Tanggal:29 April 2024

15 Cara Mengusir Nyamuk Di Rumahmu, Dijamin Ampuh!

Cara mengusir nyamuk gak hanya sekadar menggunakan obat nyamuk semprot atau lotion anti nyamuk. Ada berbagai cara dan bahan alami yang dikenal sangat ampuh untuk mengusir nyamuk, yang pastinya aman dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan. 

Penggunaan produk berbasis kimia, seperti semprotan nyamuk dan obat nyamuk bakar memang memberikan hasil yang cepat dalam mencegah gigitan nyamuk, tetapi obat nyamuk berbahan kimia tersebut juga membawa risiko efek samping yang berbahaya, terutama buat si kecil.

Untuk meminimalkan potensi efek samping, penggunaan obat pengusir nyamuk berbahan kimia dapat diganti dengan bahan alami sebagai salah satu cara mengusir nyamuk. Selain itu, kamu juga bisa melakukan hal sederhana lain yang dapat mengusir nyamuk. Penasaran ada apa saja? Yuk, langsung saja baca informasi di bawah ini!

Bagaimana Cara Mengusir Nyamuk di Rumah?

Ilustrasi Gigitan Nyamuk (Sumber: Freepik.com)

Untuk mengantisipasi gigitan nyamuk yang gatal, Sobat Vocasia bisa melakukan beragam cara mengusir nyamuk yang alami. Meskipun tidak menggunakan bahan kimia atau alat-alat khusus lainnya, cara di bawah ini sudah terbukti ampuh dan efektif untuk mengusir nyamuk. Dibaca sampai habis, ya!

1. Menyemprotkan Minyak Kayu Manis

Studi menunjukkan bahwa minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk dan nyamuk besar. Untuk menggunakannya, kamu hanya cukup menyampurkan 120ml air dengan 24 tetes (1/4 sendok teh) minyak kayu manis. Kemudian, kamu bisa semprotkan cairan pada pakaian, benda, dan tanaman. Semprotkan juga larutan minyak kayu manis ini di sekitar rumah kamu dan di tempat sarang nyamuk. Minyak kayu manis dapat dioleskan ke kulit, tetapi harus digunakan dengan hati-hati karena dapat mengiritasi kulit.

2. Bawang Putih Efektif Mengusir Nyamuk

Bawang putih terbukti sangat manjur dan sangat efektif sebagai salah satu cara mengusir nyamuk. Kamu hanya perlu meletakkan beberapa siung bawang putih di sudut-sudut rumah untuk membuat nyamuk pergi. Jika kamu memiliki anak atau hewan peliharaan, terdapat cara lain yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa merebus bawang putih, kemudian tuangkan air rebusan tersebut ke dalam botol semprot. Setelah itu, kamu bisa menyemprotkannya di tempat nyamuk berkumpul.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Hias, Berikut Cara-Caranya!

3. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk (Sumber: Freepik.com)

Bahan alami yang dibenci nyamuk selanjutnya adalah kulit jeruk. Bau kulit jeruk yang menyengat membuat nyamuk akan sangat terganggu saat menghirupnya. Itulah mengapa obat nyamuk berbahan kulit jeruk sering digunakan. Cara menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk adalah dengan meletakkan beberapa kulit jeruk di beberapa sudut ruangan yang menurut kamu banyak nyamuk.

Aroma kulit jeruk tersebut akan menyebar di sudut-sudut ruangan dan mengganggu keberadaan nyamuk sehingga dapat mengusirnya. Agar kulit jeruk tidak mudah busuk, kamu bisa mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu agar lebih tahan lama saat diletakkan di sudut-sudut ruangan tertentu.

4. Pakai Ampas Kopi

Ampas kopi dikenal ampuh sebagai pengusir serangga di rumah, salah satunya nyamuk. Pasalnya, ampas kopi memiliki bau menyengat yang tidak disukai banyak serangga. Agar ampas kopi tidak terbuang percuma, kamu dapat mencobanya dengan membakar beberapa ampas kopi dan sebarkan di sekitar ruangan. Emisi karbon dioksida yang dilepaskan menghalangi dan membingungkan nyamuk untuk melacak manusia.

5. Mengoleskan Minyak Serai

Minyak serai atau sereh, dan juga dikenal sebagai minyak citronella, dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, loh. Efektifitas minyak serai dalam mengusir gigitan nyamuk mirip dengan minyak kayu manis dan bahkan DEET yang ditemukan dalam lotion pengusir nyamuk. Daun serai ini memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Jika kamu mengoleskan minyak serai ke kulit, dapat melindungi kulit kamu dari gigitan nyamuk hingga dua jam. Setelah itu, kamu perlu mengolesnya kembali setelah beberapa waktu jika diperlukan.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

6. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Sobat Vocasia pasti sudah tidak asing lagi kalau mendengar minyak kayu putih, biasanya digunakan untuk menghangatkan tubuh. Ada banyak merek obat nyamuk, tetapi ternyata minyak kayu putih merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk, loh. Bahkan, minyak kayu putih juga ampuh untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol yang sudah terlanjur tergigit nyamuk. Aroma dari minyak kayu putih yang sangat khas ini juga tidak disukai oleh nyamuk sehingga minyak kayu putih ini sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

7. Buah Lemon

Tahukah kamu kalau lemon dapat digunakan untuk mengusir nyamuk? Lemon adalah buah yang mengandung zat antiseptik dan tidak disukai oleh banyak spesies serangga, termasuk nyamuk. Cara menggunakannya adalah dengan memeras lemon dan digunakan sebagai semprotan ruangan. Kamu juga bisa mengiris lemon sampai mengeluarkan aroma buahnya dan menyimpannya di sudut ruangan yang ada nyamuk. Setelah beberapa saat, nyamuk akan terganggu oleh bau lemon dan akan menghindari tempat itu.

8. Gula Merah Cair

Jika ada terlalu banyak nyamuk di rumah kamu untuk dibasmi, Sobat Vocasia bisa coba menggunakan cara menjebak untuk membasminya. Bahan alami yang dapat digunakan untuk menangkap nyamuk adalah gula merah cair. Bahan ini pasti mudah ditemukan, karena biasanya digunakan untuk keperluan masak.

Cara menggunakannya adalah dengan melelehkan kepingan gula merah dengan cara memanaskannya. Setelah itu, oleskan larutan gula merah ini pada botol plastik yang sudah dibelah dua. Balikan corong botol untuk menutupi gula merah. Letakkan botol tersebut di tempat yang banyak nyamuknya.

9. Lilin Aroma Terapi Lavender

Lilin Aromaterapi Lavender (Sumber: Freepik.com)

Apakah kamu suka menggunakan lilin aromaterapi? Lilin aromaterapi bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, loh. Terlebih lagi jika kamu menggunakan lilin aromaterapi rasa lavender. Selain untuk pengharum ruangan dan merilekskan pikiran serta tubuh kamu, lilin aroma terapi ini bisa memiliki fungsi lain, yakni mengusir nyamuk secara langsung. 

Kamu gak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak yang menjual lilin aroma terapi dengan beragam varian. Kalau kamu menginginkan variasi lilin aromaterapi selain lavender, tidak apa-apa. Meski tidak seefektif variasi lavender, varian lain juga bisa mengurangi keberadaan nyamuk.

10. Mengoleskan Minyak Kedelai

Cara alami lain untuk mengusir nyamuk adalah dengan mengoleskan minyak kedelai. Minyak kedelai terbukti efektif mencegah gigitan nyamuk, terutama nyamuk anopheles. Minyak ini memberikan perlindungan tahan lama dan aman digunakan oleh anak-anak. Kamu juga bisa mencampur minyak kedelai dengan minyak serai untuk meningkatkan efektivitasnya dalam mengusir berbagai jenis nyamuk.

11. Rajin Membersihkan Lingkungan Sekitar

Banyaknya nyamuk di suatu tempat atau daerah biasanya dipengaruhi oleh kebersihan tempat tersebut. Biasanya, nyamuk lebih cenderung berkembang biak dan menyebar di daerah yang kotor atau lembab. Oleh karena itu, cara paling efektif untuk mengusir nyamuk adalah dengan menciptakan lingkungan yang bersih. Meskipun tidak sepenuhnya hilang, menjaga lingkungan yang bersih sangat dapat mengurangi populasi nyamuk yang berkeliaran. Sobat Vocasia dapat mulai membersihkan area di mana nyamuk menyebar dan berkembang biak. Seperti selokan, waduk, genangan air, tempat pembuangan sampah, pakaian gantung, lorong-lorong gelap, dan lain sebagainya.

12. Mengeringkan Genangan Air

Genangan air di sekitar rumah adalah tempat berkembang biak utama bagi nyamuk. Jadi, tutup semua benda yang berpotensi menjadi tempat genangan air, seperti kolam, pot bunga yang tidak digunakan, tong sampah, bak mandi, dan apa pun yang berpotensi menampung air.

13. Mengenakan Pakaian Panjang

Pakaian Panjang (Sumber: Freepik.com)

Pakaian yang menutupi tubuh diketahui ampuh untuk mengusir nyamuk. Pilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat untuk perlindungan optimal dari gigitan nyamuk tanpa membuat kamu gerah. Hindari menggunakan pakaian berwarna gelap, karena kamu akan menarik perhatian nyamuk.

14. Menyalakan Kipas Angin

Angin yang dihasilkan oleh kipas membuat nyamuk sulit terbang dan bergerak di udara. Hal ini dapat mencegah nyamuk menjajah kulit kamu, sehingga dapat digunakan sebagai cara alami untuk mengusir nyamuk.

15. Gunakan Alat Elektronik Pembasmi Nyamuk

Tidak ada salahnya berinvestasi untuk alat elektronik pengusir nyamuk. Selain tidak berbahaya bagi kesehatan, perangkat elektronik juga sangat cocok untuk orang yang tidak menyukai bau yang terlalu menyengat. Ada dua jenis alat yang dapat kamu gunakan, yaitu raket nyamuk dan lampu UV.

Kedua alat ini sangat praktis dan mudah digunakan, cukup nyalakan raket tersebut dan mengibaskannya ke arah nyamuk. Sedangkan untuk lampu UV, cukup colokan kabel ke stop kontak untuk menyalakan lampu, nyamuk akan terbang di sekitar lampu. Kedua alat tersebut mengeluarkan sengatan listrik dan mampu membunuh nyamuk. Pastikan kamu menjauhkan perangkat elektronik tersebut dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

Baca Juga: Yuk, Simak Manfaat Kurma Bagi Kesehatan!

Itu dia beberapa cara mengusir nyamuk di rumah yang terbukti manjur dan super ampuh. Beberapa bahan alami yang disebutkan di atas mudah ditemui di sekitar lingkungan kamu. Cara mengusir nyamuk di atas juga dapat kamu pertimbangkan untuk hidup lebih bersih dan sehat. Untukmu yang ingin mengisi waktu luang sembari mengusir nyamuk, yuk, ikuti kursus Hobi & Lifestyle yang disediakan Vocasia! Di sana, terdapat beragam kelas yang bisa kamu ikuti. Buruan, klik sekarang!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *