Tanggal:15 May 2024

10+ Media Promosi Online Dan Contohnya

Di jaman revolusi industri 4.0 ini, sudah jarang para pelaku usaha mempromosikan produknya menggunakan iklan konvensional, seperti tayangan di televisi ataupun medi cetak. Mereka justru lebih memilih memanfaatkan internet sebagai platform untuk media promosi. Akhir-akhir ini, media promosi online sudah menjadi salah satu solusi para pelaku usaha untuk meraih keuntungan dan pendapatan yang lebih besar. Tentunya, dengan cara yang lebih terjangkau, praktis, dan efesien.

Apa itu Media Promosi Online?

Media promosi online adalah suatu aktivitas promosi untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa. Proses pemasaran tersebut dilakukan secara online melalui media internet dan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pemasaran yang dilakukan secara online merupakan rangkaian kegiatan, mulai dari perencanaan, tindakan, pelayanan hingga pengiriman produk. Sebagian besar aktivitasnya menggunakan internet. 

Salah satu faktor yang menjadikan promosi online lebih sering digunakan adalah karena jumlah pengguna internet yang semakin hari memang semakin banyak. Hal ini jelas sangat menguntungkan, karena memudahkan proses pemasaran dan penjualan.  Pemasaran online dapat dilakukan melalui media promosi online yang kamu miliki. Contoh media promosi online, antara lain seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp dll. 

Contoh Media Promosi Online

1. Facebook

Pixabay

Indonesia masuk dalam 5 besar negara dengan pengguna Facebook terbanyak. Faktor inilah yang menjadikan Facebook Ads sebagai media promosi online paling efektif untuk pemasaran produk. Demografi pengguna Facebook di Indonesia sangat beragam dan mencakup berbagai kelompok usia. Hal ini juga memudahkan kamu sebagai pebisnis untuk menentukan target iklan dengan spesifik.

Keuntungan lainnya adalah, bila kamu memasarkan produk dengan Facebook Ads, iklan tersebut tidak hanya akan muncul di Facebook, tapi juga bisa muncul di website lain yang bekerja sama dengan Facebook. Ingat, layanan ini tidak gratis. Kamu perlu membayar sejumlah biaya untuk mulai promosi di sini. Tenang, biaya Facebook Ads tergolong murah, mulai dari Rp10.000 saja kamu sudah bisa pasang iklan. 

Baca juga: Tips 5 Cara Memaksimalkan Facebook Ads Bagi Pemula!

2. Twitter

Pixabay

Selain Facebook, twitter juga menjadi salah satu media promosi online yang efektif. Bukan hanya satu macam jenis iklan yang ada di Twitter, namun ada beberapa yang bisa menjadi referensi lain untuk kamu, yaitu promoted tweet, promoted accounts, hingga promoted trends. 

Jika kamu sudah mengetahui target audiens dengan jelas, kamu bisa membuat campaign-mu sendiri. Namun jika kamu belum tahu, kamu bisa menggunakan fitur promosi otomatis yang disediakan Twitter.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Twitter Ads?

3. Instagram

Pixabay

Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk, di Instagram kamu juga bisa menaruh caption yang lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda.

Inilah kesempatan bagi kamu untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan dan membuat video reels juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis.

4. Tiktok

Pixabay

TikTok merupakan media sosial yang tergolong baru, dibandingkan Facebook, maupun Instagram. Namun, seiring berjalannya waktu, media sosial asal Tiongkok ini menjelma sebagai salah satu yang populer. Media sosial yang kerap digunakan untuk berekspresi ini, saat ini juga dapat digunakan sebagai media promosi online.

Layanan media promosi online dari TikTok adalah TikTok Ads, yang merupakan salah satu media promosi yang efektif, menguntungkan, dan tidak memerlukan biaya iklan. Selain fitur iklan, media promosi online berbentuk TikTok Ads juga memampukan pelaku usaha bisa mudah meningkatkan orang yang melihat video secara organik.

Di TikTok terdapat fitur For You Page (FYP), di situ pelaku usaha dapat melihat postingan dari akun yang relevan meskipun tidak mengikuti (follow) akun lain. Menggunakan TikTok Ads sebagai media promosi online dapat dilakukan dengan beberapa cara, utamanya agar konten yang dibuat masuk FYP. Beberapa cara yang dimaksud, misalnya dengan mengikuti tren, menggunakan hashtag yang relevan, serta mengikuti “challenge”.

Baca juga: https://vocasia.id/blog/8-tips-cara-beriklan-di-tiktok-ads-dengan-mudah/

5. Google Ads

Pixabay

Google Ads merupakan media promosi online yang memiliki beragam pilihan campaign yang bisa kamu pilih. Jika kamu bertujuan untuk meningkatkan penjualan, Google Shopping bisa menjadi campaign yang relevan untuk kamu. Iklan di Google Shopping berisikan gambar produk, harga, dan link ke toko online kamu.

Informasi spesifik ini sangat cocok untuk audiens yang memang siap berbelanja. Jika ingin menggunakan Google Shopping untuk berpromosi, kamu perlu membuat akun Google Ads dan Google Merchant Center. Saat ada orang yang memasukkan suatu keyword di mesin pencari Google dan memilih bagian “Shopping/Belanja” di halaman hasil pencarian, maka di sana lah iklanmu akan muncul.

Baca juga: Cara Memasang Iklan Di Google Ads

6. Email Marketing

Pixabay

Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email marketing dikenal memiliki kekuatan yang cukup besar untuk melakukan promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita promosi hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Email Marketing Terbaik

7. Youtube

Pixabay

Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website atau aplikasi yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia, dan jenis kelamin. Oleh karena itu, mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha.

Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan, judul video haruslah menarik dan mengandung keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar. 

Baca juga: Cara Membuat Iklan Di YouTube Untuk Pemula

8. Marketplace

bisnisukm.com

Marketplace tidak hanya berfungsi sebagai media atau kanal berjualan, tapi juga dapat membantu bisnis agar semakin dikenal. Masing-masing marketplace biasanya telah menyediakan fitur iklan yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online. Memanfaatkan marketplace sebagai media promosi online bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya, dengan membuat katalog yang bagus dan rapi, sehingga informasi terkait produk bisa disalurkan dengan baik.

9. Telegram

Pixabay

Media chatting selain WhatsApp yang kini bisa kamu gunakan untuk promosi ialah Telegram. Meski aplikasi ini sudah lama muncul, akan tetapi Telegram booming ketika ada kabar WhatsApp ingin dihapus. Meski begitu, sekarang ini WhatsApp dan Telegram jalan beriringan. Dengan Telegram kamu bisa membuat grup bisnis kamu dengan mengumpulkan reseller dari berbagai daerah. Di grup tersebut, kamu tinggal menginformasikan promo hingga produk terbaru.

10. Endorsement

Selain menggunakan fitur ads di media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter sebagai media promosi online paling efektif, kamu juga bisa menggunakan jasa endorsement dari para influencer untuk memasarkan produk. Tarif yang dipasang oleh masing-masing influencer tentunya tidak sama, tergantung dari berapa banyak followers yang mereka miliki dan seperti apa bentuk konten yang dipromosikan. 

Misalnya di Instagram, biaya untuk promosi produk di feeds biasanya akan lebih mahal dibandingkan promosi di Instagram story karena iklan di Instagram story hanya bertahan 24 jam.Jangan lupa untuk memastikan bahwa influencer yang kamu pilih memang sesuai dengan target pasarmu. Jika ingin memulai dengan biaya yang kecil, kamu bisa mencoba menggunakan jasa micro influencer lebih dulu.

11. Blog

Media satu ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika Anda mau memuat berita terbaru mengenai toko online Anda dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak pelanggan.

Baca juga: 6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Blogging

Nah, itulah daftar media promosti online yang cocok untuk bisnismu. Semoga bermanfaat.

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *