Tanggal:10 May 2024
Pemimpin otoriter -@rawpixel.com

Takut Kepada Atasan? Berikut Cara-Cara Mengatasinya!

Dalam pekerjaan, pasti kita akan memiliki atasan atau boss yang kita harus hadapi, patuhi dan diskusi mengenai pekerjaan kita sehari-harinya. Kamu bisa saja menghadapinya dengan cara membicarakannya baik-baik melalui konfrontasi dan membahasnya baik-baik, atau kamu menguatkan diri dan menahannya sampai selesai yang tidak tahu kapan. 

Memang menghadapi hal ini tidak mudah, maka dari itu kamu harus mempersiapkan mental dan cara untuk mengatasinya. Kira-kira bagaimana sih caranya? Pastinya setiap masalah memiliki cara-cara yang berbeda, yang terpenting diselesaikan dengan sebaik mungkin tanpa merugikan salah satu kedua belah pihak. 

Lalu, mau tau gak nih cara-cara mengatasinya? Yuk kita cek cara-caranya berikut di list berikut!

1. Selalu Berpikir Positif 

Kamu harus bisa mencari cara untuk selalu berpikir positif. Jangan biarkan pikiran-pikiran negatif menghantuimu saat dimana kamu bekerja di kantor. Kalau kamu tidak bisa mengendalikannya, bisa-bisa kamu selalu berpikir bahwa atasan kamu akan memarahimu dan lain-lain. Yuk berpikir positif!

2. Kenali Kemampuan Bakat Diri 

Saat kita sedang diuji dengan atasan dan lingkungan kerja, kita harus selalu ingat bahwa mengapa kita di posisi kita saat ini. Mengapa kamu waktu itu diterima di perusahaan tersebut dan kualitas-kualitas yang kamu miliki. Atasan memang akan menegur bahkan marah sekali-kali, tetapi kamu juga harus selalu ingat bahwa kamu dapat melakukan kesalahan tanpa menghilangkan kemampuanmu yang sudah dimiliki selama ini.

3. Don’t Overthink 

Kamu Overthinking mana nih? Biasanya kebanyakan berpikir itu bisa membunuhmu lho! Bahaya sekali kalau pikiran sudah mengambil ahli otak dan pikiranmu. Kamu harus selalu melawan hal-hal yang seharusnya tidak dipikirkan. Kalau setiap saat kamu masih overthink atas semua hal, akan sulit untuk menghilangkan kebiasaannya.

4. Evaluasi Diri 

Setelah kurun waktu yang cukup, kamu wajib dan sangat membantu banget untuk melakukan sebuah evaluasi terhadap diri sendiri. Kalau biasanya evaluasi dilakukan oleh seseorang untuk lainnya, evaluasi yang dilakukan untuk diri sendiri dan oleh diri sendiri itu tidak aneh kok! Itu malah membuat kamu menyadarkan atas hal-hal yang seharusnya kamu ubah dan kembangkan jika positif.

5. Belajar & Kembangkan Diri Setiap Harinya

Belajar tidak berhenti pada saat kamu masih di masa sekolah. Setiap hari, manusia belajar akan hal baru. Bayangkan saja berapa hari yang satu manusia lewatkan, puluhan ribu pelajaran yang bisa dipelajari. Maka dari itu, kamu harus terus belajar dan kembangkan diri setiap harinya agar tidak mentok di situ-situ saja.

6. Menenangkan Diri 

Saat setelah dimarahi atau ditegur dengan cara diberikan peringatan atau bahkan dibentak, kamu harus bisa menenangkan diri dan tidak membiarkan emosi menang atas dirimu. Kalau emosi dan pikiran sudah menang, akan sangat sulit kamu untuk melihat situasi kedepannya, apalagi kamu sedang dalam keadaan bekerja di suatu perusahaan dan lingkungan kerja.

7. Menghibur Diri 

Cara lain atau alternatif mungkin dengan menghibur diri dengan jalan-jalan, kulineran, menonton film, dan masih banyak lagi. Asalkan itu berhasil membuatmu menghadapi atasan yang bikin kesal, langsung dicoba dan diterapkan ya!

Masih takut sama atasan juga? Yuk coba ikuti cara-cara di atas biar ga takut lagi ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *