Tanggal:30 May 2024

9 Kerajinan Dari Barang Bekas, Bisa Jadi Peluang Bisnis Lho!

Tahukah kamu kalau belakangan ini, sampah menjadi isu yang sedang disoroti oleh banyak pemerhati lingkungan? Gerakan meminimalisiasi sampah pun mulai dicanangkan di beberapa daerah, termasuk gerakan mengolah sampah menjadi kerajinan dari barang bekas.

Banyak lho, kerajinan tangan yang dapat dikreasikan dari berbagai macam barang bekas. Dengan melakukan kegiatan ini pun kamu dapat mengisi waktu luangmu menjadi lebih produktif, sambil mengasah kreativitas.

Selain memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai, beberapa kreasi kerajinan tangan juga dapat dijual dan menjadi bisnis sampingan lho, dijamin auto cuan deh! Nah, mau tahu apa saja contoh kerajinan dari barang bekas yang mudah dibuat serta berpeluang bisnis? Simak di bawah ini, yuk!

Baca juga: Peluang Bisnis! 10 Kerajinan Tangan Yang Bisa Jadi Cuan

9 Kerajinan Dari Barang Bekas

Berikut ini kami rangkumkan beberapa macam kerajinan tangan dari barang bekas yang dapat kamu coba buat di rumah.

1. Kerajinan Vas dari Bohlam Bekas

kerajinan dari barang bekas - vas lampu bohlam

Kerajinan Vas dari Bohlam Bekas. Sumber: instructables.com

Jangan asal buang lampu bohlam kamar kamu yang sudah tidak terpakai. Kamu bisa mengubahnya menjadi vas bunga yang menarik dan unik, lho.

Daripada sekedar asal buang saat sudah tidak bisa menyala, lebih baik kamu memanfaatkanya untuk menambah pajangan yang menarik di kamar atau ruang tamu.

2. Kerajinan Tempat Pensil dari Kaleng Bekas

Kerajinan dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tempat Pensil dari Kaleng Bekas. Sumber: hipwee.com

Salah satu limbah yang dikenal cukup sulit terurai oleh tanah adalah kaleng bekas. Bahkan, jika kamu membiarkan kaleng bekas berhamburan dan terbuka, ia bisa saja menjadi sarang nyamuk demam berdarah saat memasuki musim penghujan.

Jadi, jika kamu memiliki kaleng bekas, sebaiknya jangan langsung dibuang. Kamu bisa mencucinya dan membuatnya menjadi berbagai barang bermanfaat. Mulai dari tempat pensil, tempat sendok, bahkan miniatur kendaraan.

3. Kerajinan Jam dari Koran Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas

Kerajinan Jam dari Koran Bekas. Sumber: duniaq.com

Koran juga merupakan barang bekas yang jumlahnya melimpah. Banyak orang yang akhirnya menjual kembali koran-koran bekas tersebut dengan harga yang jauh lebih murah. Kemudian, barang bekas koran tersebut akan diolah kembali menjadi barang baru.

Kerajinan dari kertas, terutama koran, banyak dijumpai di mana saja. Hal ini karena kertas mudah untuk didaur ulang dan teknik pembuatan kerajinan ini pun tidak terlalu sulit. Banyak benda yang dapat kamu kreasikan dari koran bekas seperti jam dinding, tempat tisu, pigura, tempat pensil, dan bahkan tanaman hias yang ada di atas meja.

Baca juga: Kerajinan Limbah Tekstil Dari Serat Alam, Dan Cara Membuatnya

4. Kerajinan Lampu Hias dari Sendok & Botol Plastik Bekas

Kerajinan Lampu Hias dari Sendok & Botol Plastik Bekas. Sumber: hipwee.com

Sendok plastik dan botol bekas plastik merupakan barang bekas yang dapat ditemui di mana saja. Masyarakat bahkan membiarkan barang-barang bekas tersebut tergeletak begitu saja di tempat sampah, bahkan di pinggir jalan seolah mereka tak berharga.

Siapa sangka barang yang dinilai tidak bermanfaat ini ternyata dapat dikreasikan menjadi lampu hias yang unik dan bisa dijual.

5. Kerajinan Pigura dari Stik Es Krim

Cara Membuat Pigura Foto Dari Stik Es Krim Membuat Itu – Otosection

Kerajinan Pigura dari Stik Es Krim. Sumber: rin-bee.com

Macam kerajinan tangan dari barang bekas yang selanjutnya adalah pigura dari stik es krim. Bekas stik es krim ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan berupa pigura untuk menaruh foto.

Kamu bisa mengumpulkan dan kemudian menggabungkan stik es krim menjadi satu. Selain menjadi piguran, stik es krim sebenarnya bisa dibuat menjadi beberapa barang yang lebih bermanfaat seperti kotak tepat tisu dan sebagainya.

6. Kerajinan Tas dari Plastik Kemasan Bekas

Kerajinan dari Plastik Kemasan Bekas

Kerajinan Tas dari Plastik Kemasan Bekas. Sumber: indonesiagreenenergy.files.wordpress.com

Beberapa waktu lalu, kerajinan dari plastik kopi instan atau bahkan minyak yang dibuat menjadi tas sempat naik daun. Banyak komunitas ibu yang dengan kreatifnya membuat tas dari plastik bekas yang mereka anyam hingga menjadi tas, tempat tisu, dan banyak barang bagus lainnya.

Dengan begini, plastik bekas bungkus kopi, mi instan, minyak, sabun, atau apa saja yang tadinya tak memiliki nilai harga, kini telah menjadi barang yang bisa dijual.

Baca juga: Cara Menentukan Fungsi Dan Kualitas Produk Kerajinan

7. Kerajinan Boneka dari Sarung Tangan Bekas

kerajinan dari barang bekas - sarung tangan boneka

Kerajinan Boneka dari Sarung Tangan Bekas. Sumber: boredpanda.com

Sarung tangan rajut atau kaos kaki ternyata juga bisa dibuat menjadi boneka mini, lho. Cara membuatnya juga cukup sederhana, karena kamu hanya membutuhkan bahan tambahan seperti kapuk untuk menjadi isian boneka.

Bentuk bonekanya pun dapat kamu kreasikan. Kamu bisa membuatnya menjadi seperti boneka teddy bear milik Mr. Bean atau karakter lain yang kamu suka.

8. Kerajinan Lampu Etnik dari Hanger Bekas

HomelySmart | 17 Fantastic Ways To Reuse Clothes Hangers - HomelySmart

Kerajinan Lampu Etnik dari Hanger Bekas. Sumber: homelysmart.com

Khusus untuk hanger atau gantungan baju berbahan kayu, ternyata bisa kamu sulap untuk membuat lampu etnik nih. Sudah banyak model lampu yang bisa kamu contek pembuatannya lho, dengan bahan ini.

Bahkan, hasil kerajinan dari barang bekas ini terlihat seperti barang baru yang biasa dijual di toko furnitur dengan harga mahal.

9. Kerajinan Sarung Bantal dari Kemeja Bekas

Sarung Bantal Dari Kemeja Kerja | Dapur Print

Kerajinan Sarung Bantal dari Kemeja Bekas. Sumber: dapurprint.co.id

Apakah kamu memiliki banyak kemeja kantor yang sudah jarang dipakai? Lebih baik dijadikan sarung bantal saja! Sarung bantal dari kemeja ini akan mempermanis ruang tamu di rumah dan membuat dekorasi rumah jadi lebih unik, lho.

Kamu bisa memilih kemeja klasik garis-garis atau kotak-kotak, mungkin juga kemeja bermotif bunga-bunga bahkan batik.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan

Nah, itulah 9 macam kerajinan dari barang bekas yang bisa kamu coba buat di rumah. Eits, untuk kamu yang tinggal di sekitaran tempat wisata, kamu juga bisa lho menjadikan kerajinan tangan tersebut sebagai daya tarik dari wisata tersebut.

Selain memiliki kreativitas yang tinggi, kamu pun harus menguasai terkait manajemen dan pengembangan bisnis pariwisata tersebut. Nah, untuk mendalaminya, kamu bisa mengikut courseKerajinan Daya Tarik Pariwisata”.

Namun, sebenarnya yang paling utama dari berbisnis kerajinan tangan ini ialah, kamu harus punya niat dan ketekunan untuk mengubah barang-barang bekas ini menjadi sesuatu yang berharga. Semoga menginspirasi ya. Selamat mencoba!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *