Tanggal:14 May 2024

5 Cara Jadi Selebgram

Di jaman media sosial sekarang seperti sekarang ini, untuk bisa jadi terkenal kamu tidak harus tampil di TV terlebih dahulu.

Tentunya sekarang ini pasti banyak generasi muda bahkan sampai generasi tua yang ingin menjadi seorang selebriti salah satunya di media sosial instagram yang biasa dikenal dengan sebutan selebgram.

Dengan kepopuleran yang dimiliki seorang selebgram, ia bisa bisa memperoleh keuntungan sebesar 8,5 juta rupiah hanya dengan mempostin 1 konten saja.

Namun kenyataannya untuk bisa menjadi seorang selebgram tidaklah mudah, dibutuhkan konsisten serta melalui proses yang panjang.

Menjadi seorang selebgram tidaklah mudah namun Vocasia akan membantu menjawab kebingunganmu dengan memberikan beberara tips dan cara yang bisa membantu menjadi seorang selebgram tersohor di Indonesia.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk artikel cara jadi selebgram dari Vocasia berikut ini!

1. Tentukan segmen pasar

awkarin sebagai salah satu selebgram travelling

awkarin sebagai salah satu selebgram travelling – @instagram.com

Selebgram memiliki kemiripan dnegan seorang penulis blog, dimana kamu harus menentukan segmen pasar atau niche yang tepat dan sesuai dengan diri kamu sendiri.

Untuk lebih mudah, niche atau segmen pasar merupakan penggolongan suatu topik yang ingin kamu tunjukan di instagram. Beberapa topik yang mungkin sering kamu lihat seperti kecantikan, komedi, ekonomi dan masih banyak lagi topik-topik lainnya.

Niche atau segmen pasar ini akan sangat memudahkan kamu untuk membuat konten secara konsisten mengingat selebgram harus selalu bisa memikirkan ide-ide baru di setiap postingannya. Hal ini juga membantu kamu mendapatkan mitra yang bisa diajak bekerja sama sesuai dengan topik yang kamu bawakan pada kontenmu.

Misalnya saja seperti selebgram awkarin yang sering mengupload konten tentang travelling. Berkat ketenaran tersebut ia sering menerima endorse dari bisnis kuliner atau paket liburan.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menentukan niche yang tepat, kamu bisa mencoba memulainya dengan topik yang kamu suka seperti misalnya olah raga atau fashion.

2. Personal branding

Kristo Immanuel sebagai salah satu selebgram dengan personal branding yang kocak

Kristo Immanuel sebagai salah satu selebgram dengan personal branding yang kocak – @instagram.com

Tak jarang orang berhasil menjadi seorang selebgram akibat sosoknya bukan karena konten yang dipostingnya.

Contohnya saja kristoimanuel. Selebgram ini bisa dikenal oleh orang banyak karena konten di instastorynya yang selalu berisikan cerita-cerita lucunya setiap hari. Itulah personal branding yang dia bangun.

Personal branding bukanlah hal yang sulit kamu tentukan seperti niche karena personal branding bisa kamu bangun dengan cara jadi diri sendiri.

3. Sunting profi akun instagram

Bio instagram patra gumala yang berisikan informasi lengkap

Bio instagram Patra Gumala yang berisikan informasi lengkap – @instagram.com

Menyunting profil dengan baik berguna agar setiap orang yang mengklik akun profil kamu mudah mengenali siapa kamu sebenarnya.

Untuk menyunting akun instagram agar terlihat bagus, kamu bisa menerapkan beberapa tips ini.

  • Gunakan foto yang jelas dan menarik perhatian
  • Melengkapi bio dengan informasi tentang diri kamu
  • Sertakan kontak yang bisa dihubungi untuk keperluan bisnis seperti email atau nomor whatsapp
  • Cantumkan link yang menghubungkan instagram kamu dengan media sosial milik kamu lainnya
  • Ubah akun menjadi akun bisnis agar bisa melihat data statistik dari engagement yang sudah kamu dapatkan.

Untuk mengubah dari akun biasa menjadi akun bisnis juga cukup mudah, kamu tinggal masuk ke menu setting lalu kilk account dan set to business account.

4. Gunakan hashtag di setiap postingan

Hashtag memudahkan orang untuk menemukan suatu topik yang dia cari. Tidak menutup kemungkinan hashtag akan memudahkanmu meningkatkan engagement instagram kamu.

Tak jarang di suatu waktu akan muncul beberapa hashtag yang trending sehingga kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menarik perhatian para pengguna instagram.

5. Kolaborasi

Cara yang satu ini merupakan salah satu cara terpopuler untuk mendapatkan banyak followers. Kamu bisa mencobanya dengan teman kamu yang memiliki followers yang lebih banyak dari kamu.

Perlu diingat juga kolaborasi yang kamu lakukan harus dengan seseorang yang memiliki niche yang sama seperti misalnya 2 penyanyi membuat konten duet cover lagu. Hal ini tentu saja akan meningkatkan engagement dari kedua belah pihak.

Demikian adalah 5 cara jadi selebgram dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *