Tanggal:15 May 2024
Mengukur kinerja karyawan menggunakan OKR - @pexels.com

Karir vs Pekerjaan, Apa Perbedaanya?

Kalau kamu mendengar kata karir dan pekerjaan, pasti kamu berpikir bahwa kedua hal tersebut pasti sama bukan? Ternyata, mereka memiliki definisi yang beda lho! Bagi yang sudah bekerja, harusnya udah tau dong ya perbedaannya apa? Kalau yang belum, yuk kita cari tahu perbedaannya! 

Secara singkat, pekerjaan dan karir mungkin sulit untuk dibedakan. Gampangnya, kedua perbedaan dari keduanya adalah dimana pekerjaan adalah hal yang anda lakukan. Sedangkan karir adalah sesuatu yang kamu pikirkan. Karir juga merupakan hal yang anda ingin capai dengan melakukannya sepenuh hati dan juga kerja keras.

Kalau kamu sudah menemukan karir yang tepat, pasti kamu sudah tidak usah bekerja lagi seumur hidup. Sayangnya hal itu berbeda dengan pekerjaan. Sulit sekali dalam pekerjaan kita dapat menemukan hal yang nyaman dan kita kuasai dengan waktu yang singkat. Pasti membutuhkan waktu dan kerja keras yang lebih.

Ingin tahu perbedaan-perbedaannya? Yuk kita cari tahu bareng! 

  1. Karir adalah pekerjaan yang dilakukan seseorang dalam masa hidupnya, sedangkan pekerjaan adalah tugas yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan gaji. 
  2. Karir adalah tujuan seseorang untuk dilakukan sampai pensiun dan semasa hidupnya, sedangkan pekerjaan adalah sesuatu yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  3. Karir adalah hal yang dilakukan dalam waktu jangka panjang, sedangkan pekerjaan adalah hal yang dilakukan dalam waktu jangka pendek.
  4. Karir membutuhkan spesialis bidang yang harus kamu miliki, sedangkan pekerjaan harus memenuhi kebutuhan keterampilan dan pendidikan yang kamu miliki.
  5. Karir harus mengorbankan waktu untuk mendapatkan impian yang kamu inginkan, sedangkan pekerjaan harus mengorbankan waktu dan juga keterampilan untuk mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu. 
  6. Karir memiliki waktu yang tidak tentu, sedangkan pekerjaan memiliki waktu kerja yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. 

Nah kamu sekarang jadi sudah tahu kan perbedaannya? Yuk dimengerti dan dipahami biar gak lupa ya!

Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *