Tanggal:03 May 2024

5 Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Sumber Daya Laut

Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia, maka tak heran jika di Indonesia banyak peluang kerja di bidang perikanan dan kelautan serta sumber daya laut.

Sumber daya laut yang sering menjadi perbincangan di Indonesia di antaranya ikan, terumbu karang, wisata bahari, minyak dan gas bumi, bahan mineral dan masih banyak lagi sumber daya lainnya.

Sumber daya laut di Indonesia bisa dikategorikan melimpah bisa menjadi potensi ekonomi yang tinggi bagi rakyat. Kita bisa melihat warga Indonesia yang hidup di wilayah pesisir memiliki kehidupan perekonomian yang cukup stabil.

Buat kamu yang memiliki ketertarikan di bidang perikanan dan kelautan, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberitahumu beberapa jenis pekerjaan yang berkaitan dengan sumber daya laut.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan berikut ini sampai tuntas!

1. Nelayan

Nelayan (sumber: Pexels)

Pekerjaan yang berkaitan dengan sumber daya laut pertama yaitu adalah profesi nelayan. Nelayan merupakan sebutan bagi orang yang mencari sumber penghasilan dengan menangkap ikan di lautan. Profesi ini menggunakan kapal kecil hingga berskala besar dalam melaut untuk menangkap banyak ikan.

2. Pertambangan minyak

Tambang minyak (sumber: Pexels)

Pekerjaan yang kedua yaitu bekerja di perusahaan pertambangan. Tak jarang di pantai Indonesia terdapat perusahaan pertambangan minyak lepas pantai yang beroperasi. Pada dasarnya pekerjaan ini dilakukan oleh perusahaan besar yang bergerak di bidang sumber daya alam laut khususnya minyak dan gas bumi.

3. Pelayaran

Pelaut (sumber: Pexels)

Di laut juga terdapat suatu sistem transportasi atau biasa disebut pelayaran. Dengan wilayah perairan yang luas dan banyaknya pulau, industri pelayaran sangat berkembang di Indonesia.

Pelayaran merupakan suatu kesatuan dari beberapa angkutan laut, pelabuhan, keselamatan dan keamanan lingkungan laut. Hiruk pikuknya kelautan di Indonesia membuat banyak posisi pekerjaan yang tersedia di industri pelayaran.

4. Pelabuhan

Pelabuhan (sumber: Pexels)

Perkembangan pelabuhan di Indonesia tidak bisa lepas dari reformasi maritim Indonesia termasuk aspek pelayaran pelabuhan, logistik, pendidikan maritim dan aspek hukum. Pelabuhan juga sering disebut sebagai urat nadi untuk ribuan perusahaan penyedia jasa usaha kepelabuhan.

5. Pariwisata

Tempat wisata (sumber: Pexels)

Sektor pariwisata laut merupakan salah satu industri yang ikut berkembang dengan adanya banyak wilayah perairan di Indonesia. Banyak peluang usaha yang terbuka selain dari usaha wisata alam juga terdapat peluang bisnis perdagangan cinderamata, sewa perahu, tour guide, rumah makan seafood dan masih banyak lagi. Peluang pariwisata laut sangatlah besar mengingat wisatawan mancanegara sangat mencintai wisata pantai.

6. Nakhoda

Kapten kapal (sumber: Pexels)

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki minat di dunia kelautan dan perikanan. Nakhoda merupakan orang yang memimpin atau kapten sebuah kapal. Bisa juga disebut seorang perwira laut yang menjadi komando tertinggi dalam kapal niaga.

Nakhoda bertugas sebagai penanggung jawab atas perjalanan penumpang dari satu pelabuhan ke pelabuhan tujuan. Untuk menjadi seorang nahkoda, kamu perlu mengambil jurusan sekolah seperti teknik perkapalan, teknik sistem perkapalan, sistem teknik laut, atau teknik maritim 

7. Petani Garam

Panen garam (sumber: Pexels)

Seperti yang kita ketahui bahwa bumi didominasi oleh perairan atau laut. Oleh karena itulah, garam merupakan salah satu sektor kelautan yang bisa dimanfaatkan sebagai suatu mata pencaharian. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara yang berbentuk kepulauan sehingga produksi garam dapat menjadi sektor yang diunggulkan. Namun, tidak semua pesisir di Indonesia dapat memenuhi syarat untuk dilakukannya produksi garam.Ini karena keadaan suatu daerah pesisir dengan daerah lainnya memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga tidak semua sumber daya laut tidak bisa digunakan untuk membuat garam.

8. Petani Rumput Laut

Panen rumput laut (sumber: Pexels)

Salah satu sumber daya laut yang banyak dijumpai adalah rumput laut. Rumput laut merupakan bahan utama untuk membuat sesuatu seperti kertas dan juga makanan. Namun yang perlu diperhatikan dalam budidaya rumput laut yaitu tempat dan iklim pantai. Karena berbeda pesisir membuat cara tanam dan perawatan rumput laut pun juga berbeda.

9. Surveyor

Survei laut (sumber: Unsplash)

Surveyor merupakan sebutan untuk orang yang biasanya melakukan survei. Salah satunya yaitu survei yang dilakukan di lautan, sebutannya yaitu surveyor hidro-oseanografi. Profesi ini merupakan profesi hal yang berhubungan dengan ilmu hidrografi dan oseanografi. Pada pekerjaan ini, kamu melakukan kegiatan survei guna mendapatkan informasi tentang bentuk dan karakteristik perairan. Misalnya yaitu bentuk dasar laut dan keadaan air pesisir yang membatasi lautan dan daratan. 

10. Coastal Modeler

Simulasii dinamika laut (sumber: Unsplash)

Profesi ini merupakan pekerjaan yang melakukan simulasi dinamika atau perubahan yang ada di laut menggunakan sebuah software. Hal ini dilakukan untuk dapat membuat suatu prediksi tentang gejala alamiah yang terjadi di laut. Jenis profesi ini cocok untuk kamu yang suka bekerja di dalam ruangan. Atau bisa juga untuk orang yang menyukai laut tapi malas untuk terjun secara langsung.

Nah itulah tadi 10 jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya laut. untuk kamu yang sedang mencari informasi terkait kesehatan gaya hidup otomotif Atau lainnya kamu bisa mengunjungi blog vocasia.

Edited by Romadhona S. 

sukses wawancara - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *