Tanggal:07 May 2024

Pengertian Marketing Automation Beserta Manfaatnya

Ilustrasi melakukan otomosi marketing (pexels.com/kaboompics.com)

Pengertian Marketing Automation

Baca Juga | Yuk Ketahui Perbedaan Antara Internet Marketing dan Digital Marketing 

Marketing automation adalah sebuah perangkat digital yang didesain khusus yang digunakan untuk mengelola kampanye dan marketing melalui media secara otomatis.  Dengan menggunakan marketing automation, Anda bisa dapat menargetkan pelanggan dengan pesan otomatis melalui email, website, atau media sosial. Anda juga dapat membuat pesan yang terpersonalisasi dan relevan melalui berbagai channel marketing hanya dengan beberapa klik saja. Data ini nantinya akan mempermudah menemukan target market dan segmentasi yang tepat.

Baca Juga | Apa Itu Google Analytics dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Platform marketing automation merupakan bagian dari aplikasi Customer Relationship Management (CRM). Marketing automation biasanya lebih digunakan tim pemasaran dan penjualan untuk meningkatkan pendapatan dan memaksimalkan kinerja agar lebih efisien, serta membantu mempermudah menyelesaikan masalah dan fokus mempersiapkan strategi bisnis. Marketing automation yang baik membantu melakukan identifikasi audiens, mendesain konten yang tepat, dan melakukan marketing berdasarkan jadwal dan perilaku konsumen secara otomatis.

Baca Juga | Jenis-Jenis Marketing

Cara Otomatiskan Marketing Bisnis

Baca Juga | 6 Ancaman Bisnis Online yang Bisa Membahayakan Bisnismu, Ayo Segera Hindari!

Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan yang pasti sesuai dengan budget. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation melalui email campaigns. Qontak.com melakukan penargetan untuk undangan perusahaan dan email campaign kepada pihak yang tepat dengan menggunakan database yang berjumlah lebih dari 1 juta. Campaign dapat di filter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

Aplikasi CRM Qontak.com juga dapat melakukan manajemen RSVP dengan disertai follow up telemarketing untuk meningkatkan conversion. Email blast internal Qontak.com dengan open rate >80% dan konfirmasi RSVP hingga 100%.

Manfaat Marketing Automation

Manfaat menggunakan marketing automation (pexels.com/fauxels)

Manfaat menggunakan marketing automation (pexels.com/fauxels)

Baca Juga | 6 Tips Melakukan Marketing Online untuk Meningkatkan Bisnismu

Marketing automation bermanfaat untuk meningkatkan bisnis dengan cara menjaga hibungan relasi dengan para pelanggan. Selain itu, beberapa manfaat untuk bisnis sebagai berikut:

  • Dapat menghemat waktu dan biaya untuk fokus pada hal yang lebih penting.

Selain itu Anda dapat mengerjakan tugas secara manual cukup dengan memanfaatkan software atau aplikasi marketing automation, agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Baca Juga | Apa itu Viral Marketing?

  • Membuat pelanggan merasa nyaman secara personal.

Menggunakan marketing automation dapat membuat bisnis Anda lebih terhubung dengan pelanggan. Dengan pemberitahuan dari berbagai media yang akan muncul di marketing automation yang Anda gunakan. Disini Anda bisa melakukan analisis dari respons pelanggan, lalu menemukan peluang baru yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. cara ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda karena Anda memprioritaskan kebutuhan mereka.

Baca Juga |Bingung Cara Meningkatkan Loyalitas Pelangganmu? Cek 5 Tips Ini!

  • Menemukan potensial

Marketing automation bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda ke berbagai platform. Sehingga bisa membantu tim marketing dapat menjangkau pelanggan lebih luas yang memiliki potensial dan ketertarikan lebih pada bisnis Anda.

Baca Juga | 4 Ide Bisnis Jasa yang Tak Butuh Modal Besar, Bisa Jadi Kerjaan Sampingan, Lho!

  • Memperkuat hubungan dan meningkatkan retensi

Pentingnya menjaga hubungan dengan pelanggan dalam jangkau panjang, karena mereka bisa berpontensi menjadi pelanggan tetap. Penerapan marketing automation bagi bisnis Anda pun bisa dilakukan dengan lebih terarah, mengingat tim dari best digital agency telah berpengalaman dalam berbagai strategi pengelolaan pelanggan dan penerapan strategi digital marketing.

Baca Juga | 6 Cara Mengembangkan Kreatifitas Marketing dalam Meningkatkan Penjualan

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang marketing automation dan manfaat marketing automation bagi bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam penggunaan marketing automation sehingga Anda bisa menemukan peluang besar untuk menemukan pelanggan tetap. Ingin belajar Digital marketing lengkap & mudah? ikuti kursus digital marketing di Vocasia, temukan berbagai program yang menarik dan pastinya akan berguna untuk bisnismu disini!  Semoga berhasil!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *