard adalah pemain yang mencoba mencuri bola saat lawan dalam posisi menyerang. Pemain di posisi ini biasanya memiliki skill passing dan dribbling terbaik. Dalam posisi bertahan, tugasnya adalah menjaga point guard lawan.

5. Shooting Guard

Shooting guard adalah pemain terbaik dalam tim untuk memasukkan bola ke ring lawan. Dia bisa mencetak poin dari tembakan jarak jauh dan tembakan jarak dekat. Untuk menjadi seorang shooting guard, seorang pemain harus memiliki kecepatan kaki yang baik dan mampu menembus area pertahanan lawan. Tentunya untuk meningkatkan peluang dalam mencetak gol.

Baca Juga: Ketahui 5 Lisensi Kursus Pelatih Sepakbola Berikut

6. Dribble

Kata dribble pasti sudah gak asing lagi di telinga kamu. Kegiatan dribble ini mencakup menggiring bola dengan satu tangan.

7. Passing

Istilah selanjutnya adalah passing. Passing sendiri dilakukan untuk mengoper bola yang sedang dipegang ke pemain lain dari tim yang sama. 

8. Shooting

Istilah ini sangat populer dalam dunia basket. Eits, tapi bukan shooting untuk pemotretan, ya. Shooting dalam istilah basket adalah upaya untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke ring lawan.

9. Three point

Jika seorang pemain menembak bola dari jarak jauh (di luar garis tiga angka) ke dalam ring lawan, tim akan mendapatkan three point dan diberikan skor 3 poin. Angka ini lebih banyak 1 poin dari shooting biasa, yang hanya memberikan 2 poin.

10. Lay up

Ilustrasi Lay up Bola Basket (Sumber: Freepik.com)

Lay up shoot atau lay up merupakan teknik lemparan bola ke dalam ring basket. Teknik ini kerap dilakukan untuk memasukkan bola ke dalam ring dalam jarak dekat agar pemain bisa mendapatkan angka. Setiap pemain basket diharuskan menguasai teknik lay up ini. Untuk menguasai gerakan ini, tentunya perlu latihan yang rutin.

11. Dunk

Istilah-istilah dalam bola basket selanjutnya adalah dunk. Biasanya, pemain melakukan dunk untuk memasukkan bola dengan membanting bola sedekat mungkin ke arah ring untuk mencetak poin.

Baca Juga: FIBA: Induk Organisasi Bola Basket Internasional

12. Rebound

Sebuah rebound biasanya terjadi ketika seorang pemain gagal membawa bola ke dalam ring dan pemain lain dari timnya atau tim lawan mengambil bola mentah yang terpantul dari ring, dan memasukkan kembali ke dalam ring.

13. Alley-oop

Istilah ini menggambarkan seorang pemain yang melompat, menangkap operan pemain lain, dan segera memasukkan bola ke dalam ring basket dengan dunk atau tembakan sebelum kakinya menyentuh lapangan kembali. 

14. Defense

Defense adalah posisi bertahan yang dilakukan ketika giliran lawan untuk mempertahankan penguasaan bola dan berusaha mencetak gol.

15. Offense

Offense adalah sikap menyerang yang dapat diamati ketika seorang pemain menguasai bola dan berjalan atau berlari ke daerah pertahanan lawan.

16. Block

Aktivitas block dalam permainan bola basket terjadi ketika seorang pemain berhasil mencegat upaya tembakan pemain lawan dengan memegang bola di tangannya sebelum masuk ke ring.

17. Fast Break

Fast break adalah upaya tim untuk mencetak poin setelah berhasil memblokir, mencuri, atau memantulkan kembali bola dari lawan yang tidak menyerang sesegera mungkin.

18. Jump Ball

Jump ball adalah lemparan di awal permainan bola basket. Lemparan ini dilakukan oleh wasit, dengan pemain yang mewakili masing-masing tim berusaha mencapai bola terlebih dahulu.

19. Steal

Istilah steal ini merupakan usaha untuk mencuri bola dari pemain lawan, baik dengan cara merebut langsung maupun dengan menghalangi operan lawan.

20. Assist

Ilustrasi Bola Basket (Sumber: Freepik.com)

Isitilah assist adalah gerakan saat pemain pertama mengoper ke pemain kedua, pemain kedua langsung mencetak skor setelah menerima operan.

21. Pivot

Istilah ini adalah gerakan saat seorang pemain yang menguasai bola, berputar dengan satu kaki untuk mencegah lawan mencuri bola. Gerakan rotasi diperbolehkan selama satu kaki berada di lantai.

22. Airball

Airball adalah lemparan bola yang tidak mencapai atau samapi ke dalam ring. Bola ini seharusnya masuk ring untuk mencetak gol, tetapi jatuh sebelum mencapai ring. Ini biasanya terjadi ketika lemparan bolanya terlalu lemah.

23. Charge

Charge bisa dapat terjadi ketika seorang pemain dengan bola dalam posisi menyerang dan mendorong atau meninju pemain lawan ke bawah.

24. Travel

Seorang pemain dianggap melakukan travel jika ia melangkah lebih dari tiga langkah atau lebih saat menguasai bola tanpa menggiring atau dribble bola.

25. Goal Tending

Goal tending adalah kegiatan bertahan yang dilakukan oleh pemain, yaitu menahan bola yang sudah menukik di dalam ring sehingga bola tersebut gagal memasuki ring. Pada pelanggaran ini bola tetap dihitung masuk, sehingga lawan akan mendapatkan poin.

26. Foul

Foul adalah sebuah pelanggaran bola basket yang biasanya ditandai dengan sengaja membuat pemain lawan tersandung atau terjatuh.

27. Technical Foul

Pelanggaran ini terjadi ketika seorang pemain atau pelatih mengganggu jalannya permainan. Contohnya, berteriak pada wasit, menendang bola basket, bersikap tidak sopan, berkelahi, dan berpegangan pada keranjang setelah melakukan dunk.

28. Free Throw

Lemparan ini diberikan ketika tim lawan melakukan foul atau technical foul terhadap tim lawan. Lemparan bebas dilakukan oleh satu pemain dari garis lemparan bebas, dan tim lawan tidak boleh mengganggu proses lemparan.

29. Double Dribble

Double dribble adalah pelanggaran yang dilakukan karena pemain menggunakan dua tangan dalam memegang ataupun menggiring bola basket.

30. Drag step

Drag step merupakan aktivitas yang dilakukan pemain dalam menggiring bola lalu ditarik untuk mendapatkan ruang, kemudian melakukan shoot atau menembak bola agar masuk ke dalam ring.

Baca Juga: Hebat! Berikut 7 Tim Esport Indonesia Terbaik Yang Telah Mendunia

Itu dia beberapa istilah-istilah dalam bola basket yang perlu kamu ketahui agar semakin menikmati olahraga bola basket, baik sebagai penonton maupun sebagai pemain. Nah, selain produktif dalam bermain basket, kamu juga bisa mencoba untuk produktif dengan mengikuti kursus di Vocasia! Terdapat beragam pilihan kelas dan bidang yang sesuai dengan minat kamu! Klik link berikut ini agar kamu melihat pilihan kelasnya!

Share

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *