Tanggal:10 May 2024

13 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan Contohnya

Judul adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca ketika mereka mencari kata kunci di mesin pencarian. Maka dari itu, agar pembaca mau meng-klik artikelmu kamu harus membuat judul yang menarik. Baik artikel tersebut muncul di hasil pencarian atau timeline media sosial. Melalui judul, kamu harus bisa menciptakan kesan pertama yang baik kepada calon pembaca.

Mau tau cara membuat judul yang menarik? Simak Artikel berikut.

1. Buatlah Judul untuk Satu Target Pembaca

Poin ini sangat penting bagi kamu untuk mengetahui artikel yang akan kamu buat ditunjukan untuk siapa. Jika kamu memahami cara menulis artikel pasti kamu tahu siapa target pembacanya. Mencari tahu target pembaca adalah hal yang perlu dilakukan. Dengan adanya jutaan manusia di dunia, tidak menjamin artikelmu banyak viewers-nya. Sebab setiap orang pasti memiliki ketertarikan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, kamu perlu menetapkan siapa pembaca yang terbanyak karena jika kita membuat judul yang tidak spesifik hanya demi mengincar banyak orang dengan berbagai usia dan jenis kelamin, justru sebenarnya kamu sedang tidak mengincar siapapun.

Contohnya:

Jika kamu sedang mencari artikel tentang list pelembab untuk kulit sensitif, judul mana yang akan kamu pilih?

  • 7 Rekomendasi pelembab terbaik untuk kulit sensitif
  • 7 Rekomendasi pelembab terbaik untuk semua jenis kulit
  • 7 Rekomendasi pelembab terbaik yang harus kamu coba

Secara logika, kamu pasti memilih poin yang pertama. Sebab judulnya sangat menggambarkan tentang apa yang kamu inginkan. Poin kedua, masih masuk akal namun belum tentu daftar pelembab tersebut cocok untuk kulit kamu terlebih lagi poin yang ketiga.

Dengan membuat judul yang spesifik untuk satu target pembaca, maka kamu juga akan sangat mudah melakukan penjualan. Ketika kamu sedang membuat judul seperti poin pertama, kamu mampu menyimpulkan bahwa yang membacanya adalah orang yang ingin memakai pelembab tetapi kulitnya rawan sensitif.

Jika kamu menjadi seorang affiliator atau bekerja sama dengan pemilik brand skincare tersebut, kamu bisa saja mencantumkan link pada artikel tersebut agar pembaca bisa sekaligus membelinya.

2. Gunakan Angka Agar Lebih Spesifik

Tambahkan angka pada judul artikelmu. Karena kebanyakan pembaca lebih tertarik melihat angka atau artikel yang listicle. Sebab mereka tahu berapa banyak poin penting yang akan mereka dapatkan dari suatu artikel. Berikut adalah beberapa contoh judul artikel populer yang menggunakan angka agar artikel terlihat lebih menarik

  • 10+ Aplikasi Investasi Saham Terbaik dan Terdaftar OJK
  • 7 Situs Menulis Artikel dibayar dan Hasilkan Cuan

Bedasarkan hasil riset dari Content Marketing Institute, judul artikel blog yang menggunakan angka menghasilkan performa 45 persen lebih baik dibandingkan dengan judul artikel biasa. Itulah mengapa hal tersebut menjadi salah satu untuk mengoptimasi SEO on Page.

3. Buat Judul untuk Pembaca, bukan Mesin

Dengan cara riset keyword kamu memang harus berusaha mengoptimasi judul artikel yang disesuaikan dengan fokus keyword. Namun, jika kamu terlalu fokus pada keyword-nya saja akan membuat tulisanmu menjadi kaku, bahkan terlihat aneh.

Meskipun begitu, jangan lupa bahwa kamu menulis artikel tersebut agar dibaca oleh manusia, bukan mesin. Memang lebih baik untuk meletakkan fokus keyword di awal judul. Namun, jika tidak memungkinkan, jangan paksakan diri untuk meletakkan kata tersebut di depan.

Baca juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly

5. Berikan Manfaat untuk Pembaca

Pastinya, pembaca mengharapkan mendapatkan manfaat setelah membaca artikelmu. Mereka hanya ingin masalahnya terpecahkan hanya dengan membaca konten kamu. Pembaca tidak akan membutuhkan artikel yang tidak memberikan solusi dan mereka berpikir hanya membuang-buang waktu saja.

Contohnya: Resep Nasi Goreng Rendah Kalori, Dijamin Sehat!

Dari judul diatas, mungkin diperuntukan oleh pembaca yang sedang diet atau ingin mengkonsusmsi makanan sehat. Pembaca ditawarkan cara membuat nasi goreng rendah kalori dan juga sehat. Pembaca akan melihat bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat nasi goreng rendah kalori beserta cara membuatnya yang dijelaskan pada artikel tersebut. Bagi pembaca yang terpenting adalah bagaimana kamu memberi artikel yang berguna sesuai yang mereka butuhkan.

Pixabay

6. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Untuk cara selanjutkan yang bisa kamu terapkan ialah gunakan bahasa yang mudah dipahami dan tetap logis. Logis disini berarti kata-kata yang kamu tuliskan dalam pembuatan judul bisa diterima dengan masuk akal oleh pembaca. Menggunakan bahasa yang runtut dan juga logis dapat terhindar dari kesalah pahaman dalam memaknai judul dari para pembaca.

Berikut beberapa contoh judul artikel menarik yang menggunakan bahasa logis dan mudah dipahami untuk menarik minat para pembaca.

  • Tips Memilih Serum Wajah untuk Kulit sensitif
  • Cara membuat Sate Bandeng yang Simpel
  • Jenis-jenis Make-up Sesuai dengan Fungsinya

Dengan beberapa contoh artikel diatas, kamu bisa lebih memahami cara membuat artikel yang logis dan mudah dipahami oleh pembaca.

Baca juga: Bounce Rate: Pengertian, Jenis Dan Cara Menurunkannya

7. Libatkan Perasaan Pembaca

Salah satu judul yang menarik perhatian pembaca ialah dengan melibatkan perasaan mereka. Buatlah judul artikel yang membuat pembaca penasaran, yakin, terheran-heran dan apa saja yang melibatkan berkaitan dengan perasaan mereka.

Contoh Judul Artikel yang mempengaruhi perasaan

  • 7 cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Selama Satu Bulan
  • 15+ Makanan Defisit Kalori yang Wajib Dikonsumsi saat Diet

Saat membaca judul tersebut, pembaca akan merasa yakin dengan kata yang digunakan dalam judul seperti ‘akurat’ dan ‘wajib’. Pembaca akan tertarik untuk membaca artikel membuat mereka penasaran.

8. Tempatkan Keyword pada Posisi Strategis

Keyword suatu hal yang sangat tidak asing bagi kamu yang sedang berkecimpung dalam dunia SEO (Search Engine Optimation). Jika kamu diharuskan untuk memasukan kata kunci dalam judul. Ada baiknya jika kamu menempatkan kata kunci tersebut pada bagian yang strategis pada judul tersebut.

Saat kamu akan membuat judul yang mengandung kata kunci, tempat strategis untuk membuat judul ialah pada bagian awal judul dan akhir judul. Namun jika memang ini agak sulit untuk diterapkan karena tidak semua keyword penempatannya di bagian awal atau akhir maka ini tak jadi masalah.

Jika kamu menempatkan keywordnya di tengah, maka kamu harus membuat kata yang menarik di awal judulnya supaya minat pembaca tidak kabur pada judul tulisan yang disediakan. Misalnya pada bagian ini akan disajikan keyword seperti “Makanan Korea”. Dengan kata kunci ini, berikut beberapa contohnya.

  • Dijamin Nagih, Makanan Korea Ini Enak Banget!
  • 15 Makanan Korea Terfavorit yang Wajib Kamu Coba
  • Suka Pedas? Cobain Makanan Korea Ini Yuk!

Ketika menulis artikel dengan jenis SEO, penulisan keyword harus jelas dan sebisa mungkin sesuaikan dengan kata kunci yang ditarget.

Pixabay

9. Jangan Membuat Judul Terlalu Panjang

Membuat judul artikel blog memang tidak terlalu mudah. Kamu harus bisa merangkum keseluruhan artikel dalam beberapa kata saja. Judul artikel yang terlalu panjang akan membingungkan calon pembaca. Calon pembaca perlu mengetahui dengan pasti apa yang akan mereka dapatkan dari membaca sebuah artikel.

Judul artikel yang singkat ini menunjukkan ketegasan kamu akan apa yang ingin disampaikan melalui artikel tersebut. Panjang judul artikel juga harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Jika tujuannya adalah agar artikel bisa mendapatkan peringkat bagus di hasil pencarian, sebaiknya pastikan panjang judul selalu di bawah 70 karakter.

Jika tujuan kamu agar artikel banyak dibagikan di media sosial, menurut Hubspot panjang judul artikel yang efektif adalah 8-12 kata untuk Twitter dan 12-14 kata untuk Facebook.

Berikut contoh judul artikel dengan singkat dan jelas sesuai topik:

  • Cara menonaktifkan Komentar di Instragram Feed
  • Mengatasi Lupa Pasword untuk Akun LinkedID.

Judul yang ada di atas sudah menjelaskan topik yang akan dibahas tanpa perlu menggunakan kata-kata terlalu panjang.

10. Brainstorming Dengan Orang Lain

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kamu menulis judul artikel bukan untuk mesin tetapi manusia. Jadi sebelum merilis judul artikel tersebut, sebaiknya tunjukkan judul tersebut kepada teman, rekan kerja, atau siapapun yang bisa kamu minta pendapatnya.

Apa yang kurang dari judul yang kamu buat? Apakah judul yang kamu buat nyaman dibaca? Apa yang perlu ditambahkan pada judul tersebut? Dapatkanlah pendapat dan masukan sebanyak-banyaknya agar judul kamu semakin baik dan semakin menarik perhatian banyak orang.

11. Tampilkan Masalah pada Judul

Tak jarang, jika calon pembaca banyak yang khawatir atau tertarik pada sebuah masalah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu menampilkan kekhawatiran atau sebuah masalah pada judul tersebut. Misalnya, beberapa judul berikut yang menampilkan masalah namun tetap membuat pembaca tertarik.

  • 7 Kesalahan Fatal yang dilakukan oleh Investor Saham Pemula.
  • Tips Make Up Anti Crack.
  • 8 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari.

12. Penulisan PUEBI yang Benar

Cara membuat judul artikel yang perlu kamu cermati berikutnya adalah dengan mematuhi penulisan sesuai kaidah PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Secara sederhana, PUEBI merupakan serangkaian tata cara yang mengatur penulisan dengan menggunakan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Oleh karena itu, perlu bagi kamu untuk menggunakan kalimat dan struktur penulisan sesuai dengan agar membuat judul tulisan yang dibuat menjadi semakin menarik. kamu juga perlu memastikan bahwa dalam penulisan judul tersebut tidak mengandung typo ataupun salah ketik. Adanya salah ketik dan juga tanda baca yang tidak sesuai akan membuat judul artikelmu menjadi terlihat kurang baik di mata pengunjung.

Contoh penulisan judul dengan memperhatikan teknik penulisan sesuai kaidah PUEBI.

  • Manfaat Kulit Manggis untuk Penyakit Diabetes.
  • Cara Membuat Saus Gochujang Korea Paling Praktis.
  • Tips Membuat Kandang Kelinci di Halaman Rumah.

Mengingat PUEBI adalah sejumlah kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tentu ada cukup banyak yang perlu diperhatikan mulai dari pemakaian huruf kapital yang sesuai, penggunaan huruf miring, penggunaan kata serapan yang tepat, dan bahkan penggunaan kata sambung pun perlu diperhatikan.

13. Frase Perbandingan Pada Judul Artikel

Cara terakhir yang tidak kalah penting ialah dengan menggunakan frase perbandingan. Misalnya seperti beberapa contoh judul berikut

  • Reach Vs Impression Instagram, Mana Yang Lebih Penting?
  • Lebih Baik Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga? Berikut Penjelasan Ilmiahnya!

Dengan menggunakan frase kata pembanding akan membuat judul menjadi terlihat lebih menarik dan juga unik untuk disimak.

Nah, itulah beberapa cara membuat judul yang menarik untuk artikel. Semoga membantu.

Baca juga: 8 Syarat Dalam Menulis Judul Berita, Calon Jurnalis Wajib Tahu!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *